BPJS Kesehatan KC Sibolga

26 Sep 2018, 14:12
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Kpd. Yth.:
BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan

Hal: Komplain terhadap porsedur pengurusan rujukan berobat

Mohon maaf sebelumnya, pada hari kamis, 25 September 2018, saya pergi ke salah satu Puskesmas di Tapanuli Utara untuk mengambil rujukan berobat orang tua saya ke Puskesmas, lalu pihak puskesmas menjelaskan bahwa di saat mengurus rujukan berobat ke rumah sakit dan di saat itu pulalah si pasien harus berobat. Dan jika ingin komplain maka komplainlah ke pihak BPJS.

Saya jadi bingung karena sebelumnya tidak seperti itu, yakni sebelumnya mengurus rujukan berobat tidak di hari yang sama si pasien berobat. Semisal sekarang mengurus rujukan, lalu di hari esok atau hari lainnya berobat ke rumah sakit.

Saya sangat komplain dengan prosedur seperti itu yakni berobat di hari yang sama mengurus rujukan berobat karena waktu untuk berobat akan tersita, alasannya antara lain:
1. Rumah pasien tidak semua dekat dengan puskesmas,
2. Mengurus rujukan belum tentu cepat karena harus antri di puskesmas karena pasien selalu banyak,
3. Jarak puskesmas dengan rumah sakit tidak dekat,
4. Di rumah sakit juga harus antri, sebelumnya juga terlebih dahulu antri ke BPJS yang ada di rumah sakit,
5. Tidak semua pasien punya kendaraan, otomatis harus naik angkot, itu pun angkot hanya ada di jalan-jalan tertentu, sedangkan jalan ke arah puskesmas yang satu ini tidak ada angkot, harus naik beca itu pun bila ketemu.

Jika begini prosedurnya maka si pasien bisa saja tidak dapat berobat karena jadwal tugas dokter terbatas, dan dokter juga butuh istirahat. Apalagi jadwal berobat rujukan tidak sampai sore hari. Hal ini akan membuat pasien tambah sakit.

Kiranya prosedur seperti itu dipertimbangkan dan ditinjau lagi, bila perlu dikembalikan ke prosedur semula supaya pasien tidak tambah sakit.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Salam.

22 Mar 2018, 18:19
Trendy Purba
Website Ditutup oleh Admin

Kepada BPJS Kesehatan,
saat ini saya sedang merawat orang tua saya di RSUD DOLOKSANGGUL, Kabupaten Humbang Hasundutan. Atas hal itu atas anjuran Dokter harus dilakukan CT scan, namun di RSUD DOLOKSANGGUL tidak tersedia fasilitas CT Scan dan harus melakukannya di RSUD HKBP Balige, Kabupaten Toba Samosir. Namun pihak RSUD DOLOKSANGGUL meminta dana sebesar Rp 1.600.000 dengan alasan hal tersebut tidak ditanggung BPJS, rincian dana tersebut adalah sbb :
Biaya CT Scan Rp. 1.100.000
Biaya ambulans Rp. 500.000.
Apakah hal tersebut dibenarkan?

30 Nov 2017, 00:00
Riski Sri Pasaribu
SMS Ditutup oleh Admin

Tidak bisa melakukan pembayran iuran di ATM karena nomor kartu tidak terdaftar, Mohon informasiknya.

29 Nov 2017, 00:00
Dermawan Simatupang
SMS Ditutup oleh Admin

Sudah beberapa bulan tidak bisa melakukan pembayaran tagihan iuran mandiri.

29 Nov 2017, 00:00
Dermawan Simatupang
SMS Ditutup oleh Admin

Adanya perbedaan Nama pada aplikasi (Kartu KIS) yaitu Ramli Simatupang, seharusnya sesuai identitas Ramli Marpaung.

28 Nov 2017, 00:00
Dermawan Simatupang
SMS Ditutup oleh Admin

Adanya perbedaan Nama pada aplikasi (Kartu KIS) yaitu Ramli Simatupang, seharusnya sesuai identitas Ramli Marpaung.

28 Nov 2017, 00:00
Ahmadi Susanto Marbun
SMS Ditutup oleh Admin

Mohon informasi apakah istri saya an Wahyu Agustini dengan NIK 1201035608880003 sudah terdaftar menjadi tanggungan saya? Jika sudah mohon untuk dapat dicetakkan kartunya, terima kasih.

27 Nov 2017, 00:00
Juli Pablo Sianturi
SMS Ditutup oleh Admin

Mohon informasi apakah saudari saya an Gisel dengan NIK 1273017007150002 telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan?

DIIKUTI OLEH