Kementerian Perhubungan

Sabtu, 12:19
Kessya Claudia
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 4 hari

Saya ingin melaporkan terkait penerbangan Sriwijaya Air dengan rute Jakarta - pangkal pinang pada 17 januari 2020. Dimana saya mendapat sms flight saya dari jam 15.50 di delay menjadi 18.15 dan dialihkan menjadi NAM AIR . Dan waktu pagi sebelum keberangkatan ternyata ada sms informasi bahwa akan didelay kembali menjadi 20.10. Sayaa sudah menelpon pihak Nam air sampai 4kali ( terakhir pukul 16.00) dan mereka memberitahu saya bahwa flight saya benar akan menjadi pukul 20.10 , tetapi waktu saya sampai dan mau check in bagasi ( pukul 18.30) saya mendengar bahwa Penerbangan saya sudah LAST CALL dan akan segera berangkat. Waktu saya minta konfirmasi dengan pihak check in, saya hampir tidak diperbolehkan masuk dan mereka bahkan belum ada solusi apabila memang saya tidak bisa masuk ke pesawat. Akhirnya mereka tetap memberikan saya masuk karena telah melakukan check in online. Tapi disini saya mau melaporkan bahwa bukan hanya saya yang mengalami demikian tapi bberapa customer lain. Dan saya merasa tanggung jawab Sriwijaya Air sangat tidak ada disini dan kurangnya koordinasi dengan pelanggan. Tolong dilaporjan ke pihak berwajib agar Sriwijaya memperbaiki kinerjanya.

Selasa, 07:46
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 7 hari

Kantor syahbandar labuan bajo yang seharusnya jam operasional dimulai jam 8 pagi, sampai dengan jam 8:41 tidak ada petugasnya. sudah banyak kapten menunggu untuk mendapatkan clearance kapal.

kami berharap ada perhatian lebih karena ini adalah pelayanan publik dan tamu-tamu tidak ada kejelasan dimana labuan bajo adalah destinasi premium seperti ditetapkan oleh presiden.

terimakasih perhatiannya.

12 Jan, 09:50
Pulo Gebang
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Kami ingin melaporkan banyak terminal bayangan bus akap di wilayah jakarta , hal berikut sudah kami laporkan ke pemprov dki jakarta akan tetapi dari skpd pemprov dki jakarta (sudin dishub jakarta pusat ) hanya memberikan penilangan dan merajia diluar jam operasi terminal bayangan aktif kami mohon penindakannya berupa pengandangan unit agar benar2 tidak aktif kembali terminal bayangannya . Berikut bukti laporan kami :
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000025578
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000024574
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000024545
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000024064
Dan berikut daftar terminal bayangan yang kami ketahui dan sebenarnya masih banyak lagi :
1.jln pangkalan asem raya depan alfamidi pangkalan asem dari jam 12.00 - 17.00
2.jln masjid apron kemayoran dari jam 12.00-14.00
3.jln letjen suprapto (galur) jam 18.00-20.00
4.jln sentiong raya jam 15.00 - 20.00
5.di jln percetakan negara xi rt008 rw05 samping mitra 10 kelurahan rawasari kecamatan cempaka putih jam 19.30-21.00
Terima kasih bapak menhub semoga kementrian perhubungan semakin jaya dan terdepan .

10 Jan, 16:24
Puspita Sari
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Pd tgl 10/01/2020 saya menelpon cs lion air di 021-63798000 untuk mengubah 2 huruf dari nama yang tertera di tiket, oleh cs pertama diizinkan karena < 3 huruf, begitu saya menelpon cs kedua, bernama naya nomor pegawai 194109 dikatakan tidak bisa, tiket harus direfund dan hanya dikembalikan 75% dan harus beli tiket baru, padahan cuma ganti 2 huruf. luar biasa cara lion air mencari tambahan uang, ataukah dari cs bernama naya yang mendapat tambahan uang dari kesulitan konsumen? saya harap instansi terkait menertibkan peraturan aneh lion air ini karena saya hanya mengubah huruf dan bukannya mengubah nama.

9 Jan, 11:29
Harbin Wisnu Surya A
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Maaf pak lapor saya dari salatiga jawa tengah perusahaan bus akap safari rute wonogiri jakarta. Kami mengalami kendala dalam permasalahan perpanjangan kartu pengawas melalui sistem online di kemenhub yaitu spionam. Kami sudah berusaha memenuhi ketentuan yang diminta tapi masih terus ditolak padahal untuk menunggu kabar diperkirakan 3-4 hari. Sedang bis kami harus jalan terus. Memohon kalau bisa untuk spionam bisa diberi contoh format yang diminta oleh kemenhub darat seperti apa karena kamo dari daerah terus terang buta karena dishub di daerah kami juga tidak mengerti, karena kami satu satunya perusahaan bis di kota salatiga. Matur suwun klo bapak jokowi berkenan mendengarkan keluh kesah kami sebagai perusahaan bis dari tahun 1994 yang mencoba bertahan dari kemandirian jaman yang pada beralih menggunakan kendaraan pribadi.

9 Jan, 11:03
Ikhsan Wahyudi

Sriwijaya air ingkar janji

penerbangan sriwijaya air sj021 rute padang (pdg) - jakarta (cgk) tanggal 6 januari 2020 dibatalkan karena alasan operasional. para penumpang dijanjikan akan menerima refund (bagi yang mengajuka refund) dalam dua hari (tgl 6 s.d 7 januari 2020). namun sampai dengan tgl 9 januari, refund belum diterima.

saya telah mencoba menghubungi call center sriwijaya air untuk mendapatkan informasi, namun oleh petugas call center disampaikan bahwa belum ada proses pengajuan refund untuk kode booking saya. kalaupun ada pengajuan refund prosesnya minimal 30 hari kerja. mendengar penjelasan tersebut saya sangat kaget.

selanjutnya saya minta untuk disambungkan dengan orang yang bertanggung jawab terkait permasalahan saya.
petugas call center meminta saya untuk menunggu dan kemudian membunyikan nada sambung. namun saya hanya dibiarkan menunggu tanpa ada balasan apapun, hanya mendengar nada sambung untuk waktu yang sangat lama. saya coba telepon sekali lagi, namun responnya sama. saya disuruh menunggu untuk waktu lama, tidak ada orang yg berbicara.

dari sini saya sudah merasakan ada itikad tidak baik dari sriwijaya air.

selanjutnya saya coba cek media sosial sriwijaya air. dan benar saja, ternyata di media sosialnya terdapat banyak komen dari masyarakat yg meminta pengembalian refund tiket. bahkan ada yang telah menunggu refund tiket sampai 4 bulan masih belum dibayarkan.

saya sampai pada kesimpulan bahwa sriwijaya air telah melakukan pembohongan publik dengan menjanjikan refund tiket dalam waktu 2 hari, namun nyatanya mereka tidak sanggup.
dan modus penipuan ini sepertinya telah dilakukan oleh sriwijaya air berkali-kali. tidak ada itikad baik dari sriwijaya air untuk memberikan pelayanan pada konsumennya.

mohon bantuannya untuk dapat menindaklanjuti laporan saya. selanjutnya juga mohon dapat mengevaluasi izin usaha sriwijaya air. apakah secara finansial masih layak beroperasi atau tidak.

7 Jan, 12:34
Android Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 7 hari

Tarif parkir pelabuhan laut sukarno-hatta koq sepertinya seenaknya saja ditetapkan, hitungannya bagaimana, kami gak sampai 30 menit disitu tapi diloket ditagih 15. 000, itupun sekelas minibus yg sama sekali tidak membawa barang..,walaupun yang mengelola adalah internal pelindo tapi jangan juga seenaknya begitu.mohon pihak yang terkait untuk ditindak lanjuti

2 Jan, 13:53
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Kepada kemenhub , saya lapor untuk pelayanan yang tidak baik dari po pahala kencana ,
saat pembelian tiket saya beli online lewat traveloka, pada tiket, tertera seri bus 216 , saat saya mebunggu di terminal maospati magetan jawa timur saya menunggu dari jam 11.30 ,pada tiket bus datang jam 12.10., saat saya tunggu sampai 12.20 ada bus pahala kencana dengan seri 215 datang, jam 12.45 agen pahala kencana telfon saya 1x namun tidak ter angkat karena hp tidak saya pegang dan saat itu keadaan terminal brisik , jadi agak tidak terdengar ringtone hp, tidak ada jga pemanggilan manual dari agen yg ada di terminal., tidak berselang lama bus pahala kencana dgn seri 215 berangkat. setelah jam 12.50 saya ke agen po pahala kencana bertanya kabar bis seri 216. ternyata dibkabarkan bahwa yang saya naiki bus ber seri 215, saya adukan ke agen karena seri bus yang sanaiki tidak sinkron dengan yang ada pada tiket saya dan bus juga datang telat. tapi agen tidak mau tanggung jawab beralasan karena saya beli online,. mohon bantuan kemenhub agar segera di tindak supaya dana saya dikembalikan sebesar 220.000

31 Des 2019, 01:51
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Hari minggu tgl.29 Desember 2019 sy dan adik sy, kami berdua, berangkat dengan menggunakan pesawat Lion Air JT277 tujuan Yogyakarta – Batam. Dan sy kehilangan uang cash pada tas yg seharusnya menjadi bagasi kabin sy sejumlah 4,1jt.

Kronologinya sebagai berikut :
Pada saat keberangkatan, kami boarding dari bandara Adi Sutjipto Yogyakarta di antrian hampir terakhir. Krn penerbangan hari itu penuh penumpang, ketika kami naik, pramugari yg bertugas menginfokan bahwa tempat bagasi kabin penumpang yg letaknya diatas kursi sudah penuh, lalu tas kami diminta pramugari untuk ditinggalkan di dekat pintu masuk, dan kami diminta duduk di tempat duduk.

Sy pikir, krn ini bagasi kabin maka seharusnya tas ini akan sy ambil dan bawa turun kembali ketika pesawat sampai di batam. Tp ternyata, bbrp saat sblm landing, pramugari yg bertugas memberikan kertas berwarna hijau bertuliskan ‘Limited Release Claim Check’ dan mengatakan bahwa tas kami hrs diambil di bagian pengambilan bagasi.

Akhirnya bgtu landing, kami segera ke pengambilan bagasi. Kebetulan kami sedang dikejar waktu krn harus melanjutkan perjalanan ke tanjungpinang. Tas yg kami trima dalam keadaan tidak ada kerusakan secara fisik di bagian luar tas, sehingga tanpa pikiran aneh2 kami langsung melanjutkan perjalanan.

Ketika sudah tiba di tujuan dan tas sy buka, betapa kagetnya sy krn mendapati bahwa tas plastik hitam yang sy gunakan untuk membungkus uang di dalam amplop sudah dalam keadaan sobek seperti dibuka paksa dan amplop uang cash/tunai sejumlah 4,1jt sy sudah tidak ada di dlm tas plastik hitam tsb.

Pagi hari berikutnya, Senin tgl.30 Desember sy mencoba menghubungi pihak Call Center Lion Air pusat, krn posisi sy yg sudah tidak lagi ada di Batam sehingga kesulitan utk mendatangi bandara kembali. Setelah sy menceritakan kronologinya, beliau mengatakan tdk bisa membantu, sehingga sy meminta nomor telpon Lion Air Batam (sebelumnya sy sudah mencoba menghubungi nomor yg sy dapatkan di internet ttg cabang Lion Air Batam tp tidak diangkat). Setelah mendapatkan nomor telpon Lion Air Batam yg berbeda, sy mencoba menghubungi. Kembali sy menceritakan kronologi yg terjadi tapi lagi2 sy dilemparkan dan diminta menghubungi bagian Lost & Found Bandara. Sy mencoba menghubungi, tapi beliau mengatakan kl complaint ttg isi bagasi mereka hanya bisa membantu membuatkan laporan dan meneruskan kepada pihak Lion Air, itupun sy harus mendatangi bandara sendiri, dimana sangat menyulitkan krn posisi sy sudah tidak di batam.

Sy bersikeras menanyakan bagian customer service dr pihak Lion Air mana yang bisa sy hubungi / berurusan langsung, tapi nihil. Tidak ada tanggapan lainnya.

Saya mohon bantuan dari pihak Lion Air dan pihak lainnya yg terkait untuk dapat membantu permasalahan kehilangan uang diatas.

30 Des 2019, 16:11
Ahya Rezqi Aufa
Android Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Yth maskapai sriwijaya air / nam air. penerbangan saya dibatalkan oleh pihak sriwijaya air. dengan kode booking bsmrtd. saya sudah mengajukan proses refund melalui loket sriwijaya air di bandara syamsudin noor banjarmasin pada tanggal 14 september 2019. sampai sekarang sudah lebih dari 60 hari kerja namun saya tidak mendapatkan notifikasi apapun seperti yang dijanjikan pihak petugas bandara ataupun call center mengenai pengembalian dana yang masuk ke rekening. saya sudah berkali kali mencoba menghubungi call center, dan mengirimkan email pengaduan. tetapi tidak ada respon sama sekali dari pihak sriwijaya air. mohon tanggapan mengenai hal ini. terima kasih.