Kementerian Ketenagakerjaan

Jalan Jenderal Gatot Subroto Kaveling 51, Jakarta Selatan 12950 021-5255661 pengaduan.itjen@kemnaker.go.id
29 Nov 2019, 21:17
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Di sini saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan:
1. Apakah perusahaan boleh menghanguskan atau memiliki hak untuk meng-embargo hak cuti karyawan? Apakah hal tersebut tidak melanggar UU Ketenagakerjaan?

2. Karena kebetulan saya bekerja di perusahaan aviasi atau penerbangan, apakah ada regulasi yang mengatur tentang karyawan yang bekerja di bidang tersebut? Karena sesuai pengalaman di lapangan, pekerja yang bekerja di bidang tersebut jam kerjanya melebihi dari aturan yang ada, yakni 8 jam bahkan tidak mendapat uang lembur. Apakah hal tersebut dapat dikategorikan melanggar UU Ketenagakerjaan juga?

3. Saya cuma ingin memastikan kembali apakah pegawai yang dipecat atau PHK masih bisa mendapat pesangon atau mengklaim tunjangan pensiun atau ketenagakerjaannya selama ia bekerja dulu? Karena apabila iya, perusahaan tempat saya bekerja sangat berbanding terbalik. Perusahaan memaksa untuk pegawainya meresignkan diri dengan dalih agar perusahaan tidar membayar pesangon dan apabila tidak mau resign maka diancam untuk dimasukkan daftar blacklist ke perusahaan-perusahaan lain.

4. Pertanyaan saya yang terakhir ialah ketika pegawai sudah dipecat atau di-PHK, apakah perusahaan mempunyai hak untuk menyuruh karyawan membayar denda atau kesalahan yang menyebabkan perusahaan harus mengeluarkan uang? Karena setahu saya hal tersebut hanya berlaku untuk perjanjian kontrak masa kerja saja bukan di luar itu.

Demikian beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Besar harapan saya agar pertanyaan tersebut dapat dijawab dan diberikan solusinya dan menjadi referensi bagi karyawan lain yang bekerja di bidang aviasi atau penerbangan sebagaimana mestinya.

Terima kasih

7 Nov 2019, 21:18
Prayogo
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Apakah karyawan kontrak yang sudah dikontrak 3 kali (masing-masing setahun) jadi sudah 3 tahun, apakah sudah dihitung sebagai pegawai tetap? Karena yang terjadi di perusahaan saya, ada karyawan yang sudah habis kontraknya langsung diberhentikan, setahu saya harusnya sudah dianggap sebagai pegawai tetap karena sudah dikontrak 3 kali tanpa jeda sekali pun. Padahal karyawan tersebut sudah 3 tahun kerja di sana dan diberhentikan tanpa mendapatkan apa-apa. Apakah perusahaan itu melanggar aturan ketenagakerjaan? Karena jika sudah berumur terus tiba-tiba diberhentikan, maka akan sulit mencari kerja.

6 Nov 2019, 10:37
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Dear Disnaker RI,

Dalam fase wawancara tingkat lanjut, banyak sekali pihak perusahaan di Indonesia yang memaksa pelamar untuk menyerahkan slip gaji dari kantornya sebelumnya, dengan dalih sebagai syarat administrasi pelamaran dan verifikasi, sebelum terjadi salary offering. Sebagian bahkan meminta mutasi rekening bank tiga bulan terakhir. Terkadang sampai terjadi ancaman atau pemojokan oleh pihak HRD hanya untuk menekan pelamar yang posisi tawarnya dianggap lebih rendah. Tindakan meminta slip gaji pelamar ini menimbulkan pertanyaan: Mengapa perusahaan tersebut musti ’melatih’ calon karyawan untuk membuka rahasia perusahaan kepada orang lain? Secara etika bisnis, tidak sepantasnya kita sebarkan slip gaji kita kepada perusahaan lain, betapa pun ini seringkali dianggap sebagai kewajaran (common practice) oleh rekruter.

(1) Dalam pandangan Dinas Ketenagakerjaan, apakah "common practice" seperti ini memang sesuai dengan dan diperbolehkan oleh UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, Permenaker No. 1 Tahun 2017 tentang Struktur & Skala Upah, atau aturan/etika lainnya?
(2) Apakah jika memang tidak sesuai, apakah ada referensi formal dan aturan yang jelas yang dapat membantu pelamar, selain reference checks and employment verification yang seringkali hanya menjadi formalitas belaka, untuk bisa lebih leluasa mempertahankan haknya dalam hal tidak membuka rahasia perusahaan lamanya (slip gaji) dan rahasia personal (buku rekening) di tengah tekanan dari pihak rekruter?

Terima kasih banyak.

5 Nov 2019, 13:56
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Siang admin, mau menanyakan terkait UMK/UMP 2020, apakah sudah rilis semua? Bisakah dijadikan satu UMK/UMP seluruh Indonesia di website ini, dengan lampiran SK-nya, agar kita lebih mudah mengaksesnya? Terima kasih.

30 Okt 2019, 01:39
Anonim
Android Ditutup oleh Sistem

Saya ingin melaporkan pihak perusahaan yg melanggar hak mantan karyawan dr perusahaan tersebut,hingga mengalami tertundanya klaim bpjs ketenagakerjaan di karena kan pihak perusahaan belum melunasi/menunggak pembayaran ke bpjs ketenagakerjaan, sedangkan mantan karyawan semasa kerja sllu di potong gaji setiap blnnya untuk pembayaran bpjs ketenagakerjaan,mohon dinas terkait dpt menghubungi saya guna keterangan lebih lanjut dr saya. terimakasih

18 Sep 2019, 03:00
Jepri Prasetyo
Android Ditutup oleh Sistem

Berapakah biaya yang diperlukan untuk menjadi tki ke taiwan ,dari proses sampai tempat tujuan

6 Agu 2019, 21:57
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Salam Pak Presiden,

Saya mau mengeluh tentang sistem lamaran pekerjaan menggunakan berkas-berkas yang harus dilegalisir, saya seorang perantau yang tinggal jauh dari sekolah saya yang dahulu (TK-SD-SMP-SMA). Sebenarnya legalisir itu tidak apa-apa, tapi sistemnya yang kurang pas menurut saya. Saya pernah dengar akan ada legalisir online di mana perusahaan bisa melihat keabsahan ijazah asli, tapi saya belum tahu dengan jelas tentang berita itu. Saya harap bapak bisa mengembangkan legalisir online secepatnya dengan baik dan benar untuk membantu kami yang sudah tinggal jauh dari sekolah dahulu, apalagi bila sekolahnya juga sudah tidak ada (dibongkar) dan kiranya bisa disosialiasikan ke perusahaan-perusahaan. Sekiranya bapak bisa mendengar keluhan saya untuk membantu para pengangguran yang sedang berjuang mencari pekerjaan.

Maaf bila saya tidak sopan dan salah dalam berkata.
Terima kasih Pak, sehat selalu.

Salam.

23 Jul 2019, 17:46
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Saat ini saya bekerja di perusahaan pt retail bersama nasional yang bergerak dibidang e-comerce ( online shop jd.id ) yang pada awalnya saya bekerja ditempatkan di pusat jakarta pada tahun 2017 bulan febuari, dan pada tahun 2018 januari saya di mutasi ke jawa timur kota sidoarjo.

Pertanyaan saya diantaranya :

1. Pada tanggal 17 juli 2019 saya mengundurkan diri, apakah saya bisa mendapatkan hak saya sesuai di pasal 156 ayat 4 uu tenaga kerja, yakni "biaya kembali ke kota asal dimana karyawan diterima bekerja".

- apakah saya setelah mengundurkan diri dari perusahaan saat ini dan saya diterima bekerja di perusahaan baru tetapi masih di daerah jawa timur, saya tidak bisa mendapatkan hak saya tersebut diatas, ( info dari hrd ) kecuali saya diterima bekerja di daerah jakarta atau kota asal ( adakah dasar hukumnya )

2. Untuk karyawan security dan office boy ditempat saya bekerja apakah diperkenankan untuk membantu setiap hari untuk mengerjakan produksi inti perusahaan, padahal security dan office boy dibawah naungan outsorce yang berbeda di perusahaan saya saat ini.

12 Jul 2019, 15:24
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Apakah setelah kita mengambil cuti melahirkan bisa mengajukan cuti tahunan lagi dalam tahun yang sama?

7 Jul 2019, 10:58
Anonim
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

PT. Courts Retail Indonesia melakukan jam kerja diatas jam normal tanpa adanya pembayaran uang lembur.
Jam masuk di kontrak kerja adalah 09.00 - 17.00. Akan tetapi, pada kenyataannya masuk jam 08.00 - 18.00 dan Sabtu masuk jam 09.00-15.00.
Selain itu, kontrak di perpanjang tiap 3 bulan per tahun 2018 kemarin. Saya sudah bekerja sejak tahun 2017 dan ada juga tahun 2016.
Ketika saya bersuara saya disuruh mengundurkan diri. Kira - kira apa yang harus saya lakukan?

DIIKUTI OLEH