Direktorat Jenderal Binapenta & PKK

15 Jan, 14:43
Anonim
Android Ditutup oleh Sistem

Sekarang banyak penggangguran butuh dan mencari-cari pekerjaan harus bayar terlebih dahulu dengan uang 3jt,1jt,2jt dengan alasan perusahaan minta. Padahal kita berharap bekerja. Buka peluang pekerjaan dengan gratis tanpa melihat pendidikan tinggi seharusnya hargaiin melihat skill kemampuaan yang dimilikin. Makanya pengganguran banyak karena pendidikan yang rendah smp, sma/,smk banyak memanfaatkan lowongan pekerjaan yang pendidikan rendah dengan membayar uang terlebih dahulu. Tolong ditindak lanjutkan agar tidak lagi cari pekerjaaan harus membayar terlebih dahulu. Tolong membuka banyak peluang lowongan pekerjaan yg gratis dengan melihat pendidikan dan hargai skill kemampuaan dan pengalaman kerjanya yang dimiliki walaupun cuma hanya tamatan smp, sma/smk.alamat kantornya : https://maps.app.goo.gl/hgb2fabnfjgchgsj9. Dengan no.133https://maps.app.goo.gl/kem74cbk9fchhclu7 dengan no.132a

6 Nov 2019, 10:37
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Dear Disnaker RI,

Dalam fase wawancara tingkat lanjut, banyak sekali pihak perusahaan di Indonesia yang memaksa pelamar untuk menyerahkan slip gaji dari kantornya sebelumnya, dengan dalih sebagai syarat administrasi pelamaran dan verifikasi, sebelum terjadi salary offering. Sebagian bahkan meminta mutasi rekening bank tiga bulan terakhir. Terkadang sampai terjadi ancaman atau pemojokan oleh pihak HRD hanya untuk menekan pelamar yang posisi tawarnya dianggap lebih rendah. Tindakan meminta slip gaji pelamar ini menimbulkan pertanyaan: Mengapa perusahaan tersebut musti ’melatih’ calon karyawan untuk membuka rahasia perusahaan kepada orang lain? Secara etika bisnis, tidak sepantasnya kita sebarkan slip gaji kita kepada perusahaan lain, betapa pun ini seringkali dianggap sebagai kewajaran (common practice) oleh rekruter.

(1) Dalam pandangan Dinas Ketenagakerjaan, apakah "common practice" seperti ini memang sesuai dengan dan diperbolehkan oleh UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, Permenaker No. 1 Tahun 2017 tentang Struktur & Skala Upah, atau aturan/etika lainnya?
(2) Apakah jika memang tidak sesuai, apakah ada referensi formal dan aturan yang jelas yang dapat membantu pelamar, selain reference checks and employment verification yang seringkali hanya menjadi formalitas belaka, untuk bisa lebih leluasa mempertahankan haknya dalam hal tidak membuka rahasia perusahaan lamanya (slip gaji) dan rahasia personal (buku rekening) di tengah tekanan dari pihak rekruter?

Terima kasih banyak.

18 Sep 2019, 03:00
Jepri Prasetyo
Android Ditutup oleh Sistem

Berapakah biaya yang diperlukan untuk menjadi tki ke taiwan ,dari proses sampai tempat tujuan

6 Agu 2019, 21:57
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Salam Pak Presiden,

Saya mau mengeluh tentang sistem lamaran pekerjaan menggunakan berkas-berkas yang harus dilegalisir, saya seorang perantau yang tinggal jauh dari sekolah saya yang dahulu (TK-SD-SMP-SMA). Sebenarnya legalisir itu tidak apa-apa, tapi sistemnya yang kurang pas menurut saya. Saya pernah dengar akan ada legalisir online di mana perusahaan bisa melihat keabsahan ijazah asli, tapi saya belum tahu dengan jelas tentang berita itu. Saya harap bapak bisa mengembangkan legalisir online secepatnya dengan baik dan benar untuk membantu kami yang sudah tinggal jauh dari sekolah dahulu, apalagi bila sekolahnya juga sudah tidak ada (dibongkar) dan kiranya bisa disosialiasikan ke perusahaan-perusahaan. Sekiranya bapak bisa mendengar keluhan saya untuk membantu para pengangguran yang sedang berjuang mencari pekerjaan.

Maaf bila saya tidak sopan dan salah dalam berkata.
Terima kasih Pak, sehat selalu.

Salam.

18 Jan 2019, 12:36
Ajie Dwiatmoko
Website Ditutup oleh Sistem

kepada yth
Kementerian Tenaga Kerja

Saya ingin bertanya apakah perusahaan CV boleh menggunakan Tenaga Kerja Asing?
Menurut Permen No 10 th 2018 dan Perpres No 20 th 2018
Pemberi Kerja TKA adalah Badan hukum atau badan-badan lainnya
Dalam Permen No 10 th 2018 pasal 3 (g) pemberi kerja TKA adalah badan usaha sepanjang tidak dilarang undang-undang

Saya sudah mencoba bertanya ke dinas tenaga kerja terdekat dan saya juga menghubungi nomor 081519193369 yang ada di http://tka-online.kemnaker.go.id
jawaban mereka "mengacu pasal 4 permenaker no 12 th 2013 Firma, CV, dan usaha dagang dilarang menggunakan TKA"

Bukankah permenaker no 12 th 2013 dicabut & tidak berlaku semenjak ada permen no 16 th 2015
dan permen no 16 th 2015 dicabut & tidak berlaku semenjak ada permen no 10 th 2018

Sehingga menurut saya CV boleh menggunakan TKA

Jadi, apakah perusahaan CV boleh menggunakan Tenaga Kerja Asing?

17 Jan 2019, 10:26
Valerie
Website Ditutup oleh Sistem

Saya ingin bertanya apa saja persyaratan TKA untuk memperoleh KITAP , apabila TKA tsb merupakan sponsor perusahaan.

9 Jan 2019, 15:45
Ni Made Sumbersari
Website Ditutup oleh Sistem

Dengan hormat, perusahaan kami telah mengajukan RPTKA untuk TKA dan dijadwalkan untuk proses BAP sesuai dengan notifikasi yang kami terima : Jadwal Ekspos. Silakan lanjut proses BAP pada Senin (7 Januari 2019) jam 10:00 via Skype ke akun tkaonline4. Gunakan ID Skype yang sama / identik dengan nama perusahaan (bukan nama personal), Namun sampai saat ini skype akun tersebut tidak aktif dan kami kirim email dan telp ke semua telp, tidak mendapat respon sama sekali
(Informasi, kritik, saran atau pengaduan
whatsApp dan Hotline:
08111375733, 08111385733, 081519193369
mulai Jam 8 pagi sampai jam 4 sore.
Atau email ke pptka.contact@gmail.com)
Mohon petunjuk kemana dan bagaimana caranya kami bisa dan harus menghubungi petugas karena kami posisi di Bali sehingga proses RPTKA kami bisa lanjut. Terima kasih sebelumnya.

1 Des 2018, 15:01
Nusaibah Fatin
Website Ditutup oleh Sistem

Jika foto pada kartu Ak-1 saya hilang, apakah kartu ak-1 saya masih berlaku? Atau langkah apa yg harus saya lakukan?

18 Nov 2018, 20:18
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Kepada Yth Bapak Muhammad Hanif Dakiri
Menteri Ketenagakerajaan RI
UP : Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri
Ditjen Bina Penta

Terkait dengan pengurusan RPTKA dan Notifikasi di direktorat Bapak mohon diperbaiki pelayanannya :

1. Sesuai PermenKementerian Tenaga Kerja Nomor 10 Tahun 2018 dan Perpres Nomor 20 Tahun 2018, untuk pengurusan RPTKA dan Notifikasi masing - masing 2 hari sehingga untuk pengurusan keduanya hanya membutuhkan 4 hari kerja, tetapi kenyatannya jauh tidak sesuai sama sekali.

2. Pelayanan di Loket sangat buruk sekali, untuk konsultasi terkait RPTKA dan Notifikasi saja membutuhkan waktu hampir 3 - 5Jam lebih karena antrian yang sangat panjang padahal untuk konsultasi saja tidak ada waktu sampai 10 menit, saya harapkan ada loket tersendiri untuk Konsultasi saja.

3. Petugas pembagian antrian kadang - kadang agak curang terkait pembagian nomor antrian, mohon petugas - petugasnya dirotasi ke direktorat lain saja, saya melihat ada main curang terkait pembagian nomor antrian, terkadang mereka memberikan terlebih dahulu kepada biro - biro yang sudah dikenal.

4. Terkait loket saya sarankan untuk loket yang menggunakan biro jasa dan pengurusan pribadi dipisahkan, sehingga tidak merugikan waktu bagi yang pengurusan pribadi, karena biro jasa terkadang pengurusan TKAnya banyak sedangkan yang pribadi hanya 1 atau 2 sehingga pengurusan pribadi memakan waktu banyak untuk mengantri.

5. Silahkan bagi badan pengawas seperti Ombudsman supaya melihat secara diam - diam bagaimana pelayanannya yang terjadi di Ditjen Bina Penta.

Sekian laporan yang bisa saya sampaikan, semoga ada tindak lanjutnya agar pelayanan bagi masyarakat lebih baik.

Salam Perubahan Pelayanan Publik Yang Lebih Baik.
Salam 2 Periode.

14 Nov 2018, 19:21
Anonim
Android Ditutup oleh Admin

Bagaimana cara memiliki Kartu Pekerja? Terima kasih.

DIIKUTI OLEH