Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung

18 Nov 2019, 19:32
Utami Nurjanah
Android Ditutup oleh Sistem

Selamat malam. Ini adalah laporan saya ke 3x nya untuk permasalahan yg sama . No berkas permohonan saya 52894/2016. Saya berkendala membuat sertifikat tanah karena ada foto udara dr bpn kab bandung mengklaim bahwa ada bagian tanah saya yg milik sulaeman. padahal pada kenyataan dilapangan, rmh saya masih terbilang jauh dr patok perbatasan sulaiman. Saya sdh coba juga untuk berkomunikasi dngn pihak sulaiman ,dan informasi dr dalam memang tanah tsb bkn bagian dr sulaiman . Sdh disampaikan pd pihak pengukut atas nama bapak nandang widi. Namun informasi dr beliau tdk bisa hanya sebatas lisan saja , harus ada surat menyurat , dr pihak sulaiman sendiri tdk bisa langsung mengeluarkan surat krn hrs ada surat dahulu dr bpn sebagai instansi terkait. Laporan pertama hanya di respon dngn kata2 akan dilanjutkan kdp seksi terkait dan sampai skrg tdk ada informasi apapun yg saya dptkn. Laporan ke 2 langsung ditutup oleh sistem krn tdk ada balasan dr pihak bpn kab. Bandung. Jika saya dtg ke kantor bpn pun kesann6a hanya dilempae2 saja. Jujur saya kecewa dngn pelayanan bpn kabupaten bandung

21 Okt 2019, 13:15
Anonim
Android Ditutup oleh Sistem

Pada hari senin 21 oktober 2019, saya menuju ke bpn soreang dengan mengejar waktu sebelum istirahat, sampai di bpn pukul 11.40,tetapi pelayanan sudah istirahat padahal di papan layanan tertera pkl. 8.30 s.d 15.00 istirahat 12.00 s.d 13.00, akhirnya saya di layani pada pkl. 13.10. Saya menanyakan ke petugas yg ada katanya istirahat pkl.11.30, kalau begitu saya menyarankan papan layanan nya di rubah. Sehingga masyarakat tau kalau waktu pelayanan nya.

15 Apr 2019, 13:08
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Kepada yth;
Kepala badan pertanahan kabupaten bandung
Di tempat

Dengan hormat
dengan ini saya sampaikan kepada bapak kepala kantor badan pertanahan kabupaten bandung. Sehubungan dengan diselenggarakanya progran ptsl bahwa hampir 60 berkas sertipikat yang belum selesai untuk wilayah desa ciluncat kecamatan cangkuang kabupaten bandung yang mana di kerjakan oleh tim 4 sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai waktu selesainya kapan berkas tersebut sudah hampir 2 tahun, dengan alasan bahwa berkas tersebut harus di tandatangani oleh ketua panitia tin iv yang sudah berpindah tugas ke badan pertanahan cirebon, saya konfirmasi kepada pihak desa ciluncat bahwa keterangan nya masih menunggu dan menunggu tanpa ada kejelasan sama sekali. Program ptsl seharusnya pengerjaanya bisa lebih cepat karna program pemerinta, justru lebih cepat yang daftar reguler.terima kasih

28 Mar 2019, 09:10
Yedi Wahyudi
Website Ditutup oleh Sistem

Saya yedi wahyudi hanya rakyat biasa yang ikut pronas sertifikat ptsl 2017 atau 2018 di kab bandung bidang tanah di desa karamat mulya berkas saya dikasihkan ke pa kadus 2017 katanya dari desa sudah beres dan di ttd oleh pa kades tinggal menunggu dari bpn kab bandung tapi sampai saat ini tahun 2019 belum beres juga,mohon kepada yth kepala bpn kab bandung saya mohon dibantu untuk penyelesaian sertifikat ptsl atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

21 Feb 2019, 21:32
Yedi Wahyudi
Website Ditutup oleh Sistem

Ikut pronas sertifikat tanah gratis 2017 sampai sekarang belum beres (2019)

5 Nov 2018, 11:27
Anonim
Website Ditutup oleh Admin

Mau izin menyampaikan keluhan,saya membuat sertifikat tanah di kabupaten bandung via orang desa, tapi sudah hampir mau 2 tahun ga beres.. Saya dipungut biaya 7.750.000, memangnya kalau pembuatan sertifikat tanah harus semahal itu trus waktunya harus selama ini? Setiap ditanya kapan beresnya pasti jawabannya karena biaya admin yang tadi saya sebutkan diatas belum sepenuhnya masuk.. Tolong pak tindaklanjuti bagaimana solusinya.

16 Jun 2018, 08:52
Anonim
Website Ditutup oleh Admin

Paska Mesima merupakan Ormas berdasarkan Akta Pernyataan Pendirian Perkumpulan Persadaan Masyarakat Karo Merga Singarimbun Ras Anak Beruna Nomor : 02 tanggal 03 November 2017 dan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0017551.AH.01.07.Tahun 2017 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Persadaan Masyarakat Karo Merga Singarimbun Ras Anak Beruna yang bersifat Nasional dan Jawa Barat merupakan salah satu wilayah kerjanya.

Keadaan yang perlu dilaporkan adalah di Kawasan Bandung Utara (KBU) yang sejak tahun 1988 oleh Keputusan Gubernur pada waktu itu menjadi suatu konversi dan resapan air, dalam hal ini termasuk yang sekarang sebagai Kampung Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan yang oleh Kantor Pertanahan Kabupaten (BPN) diterbitkan HGB a/n PT. Bandung Pakar dengan kode nomor xxx/Mekarsaluyu.

Tanah-tanh warga dibeli oleh PT. Bandung Pakar setelah mendapat Ijin Lokasi pada tahun 1991 seluas 200 Ha dan tahun 1993 tambahan lokasi seluas 120 Ha yang termasuk di dalam Kecamatan Cimenyan Kp Ciburial, Mekarsaluyu dan Cibeunying.

Ada yang perlu kami laporkan kepada Bapak akibat kesewenangan dari BPN setempat yang mengeluarkan SK dan HGB tanpa memasang patok dan atau tanpa pengukuran pada saat sebelum SK atau HGB diterbitkan dan hal ini terjadi langsung di tanah yang berbatsasan dengan DAHLAN SINGARIMBUN yang sekarang menjadi enclave. ( yang lain juga terjadi tetapi tidak berbatasan dengan DAHLAN SINGARIMBUN.

Selanjutnya juga terhadap tanah jalan yang dahulu adalah jalan setapak kemudian diperluas sehingga menjadi 2 - 8 meter lebarnya yang tanahnya swadaya masyarkat atau dibebaskan oleh masyarakat dengan dana sendiri, apakah dapat juga diterbitkan HGB?.Ada sekitar 18 KM total panjang jalan sehingga mencapai +/- 3 Ha tanah yang bukan milik Negara telah beralih kepemilikannya atau penguasaanya kepada PT. Bandung Pakar. Dan beberapa sumber mata air (13 titik) yang juga menjadi dikuasain di dalam HGB PT. Bandung Pakar.

Dimohonkan kepada Bapak untuk membekukan SHGB tersebut karena sebenarnya ada ketentuan yang melarang tanah tersebut dikonversi menjadi tempat tinggal dan karena telah terjadi maka terhadap tanah-tanah yang tidak dibei tetapi menjadi SHGB PT Bandung Pakar untuk dilakukan evaluasi kembali tanpa perlu melalui Pengadilan PTUN karena salah satu ketentuan TUN adalah atasan Pejabat TUN dapat membatalkannya.

Kami juga bermaksud melaporkan tentang ketentuan pada Ijin Lokasi yang menyatakan jual beli adalah secara langsung dan bukan pengalihan Hak sehingga ada yang terjadi jual beli melalui calo dan atau tidak ada AJB oleh Camat atau Notaris eebagai PPAT sehingga masyarakat tidak memiliki bukti jual belinya.

Dan ada juga orang yang sudah meninggal tetapi dapat melakukan transaksi jual beli dan pengalihan hak sekitar 5 (lima) tahun setelah ia meninggal dan oleh BPN Kab Bandung ini diproses menjadi di dalam SHGB Induk.

22 Apr 2017, 03:29
Stevanus Djuwanta
Website Ditutup oleh Admin

Saya Stevanus Djuwanta, melakukan pencabutan blokir atas shm.no 5399 atas nama saya sendiri di BPN Soreang. Kelengkapan berkas dan prosedur selalu saya ikuti , tapi Kenapa sampai hari ini prosesnya berlarut larut? Padahal persyaratan sudah saya penuhi.

17 Mar 2017, 08:07
Mario Galileo
Website Ditutup oleh Admin

Pengurusan Sertifikat Tanah di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat Belum Selesai.

Dengan hormat,
kami telah mengajukan pendaftaran tanah untuk penerbitan sertifikat tanah kami dengan :

Lokasi : Kecamatan Cimenyan, Kelurahan Cikadut
Nomor Berkas Permohonan : 57999/2016,
Nomor Peta Bidang Tanah : 3145/2016

Adapun proses pembuatan Sertifikat Tanah melalui Notaris dengan Nama Pemohon Geanygrandiati dan Mario Gali Leo Selaku Pemilik.

Sampai hari ini kami sudah bolak balik menanyakan ke Notaris yang bersangkutan, jawabannya adalah masih ada kendala di BPN.
Untuk itu mohon bantuannya, proses pengurusan surat kami ini sudah sampai dimana?

Kami lampirkan scan peta bidang tanah.

Terima kasih

10 Okt 2016, 08:12
Dadang Kurnia
Website Ditutup oleh Admin

Tolong Bantu Kami

Kami tingal di kabupaten Bandung
kami adalah korban mafia hukum dan mafia tanah.
rumah kami di eksekusi dengan dalih keputusan pengadilan bale bandung yang kami rasa cacat hukum dalam pelaksanaannya. karena kami mempunya sertifikat tanah resmi dan BPN pun meguatkan sertifikat kami, sedangkan yang mengatakan dirinya penggugat hanya bermodalkan AJB yg disinyalir bodong karena setelah kami tanyai pada pihak yg tertera sebagai penjual dia tidak merasa menjual dan memiliki tanah di daerah kami. sampai detik ini telah 5 kepala keluarga yg rumahnya diratakan dengan tanah dan mereka menggunakan ormas untuk menakut"i warga.. saya dan keluargapun telah melapor dan meminta bantuan pada LBH Bandung dan Ombudsman namun hasilnya nihil. sehingga membuat kami tidak percaya produk hukum di negeri ini.
harus pada siapa lagi kah kami melapor dan meminta bantuan. apakah benar keadailan di negeri ini hanya milik orang" berduit seperti yang dikatakan orang kebanyakan

bahkan kamipun merasa dicemarkan nama baik kami oleh pemberitaan dari Liputan 6 SCTV tentang keluarga kami yg dikatakan pihak ketiga dan tanpa izin menempati tanah. padahal jelas" kami pemilik sah dan merupakan tanah turun temurun yang tidak pernah kami jual.

berikut link pemberitaanya. http://news.liputan6.com/read/782719/video-rumah-tumpangan-dieksekusi-ibu-histeris-menolak-pergi
beberapa hari setelah pemberitaan itu, banyak komentar miring terhadap liputan 6 yg memberitakan kabar yg tidak benar seperti itu. tp beberapa hari kemudian komentar" miring itu lenyap seketika

Kami mohon dengan sangat bantuannya dari pihak terkait mengenai permasalahan ini.

DIIKUTI OLEH