BPJS Kesehatan Divisi Regional VI

Jl. Teuku Umar no.43 Semarang (024) 8501429 , 8501430
10 Feb, 11:13
Agung Setyo
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 7 hari

Hari minggu, tgl 9 februari 2020, kurang legin jam 19.30 wib, saya memeriksakan anak saya, catarina yosvina hayuningtyas, menggunakan bpjs/askes ke faskes i rumkitban jalan katamso cilacap.
keluhan anak saya, sakit perut di ulu hati, susah bab sudah 2 hari.
karena di rumkitban tidak ada dokter, saya disarankan berobat ke ugd rumah sakit umum cilacap.
setelah melewati prosedur pendaftaran, anak saya diperiksa oleh dokter umum, dr.novi dan dokter mengatakan, anak saya tidak bisa lagi menggunakan bpjs/askes dan diharuskan menggunakan tarip umum.
padahal saya tiap bulan aktif membayar iuran bpjs/askes lewat bendahara gaji, karena tiap bulan potong gaji untuk membayar iuran bpjs karena saya pns aktif.
alasan dokter rumah sakit, pelayanan sakit perut tidak masuk pelayanan bpjs/askes.
kalu begitu percuma saya ikut bpjs karena sakit perut tidak termasuk yg dikafer bpjs.
koq, sekarang spt itu yaaa..akhirnya saya membayar rp. 150.000 utk periksa dan obat, karena dianggap pasientarip umum. (rincian terlampir)
mohon lah pelayanan bpjs jangan spt itu, percuma jdi anggota bpjs kalau diperlakukan pasien umum.
begitu banyak dalil dan alasan rumah sakit utk memperlakukan pasien dengan tarip umum, padahal punya kartu askes/bpjs.
tolong untuk adanya bpjs dikaji ulang, supaya dikembalikan pelayanan seperti dulu askes utk pns.
bpjs yg sekarang ini, menurut saya sangat merugikan peserta bpjs, karena diberlakukan tarip pasien umum.

5 Feb, 12:59
Aulia Mustikasari
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 2 hari

1. mohon disediakan area bermain anak2 di ruang tunggu bpjs kesehatan jl. sultan agung semarang. supaya anak2 tidak jenuh menunggu.
2. mengingat saat ini mewabah virus corona, mohon disediakan hand sinitizer di ruang public service. letakkan di tempt yang strategis dan terlihat oleh umum.
3. mengingat peserta bpjs yang berurusan dengan data cukup banyak, mohon pada saat istirahat pun, ada petugas yang tetap melayani secara full, sehingga semua loket operasional penuh (ada petugas pengganti).
5. loket yang tersedia sebanyak 9 loket. tapi yang operasional hanya 7. mohon dapat dioperasionalkan secara penuh.
6. perlu ada space untuk kantin dan fotocopy.
terima kasih.

23 Jan, 11:21
Sudarno
Website Ditutup oleh Sistem

Assalamu'alaiukum wr.wb
lapor pak terkait dengan proses perubahan kis bpjs dari biaya mandiri ke bpjs pbi saya atas nama sudarno
alamat : padarangin rt.01/rw.04
kecamatan : slogohimo
kabupaten : wonogiri
kode pos : 57694
no. hp : 085229144984
yang sudah saya usulkan lebih dari 1 tahun yang lalu sampai sekarang kok belum terealisasi, padahal syarat-syarat sudah saya penuhi selagi saya orang yang kurang mampu, yaitu berupa surat keterangan tidak mampu dari desa, dan beserta dokumen-dokumen lain yang diperlukannya, dan juga sudah saya serahkan ke dinas sosial kabupaten wonogiri, akan tetapi dari staf dinas sosial ketika saya mintai keterangan katanya sudah dilaporkan ke pusat, dan nyatanya setelah saya minta informasi dari kantor bpjs belum ada surat tembusan masuk. mohon diklarifikasi dan ditindaklanjuti pak, apa yang harus saya lakukan membuat tembusan baru lagi apa menunggunya
sekian dan mohon perhatiannya, terimakasih

17 Des 2019, 22:14
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Kami peserta bpjs kesehatan golongan kelas 2 a.n darsono no bpjs 0002069061333
awal mula kami periksa dokter pribadi klinik dr. netty sragen dan akhirnya di rujuk ke rumah sakit amal sehat sragen (iccu).
waktu mendaftar di beri penjelasan bahwa kalo di ruang iccu di rs amal sehat setaraf kelas 1 dengan biaya tambahan, setelah dr iccu bisa di rawat di bangsal menyesuaikan kelas.
setelah mengikuti arahan dan sekarang akan di rawat di bansal ternyata kami tidak bisa menyesuaikan kelas tetap harus kelas 1 (yang nantinya akan kena biaya tambahan lagi).
dari alur tersebut saya ingin menyampaikan bahwa : kami pengguna bpjs kelas 2 (golongan masyarakat ekonomi menengah bawah) akhirnya tidak bisa menggunakan fasilitas iccu (kelas1) dan harus menambah biaya pengobatan tambahan kalo dirawat di rumah sakit. kami keberatan tidak setara dengan hak dan tanggung jawab kami. terimakasih

13 Des 2019, 16:40
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Bapak ibu yg terhormat mohon petunjuk apa yg harus saya lakukan berkaitan dgn keadaan saudara saya (jawa tengah) yg punya masalah dengan tidak bisa di pakainya perlindungan bpjs dr pemerintah,kronologinya begini ,saudara saya hamil dan melahirkan pada tgl/hari yg melenceng dr hpl nya,kebetulan proses persalinannya begitu cepat hingga melahirkan di rumah,karena peraturan yg mengharuskan persalinan itu harus di puskesmas,dan kebetulan mengundang bidan desa tidak ada akhirnya saudara saya di bawa ke puskesmas terdekat yg jaraknya sekitar 5 km,untuk menuju ke puskesmas harus mencari mobil ,akhirnya di bawalah saudara saya ke puskesmas,sampai di sana pertolongan bidan pada tahap mengeluarkan ari ari dan tindakan selanjutnya,semua sudah beres tp oleh bidan itu katanya bpjs saudara saya tidak bisa di pakai untuk klaim/artinya saudara saya harus bayar penuh biaya persalinan di puskesmas tsb ,karena katanya proses dr awal bidan tidak menangani,pertanyaan saya apakah benar spt itu adanya peraturan bpjs ?padahal yg namanya persalinan tidak bisa di rencanakan .mohon bantuannya untuk memberi penjelasan,terimakasih

#ayolapor

3 Des 2019, 17:15
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Dear bpjs kesehatan,
hari ini saya ke bpjs kesehatan cilacap, mohon untuk di tingkatkan keramahan karyawannya, dan mohon untuk di tinjau kembali sistem kerja saat pelayanan, menurut saya tidak efektif. sebaiknya satu customer selesai urusan baru yg lain, disini tidak seperti itu, tadi saya hanya melakukan transaksi pembayaran via ibanking yg hanya itungan 2-3 menit tp di suruh mundur dulu dan menunggu customer yg lain, sebaiknya selesai 1 transaksi baru customer baru. dan mohon senyum, sapa, salam di pelayanan bpjs kesehatan untuk diterapkan. terimakasih

22 Nov 2019, 09:49
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Anggota keluarga saya masuk igd rumah sakit bhayangkara yogyakarta.
kondisi pasien muntah-muntah sudah 3 hari, lemas, sakit kepala hebat.

igd bhayangkara mengatakan pasien glukoma dan ada tekanan pada bola mata..

karena igd rs bhayangkara jogja tidak bisa melakukan penanganan lebih lanjut, pasien di minta untuk pulang. dan kami dikenai sejumlah biaya. ini kali kedua kami ke igd rs bhayagkara yogyakarta dengan kondisi yang sama dan dikenai biaya.

kami bertanya apakah penanganan igd tdk bisa menggunakan bpjs.

menurut penjelasan dari perawat, glukoma tidak masuk kategori gawat darurat. yang masuk katogeri gawat darurat seperti kecelakaan. itu yg bisa di pakai bpjs.

dan kami bayar.

sedangkan daftar penyakit kategori gawat darurat, glukoma masuk di dalamnya.

jadi yang sebenarnya seperti apa??? mohon penjelasannya dan tindakannya.. terima kasih

sedikit catatan kartu bpjs pasien tidak ada tunggakan dan hal lain secara administrasi.

20 Nov 2019, 15:47
Hadi Agung Luspratikno
Website Ditutup oleh Sistem

Kepada
yth. bapak presiden republik indonesia
ir. h. joko widodo
di tempat

dengan hormat,
kami sampaikan selamat atas terpilihnya kembali dan dilantiknya bapak ir. h. joko widodo sebagai presiden republik indonesia dan bapak kh. ma'ruf amin sebagai wakil presiden republik indonesia untuk periode 2019-2024. semoga segala cita-cita bangsa sebagaimana diamanatkan oleh uud 1945 dan dasar pancasila dapat bapak wujudkan dengan penuh rasa rendah hati dan kejujuran.

melalui layanan aspirasi ini, dan sebagai salah satu wujud dukungan rumah sakit columbia asia semarang (rumah sakit umum kelas b) terhadap program pemerintah, kami telah bekerja sama dengan pihak bpjs kesehatan di kota semarang yang mana kami berharap kerjasama ini selalu berkesinambungan dan berorientasi terhadap meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang paripurna sehingga peran rumah sakit kami dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat sekitar.

kami segenap keluarga besar dari rumah sakit columbia asia semarang, dengan segala kerendahan hati yang kami miliki, ingin menyampaikan dan meminta dukungan penuh dari bapak presiden untuk memfasilitasi rumah sakit kami agar dapat menambah layanan bagi peserta bpjs kesehatan yaitu pelayanan hemodialisis, pelayanan kemoterapi dan pelayanan kateterisasi jantung (untuk selanjutnya disebut sebagai “penambahan layanan kesehatan”).

mengingat sampai dengan saat ini penambahan layanan kesehatan tersebut belum juga di-akomodasi oleh pihak bpjs kesehatan di kota semarang, yang mana kami telah menyampaikan permohonan kerjasama dan dokumen persyaratan kepada pihak bpjs kesehatan sejak tanggal 20 agustus 2018, termasuk berbagai usaha untuk eskalasi ke pihak walikota semarang di bulan july 2019 dan juga pihak gubernur jawa tengah, dan dengan mempertimbangkan bahwa saat ini rumah sakit columbia asia semarang dan bpjs kesehatan sedang melakukan proses perpanjangan perjanjian kerjasama untuk periode 1 januari 2020 – 31 desember 2020, maka kami bermaksud memohon bantuan dan kebijakan dari bapak presiden untuk dapat meng-akomodasi permohonan kami tersebut ke pihak bpjs kesehatan di kota semarang.

kami telah melakukan berbagai upaya terkait penambahan layanan kesehatan tersebut, termasuk juga telah bersurat resmi ke pihak bpjs kesehatan pusat di jakarta, namun sampai dengan hari ini kami belum mendapatkan kejelasan yang kami harapkan agar supaya masyarakat kota semarang peserta bpjs kesehatan dapat segera memanfaatkan pelayanan kesehatan yang lengkap di rumah sakit columbia asia semarang.

atas nama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang paripurna, dan bentuk wujud nyata kami untuk mendukung program pemerintah yaitu bpjs kesehatan, maka besar harapan kami bapak presiden dapat memberikan respond yang konstruktif dan bijak terhadap permohonan kami ini.

demikian surat permohonan ini kami sampaikan. atas perhatian dan kebijakan dari bapak presiden dan segenap jajarannya, kami ucapkan terima kasih banyak.

hormat kami,

segenap keluarga besar
rumah sakit columbia asia-semarang

catatan:
untuk korespondensi follow up, berikut detail yang dapat kami berikan:
email: hadi.luspratikno@columbiaasia.com (email sesuai yang terdaftar di layanan lapor)

31 Okt 2019, 13:40
628214755xxxx
SMS Ditutup oleh Sistem

Lapor hendy saya mau tanya,, jika keadaan gawat darurat apakah kartu bpjs tidak bisa digunakan di pusat layanan igd pada rumah sakit roemani muhammadiyah? saya bawa anak saya ke igd karna panas tinggi & anak saya punya riwayat step, tp saat proses administrasi saya pakai bpjs di tolak, dgn alasan karena pengobatan anak saya tidak sampai rawat inap,kalau rawat inap baru bisa di klaim bpjs. mohon tanggapannya? apakah bpjs itu asuransi khusus untuk orang sakit parah yg harus di rawat inap? pdhl setiap bulan saya bayar asuransi bpjs tp kenapa sya harus bayar lagi saat anak saya masuk igd? mohon info kejelasannya,, terimakasih.

15 Okt 2019, 13:56
Puguh
Website Ditutup oleh Sistem

Selamat siang bpjs kesehatan sleman,
saya peserta bpjs kesehatan ppu dan saya mau menggunakan fasilitas kesehatan pembersihan karang gigi di faskes dr gigi drg. dwi mardiani, akan tetapi ditolak. mohon konfirmasinya.
terimakasih

DIIKUTI OLEH