Yoannes Sumaryandoni

 

13 Agu 2019, 13:18
Yoannes Sumaryandoni
Website Ditutup oleh Sistem

Demi menjaga kualitas lembaga pendidikan dan perlindungan hak peserta didik.
mohon info dan bantuan regulasi terkait hak mahasiswa yg tidak dapat menyelesaikan studi tepat waktu, dalam hal didapatkannya salinan nilai atas capaian proses belajar yg telah diikuti.

jumlah mahasiswa d.o. merupakan salah satu indikator penilaian akreditasi lembaga pendidikan. namun jml mahasiswa mengundurkan diri,belum/tidak dianggap sebagai salah satu indikator dalam hal penilaian akreditasi lembaga pendidikan.

saya pernah berkuliah di universitas brawijaya, dg nim 146020200111027 (fakultas ekonomi dan bisnis).
dikarenakan tidak dapat menyelesaikan tugas akhir (penelitian) hingga akhir batas masa studi,maka dinyatakan tidak lulus.
dari informasi yg disampaikan kepada saya,mahasiswa yg berada pada posisi saya bisa memilih mengundurkan diri agar mendapat salinan nilai (khs semester sebelum-sebelumnya) sehingga dapat berkesempatan melanjutkan studi di lembaga/kampus lain; namun bila tidak mengundurkan diri maka tidak mendapatkan salinan nilai tersebut.
aturan yg ditetapkan dan disahkan, tertulis dari pihak kampus sebagai acuan bersama tidak diberikan, meski saya sudah menanyakan secara tertulis lewat ecomplain yg dikelola kampus hingga dua kali bertanya (tertuju pada pihak feb, pihak pascasarjana, pihak rektorat).


sebagai suatu hipotesa, prasangka, untuk diklarifikasi dan dicermati lebih lanjut:
pembedaan hak mahasiswa yg tidak selesai studi dalam hal pemberian salinan nilai, dibedakannya antara 'mahasiswa yg mengundurkan diri' dan 'mahasiswa d.o.'; meski sudah tidak mempunyai tanggungan beban keuangan thd kampus,
bisa jadi merupakan suatu cara untuk melindungi nilai akreditasi lembaga dengan potensi menekan/merugikan hak mahasiswa atas pnilaian proses studi yg telah diikuti.

dalam hipotesa lebh lanjut, bisa jadi merupakan upaya lepas tangan dari pihak kampus untk mengontrol proses pemberian pendampingan/bimbingan penyusunan tugas akhir mahasiswanya.

1. mohon informasi lebih lanjut dan pendampingan dalam memperoleh salinan nilai (khs) matakuliah yg telah selesai diikuti, semisal itu memang merupakan hak mahasiswa yg harus diterima.
2. mohon dbantu agar ada regulasi yg mengatur secara detil hak mahasiswa untk mendaptkan hak bimbingan scr layak baik dalam hal waktu (jam/ menit/ durasi bimbingan) maupun kualitas masukan, agar penyusunan penelitian oleh mahasiswa tidak menjadi beban tugas dosen yg dinomorduakan (dikesampingkan) oleh dosen pembimbing.

terima kasih.

Laporan Terhangat

DIIKUTI OLEH

KATEGORI POPULER

Nama Kategori Jumlah
Kepegawaian 20,997
Infrastruktur 18,787
Administrasi Kependudukan 17,490
BPJS Kesehatan 15,938
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) 15,125