B Marada Hutagalung

 

26 Sep 2018, 14:12
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Kpd. Yth.:
BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan

Hal: Komplain terhadap porsedur pengurusan rujukan berobat

Mohon maaf sebelumnya, pada hari kamis, 25 September 2018, saya pergi ke salah satu Puskesmas di Tapanuli Utara untuk mengambil rujukan berobat orang tua saya ke Puskesmas, lalu pihak puskesmas menjelaskan bahwa di saat mengurus rujukan berobat ke rumah sakit dan di saat itu pulalah si pasien harus berobat. Dan jika ingin komplain maka komplainlah ke pihak BPJS.

Saya jadi bingung karena sebelumnya tidak seperti itu, yakni sebelumnya mengurus rujukan berobat tidak di hari yang sama si pasien berobat. Semisal sekarang mengurus rujukan, lalu di hari esok atau hari lainnya berobat ke rumah sakit.

Saya sangat komplain dengan prosedur seperti itu yakni berobat di hari yang sama mengurus rujukan berobat karena waktu untuk berobat akan tersita, alasannya antara lain:
1. Rumah pasien tidak semua dekat dengan puskesmas,
2. Mengurus rujukan belum tentu cepat karena harus antri di puskesmas karena pasien selalu banyak,
3. Jarak puskesmas dengan rumah sakit tidak dekat,
4. Di rumah sakit juga harus antri, sebelumnya juga terlebih dahulu antri ke BPJS yang ada di rumah sakit,
5. Tidak semua pasien punya kendaraan, otomatis harus naik angkot, itu pun angkot hanya ada di jalan-jalan tertentu, sedangkan jalan ke arah puskesmas yang satu ini tidak ada angkot, harus naik beca itu pun bila ketemu.

Jika begini prosedurnya maka si pasien bisa saja tidak dapat berobat karena jadwal tugas dokter terbatas, dan dokter juga butuh istirahat. Apalagi jadwal berobat rujukan tidak sampai sore hari. Hal ini akan membuat pasien tambah sakit.

Kiranya prosedur seperti itu dipertimbangkan dan ditinjau lagi, bila perlu dikembalikan ke prosedur semula supaya pasien tidak tambah sakit.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Salam.

25 Sep 2018, 12:58
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Sesuai dengan balasan Direktorat Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian (Badan Kepegawaian Negara) yakni bahwa "Database Dapodik Bukan wewenang kami melainkan kewenangan Kemendikbud dan tidak terintegritas dengan database PNS yang ada di BKN", hal itu saya terima namun yang saya maksud di situ adalah supaya data kepegawaian khusus guru valid dan sinkron antara BKN dengan Kemendikbud maka perlulah diadakan kerjasama antara pihak BKN dengan Kemendikbud, dan juga kerjasama dengan Kementerian PANRB dan Kementerian Kominfo.

Selama tidak ada kerjasama maka data PNS guru akan sulit valid dan sinkron antara BKN dan Kemendikbud.

16 Nov 2017, 10:48
B Marada Hutagalung
Android Ditutup oleh Admin

Yth.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI;
- Badan Kepegawaian Negara;
- Kementerian PANRB RI;
- Kementerian Kominfo RI.

Mohon bantuannya untuk menyederhanakan sinkronisasi data guru PNS ke aplikasi SAPK BKN, sebab banyak data-data guru di DAPODIK tidak valid jika disandingkan ke apliksi SAPK BKN. Persoalannya banyak guru-guru telah melapor ke BKD untuk memperbaiki datanya, kemudian operator SAPK BKN di BKD sudah memperbaikinya, terutama perbaikan jabatan guru. Namun setelah diperbaiki dan disinkronkan melalui dapodik tetap juga tertulis "bukan jabatan guru di BKN", padahal jelas-jelas datanya sudah diperbaiki oleh operator SAPK BKN di BKD. Salah di manakah itu? Apakah di SAPK atau di DAPODIK? Apa solusi untuk mengatasi hal tersebut?

Saran kami supaya pihak Kemendikbud dan BKN mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut, supaya di saat diperbaiki di SAPK BKN dapat langsung sinkron di DAPODIK.

Di samping itu kami juga menyarankan agar pihak BKN dan Kemendikbud bekerja sama dengan Kemenpanrb dan Kemkominfo.

Demikian hal di atas kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Salam hormat.

7 Agu 2017, 10:39
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Kepada Yth.
- Badan Kepegawaian Negara
- Kementerian Hukum dan HAM RI

Ada permasalahan peserta, setelah mendaftar peserta tidak dapat melanjutkan pengisian dokumen. Mohon penjelasan dan solusinya.

Link pengisian dokumen: https://sscndaftar.bkn.go.id/dokumen?instansi=3004&jenisFormasi=1&tkPendidikan=15

Terima kasih.

23 Mar 2017, 12:16
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Kepada
Yth. Badan Kepegawaian Negara (Pusat)

Dengan hormat,

Mohon maaf, situs sapk.bkn.go.id sering lelet dan error di saat kami akses, oleh karena itu saya memohon supaya jaringan SAPK BKN atau situs https://sapk.bkn.go.id diperbesar kecepatannya. Kalau boleh servernya diperbanyak dan server back up-nya bisa dibuat di setiap BKD di Indonesia, supaya para user dapat dengan mudah mengentri. Apabila situs sapk bkn sedang mengalami perbaikan atau ada masalah, para user masih tetap dapat mengentri data jika ada server back up/tambahan di setiap bkd di Indonesia. Setelah situs sapk bkn kembali baik maka dengan data yang sudah terenteri di server back up/tambahan yang ada di setiap bkd akan otomatis mengirim data ke server pusat. Seperti halnya dengan jaringan sistem kependudukan di kelola Kementerian Dalam Negeri, server disediakan di setiap dinas kependudukan dan catatan sipil di Indonesia.

Saran kami sebaiknya BKN bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengelola jaringan SAPK BKN supaya mudah diakses para user dan tidak lelet.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya.

Cc. Yth. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

16 Nov 2015, 09:58
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Yth. Badan Kepegawaian Negara

Perihal PUPNS:

Mohon bantuan solusinya, sampai hari pengisian data PUPNS belum mencapai target di daerah kami sehingga kami para user admin kesulitan untuk memverifikasi data.

Terjadi keterlambatan pengisian PUPNS adalah karena:
1. Penyelenggaran PUPNS dilaksanakan pada pertengahan tahun sehingga penganggaran penyelenggaran PUPNS menjadi terlambat dan sosialisasinya pun terlambat, sehingga BKD tidak sempat memilih user admin dari berbagai SKPD, sehingga pendaftaran/pengisian pun tidak berjalan dengan baik;
2. Semua SKPD masih lebih mengutamakan menyelesaikan kegiatannya mengingat akhir tahun semakin dekat;
3. Khusus guru PNS disibukkan oleh Ujian Kompetensi Guru (UKG);
4. BKD disibukkan oleh berbagai kegiatan seperti Ujian Penyesuaian Ijazah, Diklatpim, Ujian Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka, pemutakhiran data, SKP, pengumpulan/pemeriksaan ijazah, Buzetting dan lain sebagainya
5. Semua SKPD konsentrasi menyelesaikan penyusunan Rencana Kerja Anggaran untuk tahun 2016;
6. Para PNS pun sudah mulai sibuk melakukan persiapan kegiatan Natal masing-masing mengingat penduduk daerah kami mayoritas penganut agama Nasrani (Kristen), dan Pemkab. Sendiri pun juga melakukan persiapan kegiatan Natal Oikumene tingkat Kabupaten;
7. Situs PUPNS masih sering lelet atau susah diakses, dan situsnya terlalu sering perbaikan;
8. Belum semua daerah kami dilengkapi fasilitas internet, dan Pemkab. (melalui BKD) pun tidak dapat membuat kebijakan mengingat anggaran tidak cukup dan disibukkan oleh kegiatan lain serta kami kekurangan tim;
9. Belum semua PNS memahami cara mengisi data meski sudah PUPNS telah disosialisasikan dan meski video cara pengisian telah disebarluaskan;
10. Dan masih banyak lagi.

Pendaftaran PUPNS memang nyaris sudah mencapai target namun dalam pengisian PUPNS tetap juga tidak bisa mencapai target yang kami inginkan, padahal kami sudah membuat surat edaran agar para PNS SKPD sesegara mungkin untuk mengisi data PUPNS. Jumlah PNS di daerah kami (Pemkab. Tapanuli Utara) ada sekitar 6.581 orang, yang mendaftar sekitar 6.448 orang, namun yang mengisi dan mengirim data hanya kurang lebih 900an orang saja. Kira-kira bagaimana ini solusinya? Bila perlu waktu pengisian PUPNS diperpanjang selama satu tahun lebih mengingat banyaknya kegiatan lain yang harus dikerjakan.

Di samping itu, banyak pengaduan di menu helpdesk belum dijawab oleh BKN seperti beda instansi, beda nama, data sudah pensiun dan lain sebagainya.

Sebanarnya mana yang harus kami utamakan mengingat kegiatan PUPNS dan kegiatan lain juga penting. Jika kegiatan lain diutamakan maka para PNS akan diberhentikan, namun jika PUPNS diutamakan maka kegiatan lain jadi terganggu bahkan bisa jadi temuan.

Mohon solusi dan responnya.

Terima kasih dan Salam sejahtera.

Cc. Yth.
- Presiden RI;
- Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi RI.

18 Sep 2015, 09:08
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Yth. Badan Kepegawaian Negara, Mohon maaf, kami tidak tahu apa kerusakan situs https://pupns.bkn.go.id dan yang tahu hanya pegawai Badan Kepagawaian Negara. Yang menjadi masalah adalah Situs PUPNS yakni https://pupns.bkn.go.id sering susah diakses atau bahkan sering error dan waktu pendaftaran yang diberikan pun sangat terbatas, sehingga membuat para PNS menjadi kucar-kacir dan pekerjaan lain pun terganggu.

Situs PUPNS khusus admin juga sulit diakses, sehingga kami sulit untuk melakukan verifikasi, kemudian khusus Admin Verifikasi Registrasi tidak dapat mengetahui berapa yang sudah mendaftar, sehingga kami tidak melihat siapa-siapa saja yang belum diverifikasi pendaftarannya. Awalnya masih ada, namun sekarang daftar-daftar nama PNS yang sudah mendaftar tidak nampak lagi.

Kemudian semua "nama sekolah" (instansi pendidikan) kebanyakan kosong dalam menu pilihannya riwayat pendidikan. Tidak mungkin semuanya nama sekolah yang tidak ditemukan dilaporkan di "helpdesk" sebab ada banyak sekolah sudah tidak aktif lagi, seperti SPG, PGA, SPK, bahkan ada SD, SMP, SMA, SMU, perguruan tinggi yang sudah mati tidak ada lagi. Bagaimana ini? Apa hal itu harus dilapor lagi ke helpdesk?

Selanjutnya, masih banyak para PNS di daerah kami yang pindah masuk tetapi tidak terdaftar di data kami sesuai SAPK? Padahal setiap PNS yang pindah selalu membrikan surat tembusan ke BKN (regional), namun tidak dipindahkan di SAPK BKN. Apa kami juga harus melaporkannya ke helpdesk? Tentu inbox helpdesk akan penuh.

Di samping itu, data sudah lengkap diisi, namun di saat dikirim selalu saja gagal dikirim, dan dicoba berulang-ulang namun tetap tak bisa.

Mohon maaf, bila PNS di daerah kami tidak semuanya bisa mendaftar karena keterbatasan waktu yang diberikan dan kesulitan membuka situs PUPNS. Mohon ditindaklanjuti, terima kasih

21 Agu 2015, 11:10
B Marada Hutagalung
Website Ditutup oleh Admin

Yth. Badan Kepegawaian Negara

Mohon bantuannya supaya penggunaan aplikasi PUPNS 2015 untuk PNS se-Indonesia dipermudah, karena penggunaannya masih sulit, fasilitas tidak memadai dan jaringan internet belum sepenuhnya ada di daerah kami. Sekedar saran bagaimana kalau PUPNS ini dibatalkan saja, namun tetap diprogramkan di tahun 2016 setelah penggunaan aplikasi PUPNS disempurnakan agar mudah dipahami para PNS yang akan mendaftar ulang.

Mohon tanggapannya. Terima kasih.

Laporan Terhangat

DIIKUTI OLEH

KATEGORI POPULER

Nama Kategori Jumlah
Kepegawaian 21,140
Infrastruktur 18,935
Administrasi Kependudukan 17,589
BPJS Kesehatan 15,948
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) 15,130