Ingrid Howard

 

25 Sep 2019, 10:59
Ingrid Howard
Website Ditutup oleh Sistem

Dengan hormat,
saya beserta suami dan dua teman lainnya dari amerika datang ke pantai lovina bali. kemudian kemarin pagi kita memutuskan untuk menyewa kapal untuk melihat dolphins di pantai lovina. jam 6 pagi kami berangkat dan melihat di laut dekat pantai lovina tersebut sekitar 60 kapal turis lainnya sudah menantikan untuk melihat lumba2 tersebut.

satu jam kemudian kelompok kecil lumba2 muncul. seketika itu juga kelompok itu dikejar sama kapal2 yg di kemudikan oleh local boat captains. lumba2 tersebut terancam keselamatannya sebab mereka berada di atas kelompok dolphins itu. kalau mereka terkena baling2 motornya perahu2 itu mereka akan terluka. kenapa perahu2 yg membawa turis2 harus berada terlalu dekat dg lumba2. ini sangat tidak manusiawi dimata dunia.
kelompok lumba2 kemudian membentuk pertahanan formasi seperti layaknya kalau mereka diserang ikan-ikan hiu.

kelompok group kami sangat kaget, marah, sedih, dan prihatin dengan keadaan keselamatan dolphins itu.

maka dengan ini saya mohon supaya kementrian perikanan bekerja sama dengan angkatan laut dan kementrian pariwisata untuk membuat hukum utk menjaga jarak antara kapal untuk menonton lumba2 sekitar 100-200 meter minimum. kemudian lumba2 tidak boleh dikejar2, apalagi berada di atasnya. lalu kalau ada pelanggaran mereka harus dihukum berat dengan penalti dan tidak boleh ke tempat tersebut selama sebulan.

daerah tersebut harus diawasi dengan semacam ranger/polisi angkatan laut supaya utk dapat melihat jika ada yang melanggar harus dihukum berat.

setelah melihat kejadian tersebut diatas kami memutuskan secepatnya balik ke hotel karena peristiwa itu sangat membuat kami marah.
dalam perjalanan pulang kami melihat sampah2 plastik botol2 mengambang sekitar 1 km offshore pantai lovina. seperti di labuan bajo, flores para kapal2 membuang sampah2 langsung ke laut.

semoga keprihatinan saya ini dapat ditanggapi dengan serius kalau indonesia mau tetap menjadi tempat pariwisata dunia.

terima kasih atas perhatiannya,
ingrid howard
ingridmhoward@gmail.com

Laporan Terhangat

DIIKUTI OLEH

KATEGORI POPULER

Nama Kategori Jumlah
Kepegawaian 21,014
Infrastruktur 18,792
Administrasi Kependudukan 17,508
BPJS Kesehatan 15,939
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) 15,125