Sadiman

 

14 Agu, 23:54
Sadiman
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 7 hari

Penolakan visa penyatuan keluarga tidak dapat diterima dan tidak masuk akal

selamat malam, saya ingin protes kinerja petugas direktorat jendral imigrasi yang sangat tidak profesional, sebelumnya saya akan menceritakan seluruh kejadian.

pada tanggal 24 juli 2019, saya mengajukan epo (exit permit only) c312 di kantor imigrasi batam untuk istri saya yang berkebangsaan tiongkok. pengajuan epo tersebut dilakukan karena istri saya tidak ingin bekerja lagi, dan ingin menggantikan izin tinggal menjadi izin tinggal terbatas untuk penyatuan keluarga yaitu visa c317.

pada tanggal 29 juli 2019, epo telah disetujui (lampiran 1 dan lampiran 2), dan pada hari itu juga saya mengajukan visa c317 secara online di laman imigrasi (https://visaonline.imigrasi.go.id/online/permohonan.xhtml).

selanjutnya pada tanggal 30 juli 2019, saya menerima notifikasi email pembayaran kawat persetujuan visa (lampiran 3), dan pada hari itu juga saya melakukan pembayaran tersebut. setelah itu pada tanggal 1 agustus 2019 saya mendapat balasan email berupa permohonan visa tidak disetujui dengan alasan harus mengembalikan dokumen keimigrasian (kitas atau kitap)/epo pada kantor imigrasi yang menerbitkan(lampiran 4), perlu dijelaskan bahwa dokumen yang dimaksud telah dikembalikan jika epo telah disetujui.

pada tanggal 2 agustus 2019 saya mengirimkan email kepada petugas imigrasi (visa@imigrasi.go.id) untuk memberikan penjelasan disertakan lampiran bukti epo (lampiran 5), tetapi balasan yang saya dapat adalah jawaban yang sama, yaitu lampirkan bukti epo dan buat permohonan baru (lampiran 6).

selanjutnya pada tanggal 5 agustus 2019, saya mengajukan permohonan baru secara online (lampiran 7), di hari berikutnya tanggal 6 agustus 2019 saya mendapat lagi notifikasi email pembayaran kawat persetujuan visa (lampiran 8), di hari tersebut juga saya melakukan pembayaran. setelah melakukan pembayaran saya sambil menunggu konfirmasi selanjutnya, sesuai prosedur keputusan visa ada di hari kelima dihitung dari hari permohonan (dijelaskan di lampiran 7), jika dihitung sesuai prosedur keputusan persetujuan visa adalah di tanggal 9 agustus 2019 (jumat).

tetapi pada tanggal 12 agustus 2019 (senin), status persetujuan visa masih tersangkut di tahap 4 (pemerikasaan niora), saya kembali email ke petugas imigrasi (lampiran 9), balasan email di balas pada pukul 15:28 (lampiran 10) dengan jawaban kedua kali yang sama yaitu, mengembalikan dokumen keimigrasian ke kantor imigrasi (epo), di email itu juga saya jelaskan bahwa epo telah disetujui pada tanggal 29 juli 2019 dan disertakan lampiran bukti epo (lampiran 11). dan email tersebut tidak dibalas lagi.

selanjutnya pada tanggal 13 agustus 2019, saya kembali email dengan pertanyaan yang sama tetapi saya sertakan bukti epo (lampiran 12). dan yang ketiga kali nya saya mendapat balasan yang sama (lampiran 13).

seterusnya saya ingin mencoba yang keempat kali, pada tanggal 14 agustus 2019, saya kembali email petugas imigrasi, tetapi jawaban yang keempat kalinya juga sama (lampiran 14), dan pada hari itu juga saya dari jam 8 pagi juga menghubungi imigrasi bagian persetujuan visa via whatsapp (kebetulan nomor whatsapp tersebut saya dapat dari pelapor di lapor.go.id) dan saya mendapat balasan di jam 12 siang (lampiran 15, lampiran 16), di balasan tersebut dikatakan akan diteruskan ke petugas.

sebagai tambahan, saya juga menanyakan masalah epo ke kantor imigrasi tempat saya melakukan pengajuan, diberikan penjelasan juga, bahwa perihal persetujuan epo telah selesai setelah dilakukan cap di paspor bersangkutan.

pada tanggal 14 agustus 2019 pukul 21:19, saya kembali mendapat email balasan berupa permohonan visa tidak disetujui dengan alasan harus mengembalikan dokumen keimigrasian (kitas atau kitap)/epo pada kantor imigrasi yang menerbitkan. (lampiran 17, lampiran 18)

pertanyaan saya: proses sebenarnya seperti apa?

mohon instansi terkait dapat memberikan penjelasan yang logis dan sejelas-jelasnya.



surat terbuka protes ini saya tujukan kepada direktorat jendral imigrasi.
akhir kata yang dapat saya berikan adalah bapak/ibu di mana hati nurani bapak/ibu sebagai pelayan masyarakat tetapi dari kinerja bapak/ibu yang sangat menyusahkan masyarakat?

Laporan Terhangat

DIIKUTI OLEH

KATEGORI POPULER

Nama Kategori Jumlah
Infrastruktur 16,510
BPJS Kesehatan 15,292
Kepegawaian 15,246
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) 15,063
Administrasi Kependudukan 13,665