14 Feb, 08:53
Saidatul Adnin
Website Ditutup oleh Admin

Tracking ID : #1858770

Pengaduan

LAPORAN:
Yth. Kementerian Dalam Negeri, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Samarinda

Adik saya merupakan pendatang baru di kota Samarinda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Domisili KTP elektronik adik saya adalah di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Tnggal 6 Septermber 2017, adik saya kehilangan KTP. Dari yang saya baca sesuai dengan pasal 14 dan 15 Permendagri No.8 Tahun 2016 tentang pedoman penerbitan KTP berbasis NIK secara nasional, seharusnya adik saya dapat mengajukan permohonan penerbitan KTP-el di luar domisili, yaitu di Kota Samarinda

Namun ketika saya mengajukan permohonan penerbitan KTP-elektronik di Kantor Catatan Sipil, hal tersebut tidak dapat dilakukan dan saya diharuskan kembali ke daerah asal saya untuk mengajukan penerbitan KTP-el, dengan macam-macam alasan (kami tidak memiliki blanko nya mba, tidak ada yang tanda tangan untuk domisili Kalimantan Utara, dll). Hal ini tentu sangat memberatkan, karna harus kembali ke daerah asal hanya untuk mengurus KTP, dengan biaya akomodasi yang cukup besar.

Mohon Kementerian Dalam Negeri untuk dapat menindaklanjuti keluh kesah saya ini dikarenakan KTP sangat di perlukan sedangkan kembali ke daerah asal memerluhkan biaya yang cukup banyak dan waktu yang lama sedangkan di sisi lain adik saya harus berkuliah setiap hari.

Terima kasih


A.n
Muhammad Nur Hidayat
NIK [***************]980003

Administrasi Kependudukan | Laporan 134 kali dilihat