24 Okt, 18:40
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Tracking ID : #5087958

Keluhan Pegawai PPNPN

Jakarta, 23 oktober 2019
asal surat : seluruh PPNPN di lingkungan bnp2tki
lampiran : 1 (satu) berkas
perihal : pengaduan terkait surat sekretaris utama bnp2tki
nomor: b. 486/su/x/2019 tanggal 11 oktober 2019 tentang
langkah-langkah penataan pegawai di lingkungan bnp2tki
baik pns maupun ppns

kepada yth.
bapak ir. h. joko widodo
presiden republik indonesia
di

tempat


assalamualaikum wr. wb.
salam sejahtera kami sampaikan kepada bapak dan kami selalu berharap bapak presiden yang kami hormati selalu dalam lindungan tuhan yang maha esa sehingga dapat memimpin negara kesatuan republik indonesia. bapak presiden yang kami hormati, kami selaku rakyat indonesia tentunya mengidamkan negara tentram, damai, aman, adil dan sejahtera keseluruh rakyatnya. bapak presiden yang kami hormati, izinkanlah kami menyampaikan sedikit keluhan kami selaku pegawai pemerintah non pegawai negeri (ppnpn) yang biasa disebut pegawai honorer di lingkungan kantor badan nasional penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) yang telah merasa terzalimi dengan dikeluarkannya surat sekretaris utama bnp2tki nomor: b. 486/su/x/2019 tanggal 11 oktober 2019 perihal langkah-langkah penataan pegawai di lingkungan bnp2tki baik pns maupun ppnpn, yang intinya dalam surat tersebut adalah pada tahun 2020 ppnpn yang ada di lingkungan bnp2tki ditiadakan.

bapak presiden yang kami hormati, kami selaku ppnpn yang telah mengabdi pada instansi bnp2tki dan telah mencurahkan segenap tenaga dan pikiran untuk kemajuan bnp2tki pada khususnya dan negara republik indonesia pada umumnya merasa keberatan dengan keputusan tersebut. bapak presiden yang kami hormati, perlu bapak ketahui bahwa sebagian besar ppnpn telah mengabdi paling sebentar selama 1 (satu) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun setidaknya selama kurun waktu tersebut telah memberikan sumbangsih terhadap pelindungan pekerja migran dan keluarganya.

bapak presiden yang kami hormati, kami merasa tidak setuju terhadap keputusan yang telah diambil oleh para pemangku kepentingan di bnp2tki dikarenakan dalam surat nomor: b. 486/su/x/2019 sangat bertentangan dengan peraturan pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang dalam pasal 99 ayat (1) menyebutkan pada saat peraturan pemerintah ini mulai berlaku, pegawai non-pns yang bertugas pada instansi pemerintah termasuk pegawai yang bertugas pada lembaga non struktural, instansi pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum/badan layanan umum daerah, lembaga penyiaran publik, dan perguruan tinggi negeri baru berdasarkan peraturan presiden nomor 10 tahun 2016 tentang dosen dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi negeri baru sebelum diundangkannya peraturan pemerintah ini, masih tetap melaksanakan tugas paling lama 5 (lima) tahun. dan pada ayat (2) menyebutkan pegawai non-pns dalam jangka waktu paling lama 5 (lima) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diangkat menjadi pppk apabila memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah ini. atas dasar tersebut, kami berharap bapak dapat mengerti dan membantu kami agartetap dapat bekerja membantu bnp2tki menjadi semakin baik lagi.

bapak presiden yang kami hormati, perlu kami sampaikan bahwa jumlah ppnpn di lingkungan bnp2tki yang akan diberhentikan sebanyak sekitar 813 orang, apabila 1 (satu) orang ppnpn rata-rata menjadi tulang punggung keluarga di rumah sebanyak 3 (tiga) orang, maka jika pada tahun 2020 dilaksanakan penghapusan ppnpn di bnp2tki maka berpotensi sekitar 2.439 jiwa akan kehilangan nafkahnya. bapak presiden yang kami hormati, selain itu usia ppnpn yang telah lama mengabdi pada bnp2tki sudah tidaklah muda lagi sehingga kemungkinan besar akan sulit untuk mencari pekerjaan lain.

bapak presiden yang kami hormati, kami sangatlah mendukung program kerja dan kebijakan bapak untuk itu mohon kiranya bapak dapat terbuka hatinya untuk dapat membantu meringankan beban kami dan apabila tidak dilaksanakan kebijakan yang diambil oleh pemangku kepentingan di bnp2tki maka pengangguran di negara tercinta ini tidak akan bertambah. terlampir surat sekretaris utama bnp2tki surat nomor: b. 486/su/x/2019 tentang langkah-langkah penataan pegawai di lingkungan bnp2tki baik pns maupun ppnpn.

atas perhatian dan perkenan bapak kami sampaikan terima kasih.

wasalamualaikum wr. wb.



hormat kami,


seluruh ppnpn bnp2tki




tembusan disampaikan yth:
1. menteri pan dan rb ri;
2. menteri ketenagakerjaan ri;
3. menteri keuangan ri;
4. plt. kepala bnp2tki;
5. ketua komisi ix dpr ri;
6. ketua komisi asn ri;
7. ketua komnas ham ri.

Kepegawaian | Laporan 1885 kali dilihat