17 Mei 2016, 20:55
Ahmad Fauzi
Website Ditutup oleh Admin

Tracking ID : #1486299

Keluhan Layanan Indiehome

Berikut ini kami sampaikan keluhan terhadap sistem pelayanan jasa sambungan internet oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk melalui layanan Indiehome yang sangat merugikan konsumen.
Adapun masalah ini berakitan dengan penyisipan kode iklan yang di paksakan oleh pihak telkom melauli jaringan internet indiehome agar tampil di browser pengguna. Server iklan telkom melalui http://cfs2.uadexchange.com.
Telkom menyisipkan ads/spam otomatis, tanpa acknowledge dari pengguna-nya, dan hal ini telah :

1. Melanggar hak konsumen (Pasal 4a) dan kewajiban pelaku usaha (Pasal 7d), sesuai UU Perlindungan Konsumen. Konsumen ber-hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.

2. Melanggar kode-etik dan secara potensial melanggar ketentuan dari pengelola laman situs dimana ads/iklan otomatis tersebut ditayangkan.

3. Mengubah behaviour dari laman situs yang dikunjungi pengguna. Tindakan telkom yang secara semena-mena menyisipkan iklan otomatis, pada dasarnya memiliki efek yang sama dengan Cross-site Scripting (XSS). Tindakan ini sebenarnya serupa dengan tindakan para hacker yang dibiarkan. Dan lebih buruk lagi, mereka berpotensi mendapat keuntungan finansial tiap kali junk ads (baca : iklan yang tidak di-inginkan) ini dilihat oleh pengguna yang naif.

4. Sisipan otomatis iklan ini juga menghilangkan nilai estetis dari halaman yang berusaha dibuka oleh pengguna dan membuat lambat loading halaman yang membuat jengkel pengguna.

Kami para developer website , penyedia hosting dan pengguna layanan internet indiehome merasa dirugikan dengan penyisipan ads/iklan tersebut.
Masalah ini telah ada sejak 2013 lalu dan pernah non aktif, namun sekarang sisipan pemaksaan iklan terjadi lagi.
Demikian hal ini kami sampaikan, sekiranya pihak Telkom dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan dan masyarakat dalam berinternet, dan kami tidak lah gratis menggunakan jaringan internet telkom.. kami membayar.


Terima kasih.
-A.Fauzi

Teknologi Informasi dan Komunikasi | Laporan 1957 kali dilihat