7 Mar 2016, 04:04
Anonim
Website Ditutup oleh Admin

Tracking ID : #1435689

Kebijakan Eksklusif PLN

Dengan hormat,
PLN rayon Tanggul Area Jember Distribusi JATIM mengumumkan dan memberlakukan aturan Pasang baru Listrik PLN yang bisa dilayani atau dipasang adalah sbb:
1. Untuk Permohonan listrik keperluan Rumah tangga daya 450 dan 900va pelanggan harus datang sendiri ke PLN dengan membawa KTP dan Kartu tidak mampu (KIS,KPS,KIP,PKH atau SuKet BNP2K).
2. Jarak sambung dari tiang 60m, jarak sambung dari sambungan rumah 35m.
3. Rentetan sambungan kwh meter maksimal sambungan ke calon pelanggan adalah rentetan ke 10.
4. Tidak boleh ada kabel Sambungan rumah yang panjang sebelum kabel sambungan yang akan ke calon pelanggan.
5. Rumah calon pelanggan belum pernah/tidak ber kwh meter/boleh berkwh meter tetapi beda tarif dan benar penggunaannya.
6. Nama pengajuan PB/pemohon/calon pelanggan harus sesuai dengan pemilik rumah, kecuali selain tarif R1/R1t.

Untuk calon pelanggan yang tidak memenuhi salah satu syarat dan ketentuan tsb diatas maka PLN unit tanggul pasti menolak atau merestitusi BP calon pelanggan tsb.

Pln Tanggul memproses dan memasang Pasang baru di travo 93 dsn. lanasan ds. Gelang yang 3 tahun lalu (jamannya menejer ibu Roro Endang) pernah ditolak hangus oleh pln tanggul karena "Jaraksambung panjang-panjang (60m s/d 120m) dan rentetan lebih dari 10 kwhmeter/pasang baru tidak normal"

Bulan februari s/d Maret 2016 ini, Pasang baru di trafo 93 lanasan tsb dan khusus Pasang baru yang diajukan oleh temannya Bpk. Jenit menejer PLN Tanggul (Bpk. Takim) sebagian besar melanggar peraturan PEMERINTAH dan peraturan yang di buat dan diberlakukan oleh pln tanggul sendiri kepada masyarakat seluruh wilayah PLN Tanggul. Berikut pelanggaran Pelayanan dan Peraturan pemerintah yang dilakukan Pln Tanggul:
A. Peraturan Subsidi Listrik Pemerintah
Dengan sengaja mengabaikan persyaratan2 subsidi listrik untuk Pasang baru daya 450va, kami kaget ketika melihat puluhan PK penyambungan trafo 93 lanasan di kantor yanbung tanpa ada fotocopy KPS, KIS, KIP, PKH maupun keterangan BNP2K…waow keren!!! Ini betul2 manager PLN yang gagah berani. Note: Silahkan periksa dengan teliti semua data/copy dokumen/bukti fisik Pasang baru Bulan februari s/d Maret 2016 trafo 93 lanasan ds.Gelang.
B. Peraturan Pelayanan Umum dan Teknik PLN
a. Dengan sengaja mengabaikan Jarak sambung panjang, rentetan lebih dari 10 Kwhmeter dan kabel sambungan lama yang panjang –panjang seperti aturan no. 2,3 dan 4 diatas, khusus trafo 93 dipasang semua. Padahal aturan tsb PLN tanggul sendiri yang mengumumkan dan menerapkan pada masyarakat/calon pelanggan yang lain. Note: Periksa di lokasi, dan PLN sudah dilengkapi tukang survey Pasang baru/PDPJ dan laporan pemasangan dari YANBUNG coba periksa hasil kerjanya kalau hasil laporannya normal-normal saja berarti keduanya sudah DISOGOK. Karena saya sudah lihat sendiri dilapangan sambungan panjang tetap di pasang.
b. Calon pelanggan daya 450va tidak perlu datang ke kantor pln tanggul/seandainya diwakilkan tidak perlu membawa surat kuasa pengurusan dari calon pelanggan, cukup para pengurus/CALO trafo 93 lanasan dan CVnya dengan membawa KTP calon pelanggan saja padahal PB untuk R1t 450va sedangkan calon yang lain bersusah payah datang sendiri ke pln lengkap dengan persyaratannya.
c. CV/Instalatir/Calo yang jadi teman karib Bpk. Menejer diprioritaskan/diistimewakan pelayanan Pasang baru Listriknya (bahkan aturan main diabaikan). Seperti kasus Pasang baru trafo 93 lanasan contohnya, yang di pandang sebenarnya CALOnya bukan masyarakatnya tapi kami yakin dalihnya penyelesaian masalah dan menerangi NUSANTARA. Note: Tanyakan kepada karyawan/outsourcing PLN tanggul dan CV/Instalatir Tanggul

Kami tak habis pikir dan kagum sampai detik ini, kenapa pasang baru di trafo 93 mendapatkan perlakuan yang sangat eksklusif dan istimewa . Sedangkan calon pelanggan yang lain/di luar trafo93 yang tidak memenuhi kriteria “1 s/d 6” tsb diatas ditolak mentah2 dan di restitusi yang sudah bayar BP.
Kekaguman kami akan perlakuan yang sangat eksklusif dan istimewa tsb akhirnya mendorong kami untuk mencari tahu kenapa? Para instalatir beberapa tokoh masyarakat diam2 menelusuri informasi dan datang ke lokasi.

Hasil investivigasi kami ternyata penyebabnya PB di trafo93 mendapatkan perlakuan yang sangat eksklusif dan istimewa adalah:
1. Trafo 93 adalah PB kolektif 3 thn lalu yang pengurus/instalatirnya adalah takim, Bpk. Menejer Jenit dan Takim adalah teman karib/CS sejak dulu ketika jenit masih staff pp di pln tanggul keduanya sudah biasa berbisnis pasang baru yg tidak normal dan pindah2 kwh meter, dan semua tahu pola kerjanya Bpk. jenit dan takim bahkan orang2 PLN pun tahu siapa Bpk. jenit…. Jadi jelas dong kalau pengajuannya takim PB dalam kondisi tidak layak apapun pasti di ACC, dengan berbagai alasan macam2….trafo 93 adalah salah satunya saja, kasus pengajuan PB nya takim tidak normal yang di acc dan nyala banyak. Masuk kantor PLN khusus takim tdk perlu ngisi buku tamu dan menggunakan atribut TAMU.
2. Terkait dengan lokasi trafo 93 lanasan yang banyak pencurian listrik dan pju merkuri liar , bukan berarti cara mengatasi masalah tsb dengan cara memberikan perlakuan istimewa akan Pasang baru hingga MENDOBRAK aturan teknis PLN dan Peraturan pemerintah tentang syarat2 listrik subsidi daya 450va dan 900va. Tetapi cara mengatasinya adalah yang mencuri dikenakan P2TL dan PJU liar di lepas dan di beri tindakan tegas pada para pelaku kalau mengulang lagi. Sedangkan pelanggan yang lain di OPAL/denda.

Pelayanan tsb diatas menunjukkan bahwa:
1. PLN Unit tanggul betul2 merealisasikan “SEMANGAT MENERANGI NUSANTARA” sekalipun menabrak dan mencederai “PLN BERSIH, PLN BEBAS CALO, dan PROGRAM SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN”
2. Tidak ada pelayanan yang seimbang /perlakuan yang sama terhadap masyarakat/calon pelanggan tergantung siapa instalatir/calo nya yang mengajukan Pasang baru.
3. Tidak ada tanggung jawab dan beban moral sedikitpun kepada masyarakat, pemerintah, dan calon pelanggan yang telah ditolak/direstitusi sehingga berani meloloskan/memasang PB yang seharusnya ditolak/direstitusi. Kalau satu calon pelanggan tidak cukup syarat ditolak yang lain seharusnya ditolak demikian pula sebaliknya.

Kami sudah laporkan ke PLN distribusi JATIM tapi tidak ada perubahan dan PELAYANAN seperti tsb diatas masih tetap lanjut dan lancar sampai sekarang.

Mohon segera di periksa/ditindak lanjuti perkara ini agar PELAYANAN PLN menjadi lebih baik sesuai dengan VISI MISInya, MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH dan agar tidak terjadi manipulasi dokumen syarat2 PB subsidi daya 450va dan 900va dan silahkan kunjungi lokasi PB di trafo 93 lanasan Pasang Baru bulan pebruari ini agar tahu langsung kondisi tehnik dan keadaan rumah/ekonomi yang di Pasang baru listrik subsidi bulan ini di trafo 93 dsn. Lanasan Ds. Gelang.
Demikian pemberitahuan dan keberatan ini, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
(Masyarakat Tanggul, Para Instalatir dan Calon pelanggan yang di tolak/restitusi)

Pelayanan Masyarakat | Laporan 2310 kali dilihat