21 Mar 2018, 10:08
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Tracking ID : #1953073

Aduan Jam Kerja Karyawan

Adik saya merupakan karyawan dari PT Permodalan Nasional Madani (persero) Mekar, cabang Kota Makassar . Saya ingin melaporkan atas ketidakpuasan saya terhadap jam kerja di PT. PNM yang katanya BUMN ini. Dalam perjanjian kerja yang tertera dalam ol yang ditandatangani, disebutkan bahwa "jam kerja PNM adalah jam 8-16 untuk hari Senin-Jumat, dan jam 8-14 untuk hari Sabtu". Memahami hal tersebut, saya tidak keberatan dengan jam kerja yang standar dengan gaji yang hanya sebatas UMR plus serta benefit asuransi, bpjs dan uang transport. Tapi tetap, tidak lebih dari Rp 2.500.000-.
Akan tetapi, kenyataan di lapangan tidak sesuai . Untuk hari senin-jumat masuk kerja jam 8, tetapi jangankan pukul 4 dapat pulang kantor, rata2 adik saya pulang pukul 8 malam, belum lagi ada jadwal piket untuk menjaga kantor yang mengharuskan karyawan menginap dikantor dan itu tanpa gaji/Upah.
Setiap hari pulang malam Tak apa bila itu hanya terjadi di akhir bulan, yang biasanya memang umum terjadi, tapi itu hampir setiap hari terjadi , juga tidak ada uang lembur.
Mengingat "undang no.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, khususnya pasal 77 sampai dengan pasal 85. Pasal 77 ayat 1, undang-undang no.13/2003 mewajibkan setiap pengusaha/perusahaan untuk melaksanakan ketentuan jam kerja. Ketentuan jam kerja ini telah diatur dalam 2 sistem seperti yang telas disebutkan diatas yaitu:
ø 7 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau
ø 8 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu. "

Dengan adanya uu tersebut, apakah hanya berlaku untuk perusahaan swasta saja? BUMN apakah boleh melanggar uu tersebut? PT PNM (Persero) sebagai BUMN harusnya bisa lebih memperhatikan kesejahteraan dan kenyamanan pekerjanya.
Tolong ditindak lanjuti pihak terkait..ada ribuan pekerja yang di Zholimi oleh Perusahaan2 baik Perusahaan Swasta dan BUMN terkait jam kerja dan hak karyawan. tolong Kementerian Tenaga Kerja Lebih mengawasi tata kelola ketenaga kerjaan..Harap Tidak Menutup mata. Mohon segera ditindaklanjuti.

Ketenagakerjaan | Laporan 2502 kali dilihat