Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal

Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat 0213843222 ppid@kemendagri.go.id
15 jam yang lalu
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 10 hari

Dengan hormat,

saya mau bertanya dan minta solusi terkait nik ganda yang dialami istri saya, dengan kronologi sebagai berikut:
1. istri saya pernah tinggal di batam dan memiliki ktp-el batam.
2. istri saya pindah ke kab. bogor dan sudah mengurus surat pidah dari batam.
3. ketika mengurs ktp di kab. bogor, data ktp-el batam tidak ditemukan oleh disdukcapil kab. bogor, sehingga dilakukan perekaman data ulang dan diterbitkan nik yang baru.
4. setelah menikah istri saya pindah ke kab. agam, sumatera barat dan sudah mengurus surat pidah dari kab. bogor.
5. ketika mengurus ktp di kab. agam, terdekteksi nik ganda, yaitu nik batam dan nik kab. bogor. disdukcapil agam mengatakan kalau disdukcapil pusat sedang melakukan pemutakhiran database kependudukan, untuk yang terdeteksi nik ganda maka nik yang dipakai adalah nik yang pertama diterbitkan, dalam hal ini nik batam.
6. disdukcapil agam tidak bisa menerbitkan ktp untuk istri saya, dan meminta untuk mengurus pencabutan data (mungkin maksud nya mengurus surat pidah) di disdukcapil batam untuk kemudian dimasukan ke kk kami dan baru bisa diterbitkan ktp untuk istri saya.

nik yang diterbitkan kota batam : 2171026010*****
nik yang diterbitkan kab. bogor : 3201036010****** (menurut disdukcapil agam nik ini sudah terhapus).

permasalahan sekarang adalah untuk pengurusan di disdukcapil batam sendiri. kami tidak memiliki waktu, dan terlebih keuangan yang memadai untuk akomodasi pengurusan masalah ini ke disdukcapil batam, yang juga tidak ada jaminan bisa selesai dalam sekali keberangkatan. padahal istri saya sudah mengurus surat pindah dari batam, namun disdukcapil kab. bogor malah menerbitkan nik baru yang berimplikasi nik ganda dan istri saya tidak bisa mengurus ktp dan ini sangat menyulitkan untuk urusan-urusan administratif lain nya.
secara prosedural tidak ada yang kami langgar, semua tahap sudah kami lewati, ketika pindah juga sudah mengurus surat pindah tapi malah dapat masalah seperti ini, yang disebabkan bukan karena kelalaian kami.

hal lain yang kemudian jadi pertanyaan bagi saya, jika nik yg dipakai adalah nik batam, bagaimana dengan data nik yang ada di dokumen-dokumen lain, semisal surat nikah, bpjs, dll yang diterbitkan menggunakan nik kab. bogor (yang menurut disdukcapil agam data ini sudah dihapuskan). apakah kami juga harus melakukan pemutakhiran data dokumen-dokumen tersebut? jika iya maka itu akan sangat menyulitkan bagi kami yang bukan disebabkan oleh kelalaian kami dalam pengurusan dokumen.

mohon solusi terkait permasalahan kami ini. sekali lagi nik ganda ini terjadi bukan karena kelalaian kami, karena ketika pindah dari batam kami sudah mengurus surat pindah, dan sekarang harus mengurus surat pindah lagi ke disdukcapil batam, yang mana biaya untuk ke batam tidak sedikit dan juga memakan waktu.

terima kasih.
salam

17 jam yang lalu
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 10 hari

Kepada yth.
kepala dinas pendudukan dan pencatatan sipil binjai

pak kadis, izin bertanya pak.
apakah blanko e-ktp saat ini sudah ada pak?

#sahabatlapor!

19 jam yang lalu
Yulianti
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 10 hari

Mohon maaf ini ada apa ya dengan nik saya masih belum terdaftar di dukscapil , padahal saya udah 3 kali lapor kesana tapi masih belum bisa juga , jadi apapun yg berhubungan dengan nik saya jadi susah misanya membuat rekening bank, membuat npwp , sangat sulit sekali mohon ditindak lanjuti baiknya gimana ?

19 jam yang lalu
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Kepada disdukcapil.
mohon agar di-update kembali aplikasi https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/ karena data saya dianggap belum menjadi kepala keluarga.
terima kasih.

20 jam yang lalu
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Berapa tarif pengurusan dokumen kependudukan di kantor capil? apakah ada peraturan yang mengaturnya?

22 jam yang lalu
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Saya mau melaporkan lambatnya pelayanan untuk mengurus kk dan ktp di kecamatan juwana kabupaten pati jawatengah !
saya mengurus kk dan ktp sudah 2 bulan lebih tapi belum jadi

22 jam yang lalu
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Pelayanan disdukcapil kota jambi lambat. suka memperlambat penerbitan kk ktp. kalo di kasih uang baru cepat prosesnya

Kemarin, 09:38
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Mau nanya.

saya sebelumnya lahir dan besar di cempaka putih, kk, ktp dan surat2 lain saya berdomisili di cempaka putih. berhubung 1 keluarga saya pindah keluar negeri (kecuali saya) dan rumah di cempaka putih saya dijual, dan akhirnya saya sekarang sewa apartemen di kemayoran. tapi kk, ktp dan surat2 lain saya masih berdomisili di cempaka putih (dengan ijin dari pemilik barunya).

baru2 ini saya menikah dan saya skg mau bikin ktp & kk baru dengan istri saya, tapi kemarin saya nanya ke pak rt di daerah kemayoran, kalau penyewa tidak boleh bikin kk & ktp di daerah kemayoran. saya sudah di apartemen ini selama 10 tahun dan belum ada rencana pindah. saya tidak memiliki property apapun kecuali sewa di apartemen ini.

boleh minta sarannya pak/bu?

terima kasih.

Kemarin, 09:26
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 10 hari

Pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil jakarta timur tidak tersedia blanko untuk pencetakan ktp. sudah banyak warga sekitar mengeluhkan akan hal ini.

Kemarin, 08:27
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Saya mengajukan skpwni di rt, rw, kelurahan gading (surabaya) dan saya mengapresiasi kecepatan dalam melayani masyarakat.
tetapi ketika sampai di kecamatan tambaksari, petugasnya meminta tambahan dokumen yaitu akte kelahiran ayah, akte kelahiran ibu, surat nikah ayah ibu, surat nikah saya. saya tidak masalah untuk permintaan dokumen ini , tapi saya dijanjikan selesai dalam waktu 10 hari sampai 2 minggu. ketika saya tanya kok lama sekali, karena saya dikejar waktu skpwni suami saya yang di tangerang sudah jadi bisa expired (padahal kami mau pindah kk bersama), petugas hanya menjawab kok mau yang cepat-cepat. saya sangat kecewa dengan pelayanan di kecamatan tambaksari. sebelumnya saya juga pernah meminta e-ktp dan tidak mau dicarikan dengan melempar2 saya ke kelurahan, capil dll. akhirnya saya telpon ombusman di depan mereka dan mereka takut dilaporkan, sehingga saya dilayani dalam waktu 1 jam e-ktp saya diserahkan kepada saya langsung. tapi hal ini terjadi lagi sekarang ketika saya mengurus skpwni di kecamatan gading (surabaya). sungguh bukan perbuatan yang mulia pelayan rakyat yang makan gaji dari pajak yang rakyat setorkan, tetapi seperti ini perbuatan mereka. semoga tuhan dan atasan capil dan bu risma bisa memberikan ganjaran yang setimpal dan mereka disadarkan bahwa perbuatan mereka yang tercela dan tidak akan membuat negara ini bisa maju.

DIIKUTI OLEH