PT Pos Indonesia

Minggu, 18:43
Dwi
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 2 hari

Pengiriman ke luar negeri dengan pos indonesia sangatlah tidak aman dan lama.
saya waktu itu mengirim dari pos indonesia cabang surabaya kampus unair.
saya sudah minta berkali2 ke petugasnya untuk menempelkan stiker fragile pada paket saya. mereka menyanggupi permintaan saya tetapi hal tsb tidak dilakukan dan akhirnya paket diterima dalam kondisi rusak

bisa dilihat bukti foto dari penerima. dokumennya hancur total. saya sudah packing sedemikian rupa dengan tube & kardus tetapi krn kelalaian petugas pos indonesia paket nya sampai dgn kondisi spt ini. saya pdhl sudah tekankan berkali2 utk menempelkan stiker fragile ke paket krn dokumen tdk boleh rusak tetapi hal tsb tdk dilakukan saat saya dtg ke kantor pos mulyorejo juga tdk ada pelanggan lain hanya saya saja. masa 2 petugas melayani 1 customer saja tdk bs dilakukan dengan benar. sudah tau kirim ke luar negeri biayanya sangat mahal kenapa kerja asal2an. saya mau ganti rugi penuh ongkirnya

nomor resi paket nya rr048862367id

penerima sudah komplain dari 4 februari lalu dengan jasa kirim di wilayah mereka, royal mail. jangan beralasan masih dibutuhkan bukti ini itu. semua bukti sudah saya sertakan di bawah termasuk bukti penerima komplain dengan royal mail
tolong segera ditindak sudah berkali2 saya bikin laporan tidak ada tindakan sama sekali.
saya sudah kontak ke kantor pos pusat pos indonesia di surabaya belum juga ada kemajuan sampai sekarang. sudah hampir sebulan ini. kinerja sangat mengecewakan

respon jangan asal copy paste template saja, harus berapa kali saya bikin laporan baru lagi? pos indonesia tidak pernah memberikan respon setelah saya balas. parah sekali

Minggu, 16:36
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 2 hari

Biaya pelalubeaan yang dikenakan oleh pt pos indonesia sebesar rp 20.000,- terhadap setiap barang import yang telah melalui pemeriksaan bea cukai sangat tidak adil, khususnya untuk barang dengan nilai/harga sangat kecil. soalnya banyak kasus import barang dari belanja online yang sangat murah sekitar us $ 1 atau bahkan free (contoh dari ali express) juga dikenakan biaya.
ketika pos ditanya kenapa dikenakan biaya pelalubeaan, jawabannya karena sudah diperiksa oleh bea cukai. jadi memang peraturan yang sudah dikeluarkan oleh pt pos yang rancu. mohon peraturan tersebut diralat dengan mempertimbangkan juga nilai pembelian barang (harga). misal, masak hanya karena sudah melalui proses pemeriksaan bea cukai, barang senilai us $1 dikenakan biaya rp20.000,- ?

Minggu, 00:23
Prehono Bs
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 2 hari

Saya mendapat paket dengan no resi lp158449541sg. Paket saya berisi home decoration dengan harga sekitar 3$. Paket saya sudah berada di jakarta mpc idjktc 2020-02-08 09:47 arrival at inward oe.saya sudah beberapa kali menanyakan kepada halo pos indonesia tetapi sampai saat ini belum ada kelanjutan prosesnya.mohon segera ditindaklanjuti proses pengiriman barang saya.

Jumat, 12:47
Ris Widj
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 1 hari

Halo lapor.go.id & pos indonesia,

Paket : ua921102150us

Saya membuat laporan ini yang ke empat kali nya disini (lapor.go.id) dan semua laporan saya tidak ada yang ditindak lanjutkan ataupun diberikan jawaban. Saya ingin minta mohon untuk bantuannya sekali lagi semoga pos indonesia dapat memberikan lokasi terhadap paket saya yang di kirim dari amerika sejak tgl 16 desember dan sudah sampai di jakarta sejak tgl 23 desember 2019. Namun per hari ini 14/2/2020, paket belum juga di terima (2 bulan sudah berlalu). Saya juga sudah ke kantor pos lapangan banteng dua kali yang mengatakan
Paket tidak bisa dilacak dan hanya bisa ditunggu, sekarang sudah 1 dan 1/2 bulan berlalu sejak saya ke kantor pos.
Mohon pos indonesia, saya minta tolong atas bantuannya karena saya tidak tahu apa lagi yang harus saya lakukan untuk menemukan paket saya. Terima kasih banyak lapor & pos indonesia atas ketersediaannya untuk membantu.

11 Feb, 18:47
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 1 hari

Paket saya dengan nomor resi lp158866437sg mohon segera di proses. sudah sejak tgl 10 tertahan di spp jakarta. mohon keefektivitasan dari pos indonesia

11 Feb, 12:11
Ris Widj
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Mohon bantuan informasi keberadaan paket yang dikirim dengan usps dengan nomor tracking ua921102150us telah sampai di jakarta 23 desember 2019 (1 bulan 1/2 yg lalu), sampai saat ini belum ada proses lebih lanjut. atas bantuan team lapor, pt. pos dan jajarannya. saya ucapkan terimakasih.

10 Feb, 08:03
Anonim
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Dear, PT. Pos indonesia

Saya termasuk pelanggan setia kantor pos. Baik untuk masalah pembayaran kehidupan sehari-hari sampai pengiriman paket dan surat. Meskipun terkadang adanya kendala terlambat dari yang dijanjikan, saya tidak pernah berpaling. Saya termasuk orang yang kerjanya berpindah-pindah. Selama ini, pengiriman surat dan paket saya tidak pernah ada masalah. Akan tetapi, saya rasa harus melaporkan hal ini demi nama baik pt. Pos indonesia. Saya sudah berusaha melaporkan secara langsung ke kantor pos palembang, namun nomor teleponnya tidak pernah diangkat. Entah sudah berapa kali saya menelpon. Teruntuk pimpinan dan yang berwenang; ada baiknya anda main-main ke kantor cabang anda di sirah pulau padang. Sudah dua kali saya menerima kiriman paket, tapi tidak pernah diantar. Hanya ditelpon dengan kalimat ketus dan terkesan sangat arogan dari petugasnya sebagai berikut: "halo, bapak xxx, paketmu sudah sampe di kantor, ambekla yo."
Lalu telepon dimatikan. Alhasil, saya sendiri yang harus mengambil ke kantor pos sana. Jika memang karyawan tersebut sibuk, saya tidak masalah. Sesampainya di kantor pos, saya lihat pegawainya hanya duduk-duduk sembari memainkan hp. Bukan hanya saya, ada beberapa orang juga yang mengambil paket. Dapat saya simpulkan, semuanya tidak diantar. Lalu, apakah kami harus menambah bea untuk kiriman kami agar diantar? Satu lagi, saya termasuk orang yang agak jeli dan penasaran. Pegawai tersebut beberapa kali saya lihat duduk-duduk nongkrong di warung dan bercengkrama dengan orang-orang sekitar. Sementara rekannya yang satu lagi terlihat amat sibuk melayani. Saya pun penasaran dan bertanya-tanya pada warga sekitar, jawaban mereka sungguh mengagetkan saya. Pegawai tersebut bernama gunawan. Dengan gaya yang angkuh, warga berkata kalau beliau sepertinya kepala kantor dari cabang sirah pulau padang itu. Lantas siapa pegawai yang mengantar surat dan paket? Beberapa perangkat desa pun mengakui kalau koran desa tidak pernah sampai ke tangan mereka, sementara desa-desa lain di luar sirah pulau padang selalu dapat meski terlambat.

Sudah saatnya pt. Pos indonesia berbenah diri. Ribuan orang ingin bergabung dengan perusahaan kalian, mengapa kalian malah menerima pegawai yang seperti gunawan ini? Apakah memang dia punya kuasa besar di pt. Pos? Besar harapan saya agar laporan ini ditindak lanjuti. Sebagai pelanggan setia, saya masih ingin memakai jasa kalian. Namun jika seperti ini, bukan tidak mungkin saya akan berpaling pada jasa titip lain.

7 Feb, 18:16
Andika Adipura
Website Ditutup oleh Pelapor

Pada tanggal 30 januari saya mengirimkan paket / barang ke kantor pos kota bojonegoro dengan sistem cod tujuan kec.balongpanggang kab.gresik,
mendapatkan nomor barcode/resi 17622032218
dan di terima oleh pemesan pada tanggal 31 januari,
namun hingga sekarang saya membuat laporan ini (7 februari) dana tidak kunjung cair ke rekening pos giro saya,
saya sudah 2x datang ke kantor pos bojonegoro untuk menanyakan dan selalu di jawab "mohon tunggu" oleh customer servicenya,
mohon ditanggapi dan ditindaklanjuti, terima kasih

7 Feb, 13:13
Anonim
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Saya mengalami kerusakan barang saat dikirim lewat pos indonesia pada 27 juli 2019 dan sudah mengirimkan sampai tujuh kali surat pembaca di ruang publik terkait masalah ini, yaitu:

https://www.pikiran-rakyat.com/surat-pembaca/2019/10/25/barang-kiriman-rusak-pos-indonesia-enggan-bertanggung-jawab

https://mediakonsumen.com/2019/11/30/keluhan/abaikan-aturan-yang-dibuat-sendiri-pos-indonesia-sangat-mengecewakan/

https://m.detik.com/news/suara-pembaca/d-4825129/paket-rusak-kecewa-solusi-dari-kantor-pos-sumenep

https://www.lapor.go.id/laporan/detil/pengaduan-pelayanan-klaim-barang-kiriman-rusak

https://mediakonsumen.com/2020/01/22/surat-pembaca/6-bulan-lebih-tagih-klaim-barang-rusak-peraturan-pos-indonesia-tiba-tiba-berubah/

https://www.lapor.go.id/laporan/detil/keluhan-kerusakan-barang

https://www.lapor.go.id/laporan/detil/paket-pos-indonesia-belum-sampai-83

namun sudah lebih dari setengah tahun berlalu dan pihak pos indonesia sepertinya masih keukeuh belum bersedia membayarkan ganti rugi ongkos kirim sesuai dengan peraturan yang beredar luas yaitu "kd.65/dirut/0812 perihal jaminan ganti rugi surat dan paket dalam negeri", justru mengganti peraturannya, sampai beberapa kali pula, tanpa publikasi atau pemberitahuan sebelumnya. pos indonesia juga menyampaikan bahwa paket saya "hilang hak ganti rugi" dan sudah tandatangan acc maka seharusnya menerima resikonya. mereka juga menyatakan bahwa delegasi mereka sudah berkunjung ke rumah dan masalahnya dianggap selesai. namun saya tidak setuju dengan klaim-klaim tersebut. berikut ini penjelasannya:

1. mengenai dengan "hilang hak ganti rugi" di salah satu paket karena katanya isi paket saya tidak sesuai, maka disini saya jelaskan bahwa dalam paketnya terdapat banyak barang dan memang salah satunya adalah tupperware. apa perlu suatu hari nanti saya berikan list semua barang yang ada di dalam dus? yang ada sistem pos indonesia nanti bisa jadi kesulitan menginputnya.
saya sama sekali tidak berbohong terhadap isi dari paket tersebut. dan karena ada resiko tupperware-nya penyok, maka saya minta agar diberi label “fragile” dan itu tidak dilakukan oleh petugas pos indonesia sehingga ada barang yang rusak. jadi kalau paket saya sampai dinyatakan "hilang hak ganti rugi", saya berpendapat bahwa kesalahannya terletak pada petugas pos indonesia yang sudah lalai memberikan label "fragile".

2. pos indonesia menyatakan bahwa karena saya sudah tandatangan acc di salah satu paket jadi semestinya resiko paket rusak harus saya terima. tapi yang menyebabkan kerusakan barang saya adalah karyawan pos indonesia yang lupa memberikan label “fragile” pada barang pecah-belah meski sudah diingatkan sebelumnya, dan dia juga sudah tahu bahwa isinya adalah rice cooker, jadi kenapa tidak memberikan label “fragile”? jika ada label "fragile"-nya, maka tidak masalah jika barangnya rusak, tapi mana labelnya? saya beranggapan kelalaian pos indonesialah yang menyebabkan kerusakan ini sementara saya sudah melakukan semua kewajiban saya sebagai konsumen termasuk membeli asuransi dan mengingatkan agar barang saya diberi label "fragile" sebelum dikirim. jadi klaim bahwa "saya harus menerima resiko karena tandatangan acc" itu semestinya tidak berlaku karena pos indonesia tidak menjalankan tugasnya sesuai perjanjian yaitu memberikan label "fragile". jika memang pos indonesia tidak bersedia memberikan label "fragile" sejak awal maka saya tidak akan pernah mengirimkan barang pecah-belah seperti itu lewat jasa pos indonesia.

3. terkait kunjungan pos indonesia ke rumah, yang kemudian seolah-olah menyatakan bahwa kasus ini sudah selesai, perlu dijelaskan bahwa kunjungan tersebut terjadi sebelum saya menyadari bahwa seharusnya bukan hanya ganti rugi barang saja yang didapatkan tapi ganti rugi ongkir juga karena sudah membeli asuransi. saat itu sepertinya semua sudah beres dan dengan itikad baik, saya bahkan bersedia untuk berfoto bersama. tapi setelah dicek, ternyata ganti rugi ongkos kirim yang seharusnya jadi hak saya berdasarkan peraturan yang beredar luas ternyata belum diberikan. saya sudah coba tanyakan baik-baik pada petugas pos sumenep yang kebetulan datang, tapi tak pernah ada kabar. menanyakan di twitter juga percuma saja. jadi meskipun sudah ada kunjungan, saya masih menyatakan kasus ini belum selesai!

perlu diketahui bahwa menyangkut dengan poin kesatu dan kedua, saya masih memiliki bukti video bahwa saat kedua barang itu datang, tidak ada label "fragile"-nya, jadi apabila ada kerusakan, maka menurut saya semestinya itu adalah tanggungjawab pos indonesia.
kemudian, pos indonesia menyatakan bahwa saya tidak mau memahami penjelasan mereka namun bagaimana saya bisa paham jika ada banyak keanehan dalam penjelasan tersebut?

1. salah satu karyawan pos indonesia menyatakan bahwa peraturan "kd.65/dirut/0812 perihal jaminan ganti rugi surat dan paket dalam negeri" sudah kadaluarsa dan digantikan oleh "kd terbaru nomor 094/dir-05/0919". namun setelah dikritik bahwa peraturan yang ditengarai terbit pada september 2019 itu bisa jadi tidak mencakup kasus ini yang dilaporkan pada agustus 2019, maka tiba-tiba pihak lain menyatakan bahwa peraturannya berubah menjadi "kd.112/dir-5/1118 perihal jaminan ganti rugi kurir dan logistik dalam negeri". saat ditanya kenapa berubah-ubah penomorannya, lantas kedua peraturan itu dinyatakan sebagai pelengkap satu sama lain. kenapa bisa simpang-siur begini?

2. dua "peraturan pengganti" itu belum terindeks internet meski tampaknya peraturan yang kedua sudah terbit sejak november 2018. pos indonesia berdalih bahwa peraturan mereka tak harus diunggah ke internet, tapi apa mereka lupa bahwa peraturan itu juga menyangkut hak-hak konsumen sehingga semestinya go public? apa konsumen tidak boleh tahu seperti apa haknya dalam pengiriman jasa pos indonesia? aneh sekali peraturan pemerintah yang terkait dengan hak masyarakat luas belum dipublikasi selama setahun lebih. padahal undang-undang no. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik terlebih yang memengaruhi hajat hidup orang banyak.

3. ada skripsi/jurnal hukum tentang pos indonesia dari sebuah universitas di mataram yang disinyalir terbit pada april 2019 yang masih memakai peraturan lama yaitu "kd.65/dirut/0812 perihal jaminan ganti rugi surat dan paket dalam negeri" yang katanya sudah kadaluarsa itu. padahal jurnal resmi semestinya hanya menggunakan peraturan terbaru, jadi kenapa peraturan yang katanya terbit pada november 2018 itu belum dijadikan referensi? sangat aneh.

4. ada laman website pos indonesia yang sebelumnya memuat bahwa kiriman internasional mendapat ganti rugi ongkos kirim namun saat diekspos, tiba-tiba link itu tidak bisa dibuka dan ketika dicek lagi, mendadak ada tambahan informasi bahwa ganti rugi tidak berlaku bagi pelanggan yang barangnya rusak sebagian (seperti barang saya). kenapa harus ada perubahan begini?

itulah beberapa alasan kenapa saya merasa sulit untuk menerima alasan pos indonesia perihal perubahan peraturan yang menyebabkan tidak adanya ganti rugi ongkir. bukannya tidak mau memahami, namun saya menyayangkan tidak adanya alasan yang lebih masuk akal padahal saya yakin ada begitu banyak ahli yang handal di pos indonesia. tidak semua orang bisa begitu saja mempercayai pernyataan dari suatu pihak terlebih jika hal itu dirasa kurang logis. oleh karena itu, saya merasa lebih nyaman jika penanganan kasus saya menggunakan "kd.65/dirut/0812 perihal jaminan ganti rugi surat dan paket dalam negeri" yang sudah tersebar luas di masyarakat.
sebelum saya menerima ganti rugi ongkos kirim tersebut, saya tidak akan pernah menganggap masalah ini selesai. saya juga akan terus melakukan sosialisasi terhadap kasus ini di semua jenis media yang saya ketahui dan melakukan blacklist terhadap semua jenis layanan dan produk pos indonesia, termasuk tidak merekomendasikannya untuk semua kenalan dan kerabat saya. saya harap siapa saja yang menyempatkan diri membaca komplain ini agar jauh lebih berhati-hati sebelum menggunakan jasa pos indonesia karena bisa saja hal serupa juga terjadi pada anda. saya saja yang sudah menjadi pelanggan setia pos indonesia selama 6,5 tahun diperlakukan seperti ini, bagaimana lagi yang lainnya. belum pernah saya kecewa sampai seperti ini pada layanan publik bumn di indonesia. mungkin memang sebaiknya menggunakan layanan swasta saja karena terbukti komplainnya ditanggapi dengan lebih baik dan tidak pernah berlarut-larut apalagi sampai setengah tahun lebih seperti ini dengan begitu banyak surat pembaca (yang kebanyakan tanpa tanggapan). sangat amat mengecewakan!

5 Feb, 17:00
Anonim
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

No resi lp157644059sg

Status
2020-02-01 - 09:29 cetak invoice / arrival at collection point for pick-up ( edh )
Mpcjakarta

DIIKUTI OLEH