PT PLN (Persero)

14 Jan 2019, 13:00
Walid Ibnu Rusdi
Android Ditanggapi oleh Pelapor

Di perumahan kami telah ada 19 rumah yg telah memasang KWH Meter PLN (menjadi pelanggan listrik PLN), namun tidak ada satupun tiang listrik, sehingga sambungan kabel hanya dilakukan dari rumah ke rumah (seri banyak). Akibat dari sambungan seri banyak ini, sering terjadi gangguan listrik di perumahan kami (listrik sering padam bahkan disertai ledakan dan kepulan asap pada sambungan kabel di atas salah satu rumah warga). Kejadian terakhir pada tanggal 25 Desember 2018. Kami telah membuat pengaduan resmi ke kantor PLN rayon setempat, namun hingga saat ini (sudah lama sekali) tidak ada tindak lanjut sama sekali. Bahkan, satupun petugas PLN tidak pernah datang meninjau. Kami hanya dijanji dan dijanji, diminta menunggu dan menunggu. Kami mohon bantuannya. Terima Kasih.

Berikut identitas kami :
Nama : Abdul Walid
Alamat : Perumahan Sultan Amir - Bontoala - Kec. Pallangga - Kab. Gowa - Sulawesi Selatan.
No. Telp : 08114485227
ID METER PLN : 14312600308

1 Okt 2017, 21:48
Anonim
Android Ditanggapi oleh Pelapor

assalamualaikum kepada bapak/ ibu yang terhormat

saya mau melaporkan dengan tagihan listrik saya pak.karna mengalami pembengkakan yang tidak wajar,dan pencabutan subsidi listrik sepihak tanpa ada kordinasi kepada keluarga saya.saya bukan orang beruang pak,buk.mohon untuk bantuan dan penjelazan titik terangnya
awal saya membayar tagihan listrik kurang lebih Rp.100.000 dan sekarang mengalami pembengkakan menjadi Rp.1.778.300...atau bisa cek.atas nama:puji wulandari IDPEL:516090475633
mohon bantuanya pak kami butuh pandangannya pak kami hidup serba pas-pasan dengan adanya pembengkakan seperti ini membuat kami menjadi susah.karna kmi juga merawat orang tuwa yang sakit sejak lama.....
kmi mohon untuk bantuan secepatnya kepada bapak/ibu.
trima kasih bapak atau ibu di tempak
assalamualaikum wr.wb

13 Sep 2017, 15:02
Andrie Triyono
Website Ditanggapi oleh Pelapor


Saya ingin melaporkan perihal pelayanan PLN yang 'sedikit' mengecewakan, kronologinya sebagai berikut :
1. Sekitar awal bulan juni 2017 terjadi gangguan di KWH Meter saya dengan nomor 22125322184 a/n. Andrie T, dimana ada beberapa tombol yang tidak berfungsi kemudian saya menghubungi pihak PLN untuk melakukan penggantian KWH Meter tersebut.

2. Pada tanggal 6 Juni 2017 dilakukan penggantian KWH Meter oleh petugas PLN dengan nomor KWH Meter yang baru 56701283477, masalah timbul pada saat saya ingin melakukan pengisian token ke KWH Meter yang baru dengan token yg saya beli untuk nomor KWH Meter yang lama. (karena saya masih memiliki token listrik yang belum terpakai di nomor KWH Meter yang lama). Nomor token tersebut yaitu 1697 2866 8336 4932 4752 dan 4733 7015 3228 1023 8966. Kenapa belum terpakai?? karena saya baru mengetahui KWH Meter saya rusak saat akan melakukan pengisian token dan saat itu saya sudah membeli 2 token seharga 200rb dan 100rb.

3. Di tanggal yang sama pada sekitar jam 19.00 saya mengirimkan surat permohonan untuk dapat mengkonversi token saya ke nomor KWH Meter yang baru sehingga bisa digunakan.

4. Tanggal 7 Juni terdapat email balasan dari staf contact center PLN bernama Harry yang menanyakan beberapa data yang diperlukan untuk memproses masalah tersebut. (screenshot email terlampir)

5.Kemudian saya memberikan data-data yang diperlukan melalui email beberapa jam kemudian.

6. Dan tidak lama dibalas oleh staf contact center bernama Hesty yang menginformasikan bahwa laporan sudah diproses dengan no. pengaduan K5417060701367.

7. Pada tgl. 10 Juni 2017 karena sudah beberapa hari tidak ada kabar saya kembali mengontak PLN melalui email.

8. Yang kemudian dibalas oleh staf contact center PLN bernama Debora, diberikan informasi bahwa Laporan perihal tersebut telah ditindak lanjuti kembali ke unit terkait untuk segera ditangani oleh petugas.

9. Terus saya melakukan komunikasi dengan contact center PLN melalui email sebanyak 8 kali yang semuanya sudah saya sertakan di lampiran.

10. Jawaban yang diberikan selalu sama dan terkesan klise yaitu "laporan telah kami koordinasikan kembali ke area pelayanan PLN setempat".

11. Email terakhir saya tertanggal 21 Juni 2017 dengan memohon yang teramat sangat agar dapat segera diproses tetapi jawaban yang saya dapatkan tetap sama yang berisi kalimat-kalimat klise tanpa ada kejelasan.

12. Beberapa bulan saya diamkan tetapi tidak juga ada jawaban ataupun progress perkembangan dari pengaduan saya ini, saya mencoba untuk melakukan kontak PLN ke nomor 123 pada hari ini tanggal 13 September 2017, tetapi jawaban yang saya terima masih SANGAAT2 SAMA dengan yang di email, terlebih contact center yang menerima keluhan saya sedikit tidak ramah setelah saya agak melakukan penekanan untuk kejelasan pengaduan saya ini apakah bisa diproses atau tidak, dengan santainya dia hanya menjawab lagi-lagi dengan kata-kata klise, akan kami proses akan kami usahakan secepatnya, akan kami tindaklanjuti segera....tapi pasti yang saya yakin akan sama pada akhirnya tidak akan ada solusi sama sekali.

Apakah perusahaan sebesar PLN untuk melakukan konversi token dari KWH Meter lama ke KWH Meter baru membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun??, padahal yang berubah hanya nomor KWH Meter nya dengan nomor ID PLN yang tetap.

1 Sep 2017, 18:26
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

KELUHAN PEYANAN PETUGAS PLN

Kepada. Pimpinan PT. PLN (Persero) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN

Dengah Hormat;
Bersama surat ini saya ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan dan ganguan TEGANGAN LISTRIK YANG SELALU DROP pada umumnya konsumen memakai peralatan yang memerlukan tegangan tertentu maka peralatan tersebut tidak dapat bekerja secara maximal jika tegangan listriknya hanya 160 Volt dan di khawatirkan akan merusak peralatan elektronik. Tempat tinggal saya, yaitu Kp. Pulo Kiong RT 14 RW 06 Desa. Baros Kec. Baros Kabupaten Serang Banten
Dengan No. Pelanggan 539110247430
Berikut dibawah ini laporan yang sudah saya sampaikan melalui Call Center PLN 022 123
1. Pada Tanggal, 12/06/2017 7.29PM Diterima Oleh DEWA saya melaporkan tegangan listrik yang tidak stabil pada rumah yang saya tempati dengan No. Pengaduan C0RPA6S. Terukur tegangan saat itu 160 Volt.
Penanganan atau solusi yang dilakukan oleh petugas PLN adalah dicarikan kabel dari tiang listrik yang memiliki tegangan lebih tinggi dan mendapat tegangan terukur 170 Volt. Menurut petugas lapagan PLN “170 Volt diarea ini sudah maximal pak, disini memang tegangannya selalu drop karena gardunya jauh dan sudah terlalu bayak pemakaian. Seharusnya tegangan standard + 10% dari 220 Volt dan Minimal – 5 % dari 220 Volt”

2. Pada Tanggal, 28/06/2017 4.05PM Diterima Oleh NUGRAHA saya menayakan Progress laporan pada tanggal 12/06/2017 dengan nomor laporan CORPA6S
Menurut NUGRAHA Laporan masih dalam proses dan sudah disampaikan juga langsung, ke SUPERVISOR Gangguan Serang Kota.
Pada kesempatan ini saya menambahkan laporan saya yaitu ternyata tegangan listrik drop seperti ini bukan hanya terjadi di rumah yang saya tempati melaikan terjadi pada satu area atau satu kampong dan kemudian diberikan nomer laporan baru yaitu S0RXA9T
3. Pada Tanggal, 28/06/2017 4.42PM Diterima Oleh RAMA saya menyampaikan dan menambahkan laporan kembali ke CC karena saya sudah di hubungi oleh HERU
(Petugas Gangguan PLN Serang) menurut HERU di sekitar sini tegangannya memang sudah jelek. Solusinya harus menambah gardu baru atau gardu sisipan. Dan Menurut RAMA data yang saya sampaikan sudah sesuai dengan data yang ada di CC PLN 123 dan Sudah dibuatkan berita acara kemungkinan besar sudah diteruskan kepada bidang unit terkait

4. Pada Tanggal, 01/07/2017 8.35PM Diterima Oleh TRISNA saya menayakan progress laporan yang sebelumnya yaitu Tanggal 28/06/2017 dengan No. Lapor SORXA9T dan melaporkan lagi kejadian seperti diatas
Menurut TRISNA Status Laporan saya sebelumnya akan dibuatkan Trafo.
Dan saya diberi nomor laporan baru yaitu 10RYFLY
Kenapa saya dibekikan nomor laporan baru lagi sementara laporan saya yang sebelumnya saja belum selesai? TRINSA menjawab bapak bersedia mencatan atau tidak! Karena status laporan gangguannya sudah selesai

5. Pada Tanggal, 01/07/2017 11.30PM Diterima Oleh ANDRE saya menanyakan kembali progress laoran saya pada tanggal 28/06/2017 dengan nomor lapor S0RXA9T statusnya laporannya menurut ANDRE didata kami sudah ada laporan dari UPJ PLN Serang Kota ada gangguan di trafo sisipan yang sudah di tangani oleh petugas lapangan pada tanggal yang sama. Kemungkinan ada kelebihan beban.
Karena keadaan listrik masih tetap sama dengan sebelumnya maka saya diberi nomor laporan lagi oleh ANDRE 10RYGWS yang di tujukan ke Manager UPJ PLN Serang Kota
Keterangan tambahan dari petugas UPJ Serang Kota bahwa untuk penambahan trafo sudah di ajukan ke PLN PUSAT dan sedang menunggu peersetujuan

6. Pada Tanggal, 27/07/2017 3.46PM DIKA
Saya menayakan Progres laporan 01/07/2017 10RYFLY yang diterima oleh TRISNA pada waktu itu. Status laporan atau hasil laporannya adalah :
Ada perbaikan di titik sambungan tiang penyebabnya ada kabel sambungan tegangan rendah putus dan STATUSnya sudah Selesai.
Padahal tegangan listriknya masih sama seperti semula maka dari itu saya dibuatkan nomor laporan baru lagi. Nomor laporannya yang baru adalah R0SCB61

Dan progress laporan saya pada tanggal 01/07/2017 dengan nomor lapor 10RYGWS Status laporannya dalam proses bidang unit

7. Dan Pada Hari Senin Tanggal, 28/08/2017 saya laporan lagi ke PLN 022 123 dengan masalah yang sama no laporannya S0ST9ii Sekitar pukul 7 Malam tidak lama kemudian datang 2 orang petugas PLN. Tes tegangan didapat 140 VA
Penanganannya pada malam itu Kabel Ground disiram dengan air garam di dapat tegangan 160 VA dan disarankan langsung ke PLN SERANG KOTA karena kesimpulan petugas PLN harus menambah gardu atau trafo sisipan baru tegangan listriknya normal.

Pada hari Selasa 29/08/2017 saya mengunjungi PLN Serang Kota sesuai arahan petugas lapangan pada tanggal 28/08/2017 dengan maksud ingin menayakan bagaimana solusinya. Setelah Izin ke petugas keamanan maka diarahkan ke unit gangguan. Sesampainya di unit gangguan, saya disarankan agar menghubungi Cs PLN 123 karena sebelumnya saya sudah beberapa kali menghubungi CS PLN 123 maka saya dipersilahkan menunggu di ruang tunggu.
Dalam kesempatan ini saya ingin meminta keterangan agar di jelaskan oleh petugas PLN yang berkompeten terkait proses penanganan gangguan listrik tersebut.
Manager UPJ PLN Kota Serang saat itu mungkin sedang sibuk jadi tidak bisa menerima kedatangan saya sebagai tamu. Dan akhirnya saya diarahkan ke Bagian Distribusi.
Saran petugas distribusi, agar saya membuat surat keluhan yang ditandatangani oleh RT/RW, Sesepuh Kampung dan Pelapor. ditujukan ke Manager PLN SERANG karena saya belum mengetahui bentuk da isi suratnya maka saya minta dibuatkan oleh petugas distribusi. Surat Keluhan tersebut akhirnya saya bawa pulang dan sudah kami tandatangani.
Menurut petugas PLN Bagian Distribusi “kami akan survey pada hari kamis tanggal 31/08/2017 sekalian mengambil surat yang sudah ditandatangani”
Ternyata hingga hari ini 01/09/2017 6.22 PM Petugas PLN belum datang
Tegangan listrik hingga saat ini masih belum stabil bukan hanya pada jam tertentu melainkan setiap saat dan waktu

Pertanyaan saya :
1. Apakah Call Center PLN 123 Tidak terintegrasi dengan PLN Cabang atau Unit terkait, sehingga pelapor harus mengunjungi kantor PLN?
2. Mengapa laporan saya melalui Call Center dianggap sudah selesai sehingga jika saya menghubungi Call Center 123 saya selalu dibuatkan nomor laporan baru lagi (begitu seterusnya)

Demikian keluhan ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar kiranya petugas PLN dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya

1 Sep 2017, 08:29
Muhammad Risza
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Tgl 16 Agustus saya beli pulsa listrik 1 jt (640 kwh), tapi tidak.bisa input karena keypad 5 pada meteran rusak. Saya lapor PLN dan setelah beberapa kali email pada tgl 23 agustus meteran diganti dengan yg baru. Pada meteran lama masih ada pulsa listrkk sebanyak 1600 kwh lebih. Jadi total pulsa listrik saya 2240 kwh lebih. Tapi pada meteran baru hanya ada pulsa 5 kwh dan kata petugas besok pulsa akan diganti. Tapi sampai sekarang sudah 1 minggu belum ada pengembalian pulsa listrik saya. Setiap ditanya ke PLN123 via email atau twiter jaaabannya hanya mohon maaf tapi tidak ada tindak lanjut. Dijaman digital sekarang ini saya bisa beli pulsa listrkk dalam hitungan detik. Tapi pulsa listrik saya sudah lebih satu minggu belum bisa dikembalikan oleb PLN. Kinerja yang sangat buruk, mengecewakan.

30 Agu 2017, 09:15
Ipan Roy Sitepu
Android Ditanggapi oleh Pelapor

Kami warga Lingkungan Sidodadi, Kelurahan Namu Ukur Selatan, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Mohon informasi terkait permohonan kami tentang pemasangan tiang listrik ke gang rumah kami yg sudah 2 tahun kami ajukan dan belum ada tindak lanjutnya. Di daerah kami sudah terpasang 25 meteran listrik tapi cara pemasangannya hanya dilakukan penyambungan kabel dari rumah ke rumah sehingga rawan korsleting arus pendek dan arus sering turun kalau sudah malam hari. Kiranya pihak yang berwenang dapat menindaklanjutinya.

2 Agu 2017, 17:17
Dedi Kurniawan Kosim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Jakarta, 02 Agustus 2017

Kepada PLN,
Dibawah adalah ***copy paste laporan saya via email dgn akun d_2k75@hotmail.com.
Kejadian TAGIHAN LISTRIK yang tidak benar sudah berlangsung dari sebelum bulan Desember 2016. Namun saya masih belum melaporkannya karena belum punya cukup bukti untuk dilaporkan.
Tapi saya sudah capek dengan semua problem yang ditimbulkan oleh PLN.

Sekarang terjadi lagi TAGIHAN LISTRIK dibulan Agustus 2017 yang tidak sesuai pemakaian!!!
Kesimpulannya: Laporan saya via email yang dikirimkan ke pln123@pln.co.id, ke twitter : @pln_123, dan ke facebook : pln123. Adalah => PERCUMA!!! TIDAK DIRESPON!!!
Bahkan saya mengirimkan pesan via chat di FB tidak dibalas!!!!

Catatan terkini saya berdasarkan angka yang tertera di meteran listrik sebagai berikut :
Posisi meteran listrik 1 Juli 2017:49309
Posisi meteran listrik 31 Juli 2017:49456
Pemakaian Bulan Juli 2017:49456 - 49309 = 147 KWH !!!!
TAPI, Gimana bisa ditagih Rp 358.155,- !!!!???????? di bulan Agustus 2017!!! (lihat di lampiran data pendukung: Tagihan pembayaran listrik via Tokopedia)

Tolonglah PLN bekerja secara profesional, jangan asal tembak meteran listrik. Jadi akibatnya merugikan pelanggan lsitrik!!! Secara tidak langsung ini adalah praktek pemerasan!!!

Seperti juga yang saya pernah sampaikan di email bulan lalu, bahwa dengan ini saya pun tidak akan membayar juga tagihan bulan Agustus 2017 sebagaimana pula tagihan bulan Juli 2017. Sebelum permasalahan ini selesaikan.
Tolong responnya!!!

Terima kasih.


***Copy paste laporan via email :
Dear PLN,
Ini adalah laporan saya yang kedua dan TIDAK ADA tindak lanjutnya dari pihak kalian!!!
Saya lampirkan kembali Tagihan PLN Desember 2016 & foto meteran listrik di tanggal 02 Jan'17 pagi hari (Komplain di tahun yang lalu).
Atas nama Asromadian no Pelanggan 546200971227.

Di email terbaru saya sekarang ini, juga dilampirkan Tagihan PLN Juli 2017 (sebesar Rp 365.189), foto meteran listrik tanggal 04 Juni 2017 (angka meteran 49200) & foto meteran listrik tanggal 01 Juli 2017 (angka meteran 49309).
Atas nama Asromadian no Pelanggan 546200971227.

Bila Anda bisa menghitung, maka selisihnya : 49309-49200 = 109 KWH (adalah pemakaian listrik saya selama 1 Bulan kurang 4 hari_karena saya ambil angka meteran 4 hari terlambat. Bukan dari tanggal 1 Juni 2017).

PERTANYAANNYA????? :
BAGAIMANA MUNGKIN PEMAKAIAN 109 KWH, DALAM SEBULAN DITAGIH SEBESAR RP 365.189????!!!!!!!

Dibulan Juni 2017 sebelumnya saya juga ditagih dengan nilai yang tidak wajar, yaitu Rp 353.621 (print out pembayaran tagihan dilampirkan). Karena saya tidak punya bukti foto meteran listrik, pemakaian selama bulan Juni 2017 maka saya tidak bisa komplain dan dengan terpaksa membayar tagihan tersebut.

Sekarang yang saya minta adalah, kembalikan uang saya yang sudah saya bayarkan di bulan Juni 2017. Dan saya TIDAK AKAN membayar tagihan PLN di bulan Juli 2017!!!!

Dan segera ditindak lanjuti komplain saya ini & DITINDAK Petugas PLN yang bertugas di PERUM BUANA GARDENIA-Pinang Kota Tangerang.


Regards,
Dedi Kurniawan
0856 9130 1616

22 Mei 2017, 12:34
Anonim
SMS Ditanggapi oleh Pelapor

Mohon bantuannya untuk dibenahi listrik PLN Sanggau ranting Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, karena sering ada pemadaman listrik. Terlebih lagi, sudah mau bulan Ramadhan.

28 Feb 2017, 13:14
628383837xxxx
SMS Ditanggapi oleh Pelapor

Saya Lukianto jl singa tengah dalam gg 2 nomor 21 Semarang. Listrik dilingkungan kami sering mati. Mohon bantuannya spy ditangani sampai tuntas. Tq

SMS

24 Sep 2016, 01:49
Yongky Wijaya
Android Ditanggapi oleh Pelapor

Saya ingin menanyakan kapan kira-kira listrik kecamatan Buru Karimun 24 Jam? Listrik di Buru Karimun hanya menyala dari Jam 16.30 Wib sampai dengan Jam 06.30 Wib. Mohon Jawabannya dari PLN.

DIIKUTI OLEH