Pemprov DKI 2

Sabtu, 18:38
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 10 hari

Pemerintah provinsi dki/dishub/camat/lurah/pengurus rt/rw

jalan dewi shinta di kompleks gading cipta residence kelapa gading digunakan untuk parkir mobil pribadi, jalan seolah menjadi milik sendiri. jalan yang adalah fasilitas umum dijadikan tempat parkir mobil pribadi oleh warga. mobil diparkir siang dan malam di sepanjang jalan, bahkan di kedua sisi jalan.

gambaran situasi parkir mobil pribadi di jl. dewi shinta

1. saat masuk pos satpam di kompleks ini, hanya beberapa meter dari pos satpam, di sisi kiri jalan biasanya terdapat mobil diparkir. padahal di situ terdapat perempatan (dalam jarak 6 meter dari perampatan adalah daerah terlarang untuk parkir mobil) – lihat foto1.

2. hampir sepanjang jalan dewi shinta terdapat mobil diparkir di kedua sisi jalan. saat warga kedatangan tamu, bingung mesti diparkir di mana mobil tamu.

3. saat masuk ke kompleks ini, saat masih berada di pos satpam, mobil kita berhadapan dengan mobil dari arah yang berlawanan (berjalan ke arah pos satpam). dari posisi yang masih jauh, kita mesti menunggu untuk jalan bergantian – “stop and go” beberapa kali, karena jalan dihalangi oleh mobil-mobil warga yang diparkir di pinggir jalan (lihat foto2, foto3 dan foto7). kondisi ini dialami oleh pengendara yang masuk, maupun yang keluar – sangat mengganggu.

4. di sepanjang jl dewi shinta terdapat 2 perempatan dan 3 pertigaan. di samping masjid al hidayah di sisi jl. dewi shinta terdapat 2 pertigaan dengan posisi saling berlawanan (jl. dewi shinta dan tari baluse, jl. dewi shinta dan jl. tari klasik – lihat foto7). tepat di samping masjid dijadikan tempat parkir mobil, baik siang siang maupun malam. di tempat ini mobil2 diparkir berderet, bahkan ada yang diparkir di tengah jalan (karena memaksakan parkir mobil di samping pohon di pinggir jalan – lihat foto3, foto4 dan foto5). kondisi ini sangat berbahaya bagi lalu lintas warga, berpotensi kecelakaan – lihat gambar panah-panah berwarna merah di ilustrasi foto7.

pelanggaran aturan hukum

kondisi sebagaimana dipaparkan di atas memperlihatkan hak orang lain sesama pengguna jalan dihambat oleh pemilik mobil yang parkir di jalan. situasi ini memperlihatkan potensi pelanggaran terhadap beberapa aturan hukum, yaitu perda dki no. 5 tahun 2014 pasal 140 dan pasal 71 kuh perdata.

perda dki no. 5 tahun 2014 pasal 140
* ayat 1 - setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
* ayat 2 - setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.
* ayat 3 - setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kalurahan setempat.
* ayat 4 - surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor.
* ayat 5 - ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan peraturan gubernur.

pasal 671 kuh perdata
jalan setapak, lorong atau jalan besar milik bersama dan beberapa tetangga yang digunakan untuk jalan keluar bersama, tidak boleh dipindahkan, dirusak atau dipakai untuk keperluan lain dari tujuan yang telah ditetapkan kecuali dengan izin semua yang berkepentingan.

mengapa mobil diparkir di jalan?
1. warga memiliki lebih dari satu kendaraan, tetapi tidak memiliki garasi untuk menampung semua kendaraan. termasuk kategori ini adalah tempat kost yang tidak menyediakan garasi bagi penghuni kost.
2. warga memiliki garasi, tapi tetap menyimpan mobil di tepi jalan. kedua sisi jalan di depan rumah dijadikan garasi tempat menyimpan mobil.
3. bukan warga/penghuni, tapi menyimpan/parkir menginap kendaraan di tempat ini, pagi-siang-malam bahkan berhari-hari.
4. yang datang memarkir mobil mengaku pengunjung/bertamu, tetapi memarkir mobil siang dan malam atau selama beberapa hari. pengunjung semestinya memarkir mobil dalam hitungan jam.

beberapa warga memasang pot bunga di depan rumah mereka karena keberatan di depan rumah diparkir mobil dari pemilik yang tidak jelas. mobil2 ini diparkir seenaknya, siang dan malam. mobil tamu boleh diparkir selama beberapa jam, tapi bukan selama 24 jam atau beberapa hari. sering terjadi adu mulut antara pemilik rumah yang keberatan mobil parkir di depan rumahnya dengan pemilik mobil pencari parkir.

mohon bantuan pemprov dki bekerja sama dengan rt/rw setempat melakukan sosialisasi aturan-aturan hukum yang berlaku dan menertibkan masalah parkir di lokasi yang dilaporkan.

sosialisasi aturan hukum yang berlaku diperlukan demi kesadaran warga soal parkir dan demi ketertiban bersama. beberapa orang yang mengaku warga setempat ngotot dan memaksakan memarkir kedaraan di tempat kosong di pinggir jalan sesuka hati – lihat foto6.
supaya adil bagi seluruh warga, jl. dewi shinta mesti steril dari parkir mobil, sesuai ketentuan hukum yang berlaku, tidak dibolehkan memarkir kendaraan di badan jalan.

beberapa hal di bawah ini mesti dipertimbangkan demi kepentingan seluruh warga:

1. jika terjadi kebakaran, pergerakan mobil pemadam kebakaran akan terhambat karena terhalangi mobil-mobil yang diparkir dipinggir jalan. kondisi ini sangat berbahaya terutama di malam hari.

2. saat terjadi kondisi darurat dan warga harus melakukan evakuasi – kendaraan yang diparkir di sisi jalan menjadi penghalang proses evakuasi warga.

3. mobil yang berisi barang berbahaya – misalnya barang yang mudah terbakar atau narkoba. sangat beresiko bagi warga yang di depan rumahnya dijadikan tempat parkir.

4. kerusakan/kehilangan mobil yang diparkir di jalan perumahan – siapa yang mesti bertanggung jawab, apakah warga sekitar atau satpam, rt/rw?

5. mobil yang diparkir di depan rumah warga menghalagi mobil warga yang akan keluar dari garasi rumah. keadaan ini sangat berbahaya saat warga harus pergi ke rumah sakit dalam kondisi darurat di malam hari.

perlu diatur oleh rt/rw:

• yang diperbolehkan parkir di badan jalan hanya tamu/pengunjung – itupun dengan durasi terbatas selama beberapa jam di siang hari.

• saat malam hari sepanjang jalan dewi shinta harus steril dari mobil yang diparkir di pinggir jalan, demi menjaga kemungkinan terjadi situasi darurat, misalnya kebararan atau evakuasi.

• mobil yang keluar masuk kompleks harus dimonitor secara ketat oleh satpam. hanya kendaraan warga perumahan yang terverifikasi yang boleh keluar masuk – selain warga harus menitipkan identitas di pos satpam. ditengarai kendaraan ojol, bukan warga atau mengaku keluarga/tamu warga menumpang parkir/menyimpan mobilnya di perumahan ini. biasanya mereka mulai parkir saat tengah malam.

demikian laporan ini, dibuat demi kepentingan bersama. mohon ditindaklanjuti dengan sosialisasi dan penertiban parkir di jalan perumahan sebagaimana dilaporkan.

terima kasih atas perhatian semua pemangku kepentingan.

Sabtu, 10:12
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Ada kabel telepon menjuntai ke jalan raya di komplek dki blok d4 pondok kelapa sejak pengerjaan jaringan awal september 2019. sudah dilaporkan berkali-kali ke layanan 147 dengan nomor aduan in 558 291 87, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut. tolong dibereskan karena sangat mengganggu dan rawan kecelakaan. terima kasih

Sabtu, 08:53
Ivan Cb
Android Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

Mohon untuk jalan gunung sahari tepat di depan planet ban gunung sahari , ada tempat pembuka kali kotak lebar , mohon di tambal karena itu sudah sisi nya berlubang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Rabu, 20:54
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 8 hari

Salam sejahtera bagi kita semua. saya warga dari ciganjur rt12 rw06, jagakarsa, jakarta selatan tepatnya di jalan brigif iv. ingin melaporkan bahwa di rt12 tepatnya sekitar beberapa ratus meter di sebrang rumah saya terdapat pembuangan sampah ilegal dan pembakaran sampah yang masif. pengelolanya warga sini yang sering di panggil pak bewok, saya sudah berusaha melaporkanya ke pak rt12 yang rumahnya dekat dengan saya namun warga tersebut tidak menggubris teguran dari kami dan tetap melakukan penampungan sampah dan pembakran sampah secara masif, sehingga asap dari pembakaran sampah itu mencemari udara di sini hampir setiap malam (foto kabut asap terlampir). mohon bantuanya untuk menghentikan penampungan sampah ilegal dan pembakaran sampah yang meresahkan tersebut. karena masih banyak anak kecil di sekitar sini dan sering terpapar oleh asap pembakaran yang hingga laporan ini di buat masih sering sekali kami rasakan. bahkan tidak jarang juga asapnya seperti kabut tebal yang menyelimuti jalan-jalan sekitar. untuk keterangan lebih lanjut bisa di kordinasikan dengan pak rt12 di sini. sekali lagi mohon bantuanya karena kesehatan kami semakin terancam seiring berjalanya waktu jika terus seperti ini.

Rabu, 00:37
Reza
Android Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 9 hari

Assalamu'alaikum wr.wb saya ingin melaporkan 2 pabrik didepan rumah karna sangat menggangu kenyamanan, cerobong asap polusi yang dikeluarkan pabrik setiap hari masuk kerumah saya,saya takut terjadi gangguan pernafasan . 2.tolong dicek apakah pabrik tersebut sudah mempunyai ipal? karna air yang dihasilkan dari limbah tersebut berwarna biru.
3.pabrik tersebut beroperasi tidak mengenal waktu,sangat menggangu saat kami tidur malam karna suara mesinnya sangat bising.

alamat pabrik jalan h muhajar rt 011 rw.002 sukabumi selatan kebon jeruk jakarta barat

Selasa, 23:46
Anonim
Android Ditutup oleh Pelapor

Kepada yth. pemprov dki jakarta. saya ingin melaporkan polusi suara dari bale-bale (tempat nongkrong remaja) disamping rumah saya yang berlokasi di jl mesjid attaqwa no 54 rt 06 rw 08 kembangan utara jakarta barat . mereka ngobrol dan memainkan gitar dan drum box musik yang sangat keras hingga jam 2 pagi, hal ini sangat mengganggu jam istirahat saya, dimana keesokan harinya saya harus berkerja dari pagi. gangguan suara sudah terjadi sejak bulan juni 2019 sampai dengan sekarang, 8 september 2019.

hampir setiap malam minggu mereka menimbulkan gangguan suara ( berisik suara bermain musik dan berbicara dengan volume besar) hingga dini hari pukul 03:00 pagi. saya sudah menegur anak yang punya rumah tetapi tetap diulangi lagi. sang pemilik rumah tinggal dirumah suami baru, disaat orang tua tidak ada (rumah kosong), anaknya selalu membuat kegaduhan dengan mengajak temannya kumpul, saya juga sudah melaporkan ke pihak rt dan rw tetapi tidak ada tindakan nyata untuk membongkar bale tersebut.

bukti berupa video sudah saya rekam jika diminta dikemudian hari. saya dan warga di sekitar mohon dinas terkait untuk menindaklanjutinya dan membongkar bale/tempat nongkrong tersebut. terima kasih

Selasa, 12:34
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 9 hari

Saya ingin melapor tentang petugas dokter gigi di puskesmas kelurahan paseban.
hari senin tgl 9 september 2019,saya datang ke puskesmas pukul 7,dan loket buka pukul 8. saya ngantri dan daftar untuk poli gigi tanpa bpjs , karena bpjs saya jadinya sebulan kemudian dan gigi saya sdh benar-benar sakit yg saya tahan selama berhari-hari makanya saya nekat kan untuk datang membawa uang lebih untuk segera ditangani sakit pada gigi saya yang sudah menyebabkan bengkak di rahang. tapi amat disayangkan ketika tiba dipanggil nama saya didokter gigi, dokter hanya menanyai sakitnya dimana dan cuma diliat tdk ditangani sama sekali dengan banyak alasan! pertama dokter blg saya harus dibersihkan karang giginya, saya blg ini bekas tambalan sementara yg sdh lama blm di ganti. kedua dokter alasan mahal 120rb untuk bersihkan karang. saya diam disitu. dan dokter langsung suruh saya pulang ambil obat pereda nyeri, saya disuruh berobat nya pas bpjs saya jadi yaitu bulan oktober!!!!! masyaallah dokternya hebat ya... orang lagi bnr-bnr sakit disuruh berobat sebulan kemudian... dan betapa kagetnya saya ketika melihat daftar harga yg ada di lantai bawah ternyata biaya bersihkan karang gigi hanya 30rb!!! dokter tambah membuat saya kecewa!!!! dokter bohong? mohon untuk semua dokter yang ada di rumah sakit manapun itu harus lebih mengerti terhadap pasien. orang datang kerumah sakit itu tandanya sakit! ingin ditangani. kalo sekedar dikasih obat, apotek dijakarta ini banyak!

Selasa, 07:17
Anonim
Android Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 8 hari

Selamat pagi pak/ibu. saya warga dari petamburan2 rt09 rw02 kel.petamburan kec.tanah abang mau mengeluhkan soal sampah di sebelah rumah saya (tetangga saya) yang nimbun sampah. saya punya anak kecil perempuan bayi laki laki masi sangat kecil bau sampah yg kotor bikin penyakit. saya sudah aduhkan ke rt tapi tidak ada gerakannya mohon bantuannya kepada pihak yang terkait.

Senin, 16:15
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Kepada yth. lurah dan satuan pamong praja kel. pondok kelapa kec. duren sawit jakarta timur

saya melaporkan penyalahgunaan lahan halaman rumah untuk usaha penyewaan tenda serta penyewaan tempat untuk acara pernikahan maupun acara lainnya dan yang paling utama laporan gangguan suara musik dangdutan yang sangat keras dari rumah bu pri (oknum guru) sangat mengganggu terutama suara bass yang gelegar.
lokasi berada diruang terbuka jalan kampung gandaria sekitaran jl. mayang billymoon. dangdutan tanpa ada peredam suara / sekat yang membuat musik terdengar keras mengganggu dan berada ditengah area permukiman warga lokal dan komplek billymoon maupun pondok kelapa indah mengganggu istirahat semua orang yang tinggal disekitar.
kami sebagai warga yang beraktifitas di sekitarnya sangat terganggu atas keramaian yang ditimbulkan. terlebih bu pri ini adalah pimpinan dari yang dinamakan paguyuban campur sari.
tolong segera ditertibkan.
terima kasih

8 Sep, 10:10
Heribertus Ryan Agusta Wiratama
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 7 hari

Yth. transjakarta

mohon perbaiki halte tansjakarta terminal blok m, jakarta selatan karena ada dua pintu (kiri terbuka kanan berpintu) yang dipasang. perbaikannya adalah mengubah dua pintu yang dipasang menjadi tiga pintu agar pintu tengahnya bisa dipasang. selain itu, mohon ganti peta transjakarta yang lama dengan yang baru. gambar terlampir. terima kasih.

DIIKUTI OLEH