Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

Sampaikan Laporan Anda
Perhatikan Cara Menyampaikan Pengaduan Yang Baik dan Benar info-complaint
Berita

Pemkab Sidoarjo Gelar Bimtek SP4N LAPOR Bagi Admin SP4N LAPOR

Kominfo, Sidoarjo - Salah satu kunci keberhasilan Sistem Pengelolaan...

selengkapnya..

Kominfo, Sidoarjo - Salah satu kunci keberhasilan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) ada pada kecepatan respon terhadap laporan yang masuk. Semakin cepat respon pengaduan akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan publik. Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan SDM pengelola SP4N LAPOR yang handal. Pagi tadi, Rabu (24/5), Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelola SP4N LAPOR di OPD Pemerintah Sidoarjo. Bimtek dibuka Pj. Sekretaris Daerah Sidoarjo Andjar Surjadianto, di Hotel Aston Kahuripan, Sidoarjo. Andjar juga menjadi salah satu narasumber kegiatan. Bimtek dilaksanakan mulai tanggal 24 s/d 25 Mei 2023.

Pj. Sekda Sidoarjo Andjar menyampaikan kapasitas pengelola SP4N LAPOR di OPD Pemerintah Kabupaten Sidoarjo harus terus meningkat. Oleh karenanya pentingnya Bimtek ini digelar. Disampaikannya, SP4N LAPOR lahir sejak beberapa tahun yang lalu dari Pemerintah Pusat. Kanal aduan tersebut lahir untuk mengkanalisasi atas kebutuhan feedbackbagi masyarakat terhadap layanan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat.

"SP4N LAPOR merupakan upaya positif bagi penyelenggaraan pelayanan publik dalam mengelola pengaduan dari masyarakat secara cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik. SP4N-LAPOR merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik," sampainya.

Andjar sendiri berharap dengan pelaksanaan Bimtek ini, mampu untuk lebih memantapkan pengetahuan tentang petunjuk teknis dan tata Kelola sistem SP4N LAPOR. Sehingga nanti terdapat persamaan persepsi dalam mengimplementasikannya dan mewujudkannya dengan baik.

"Dalam rangka mencapai pelaksanaan SP4N LAPOR secara optimal, para petugas di masing – masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar terus berkomitmen dalam menindaklanjuti dengan cara respon cepat setiap pengaduan masyarakat yang masuk ke SP4N LAPOR. Komitmen saudara ini dapat digunakan sebagai bahan penyusunan rencana aksi dan pengambilan keputusan kebijakan yang lebih baik lagi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu menghimbau kepada seluruh OPD atau aparatur pemerintah untuk senantiasa memahami tugas dan fungsinya dengan baik. Mampu memahami dinamika pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, dalam rangka pembinaan, pengawasan dan penyelarasan perencanaan dan tugas – tugasnya.

"Sesuai dengan Permen PANRB No. 46/2020 tentang RoadmapSP4N Tahun 2020-2024, bahwasanya setiap instansi pemerintah daerah didorong menyusun rencana aksi pengelolaan pengaduan," ucapnya.

Andjar juga meminta adanya publikasi dan sosialisasi SP4N-LAPOR kepada masyarakat sebagai pengguna layanan. Selain itu publikasi dan sosialisasi perlu juga diberikan kepada level admin instansi maupun pejabat penghubung.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo Didik Tri Wahyudi menyampaikan bahwa pengaduan melalui SP4N LAPOR berbasis online. SP4AN LAPOR merupakan pengaduan masyarakat yang terdigitalisasi yang akan direspons cepat sehingga nantinya melahirkan public trust(kepercayaan masyarakat).

“Salah satu kunci keberhasilan SP4N LAPOR ada pada kecepatan respons terhadap laporan yang masuk. Semakin cepat, tentu kepuasan dan kepercayaan publik terhadap pemerintah terus meningkat,” katanya.

Ia juga sampaikan beberapa hal yang menjadi tujuan dari kegiatannya kali ini. Diantaranya pengelolaan pengaduan dapat diproses secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel, mewujudkan kepastian dalam penyelesaian tindak lanjut dalam pengaduan, mensosialisasikan rencana kerja SP4N LAPOR di tingkat instansi atau K/L/D. Selain itu mewujudkan ketercapaian target pengelolaan pengaduan di Kabupaten Sidoarjo dan menjalin komunikasi dan aktualisasi admin/pejabat penghubung SP4N LAPOR di Kabupaten Sidoarjo.

"Mewujudkan ketercapaian target pengelolaan pengaduan nasional juga menjadi tujuan Bimtek ini digelar," ucapnya.

Selain Pj. Sekda Sidoarjo yang hadir sebagai narasumber, juga dihadirkan Kapuspen Kemendagri RI Benny Irwan, Analis Pengaduan masyarakat Kemenpan RB Hasan Bisri Nur Faiz, S. Psi serta Prahum Diskominfo Provinsi Jatim Ria Amalia, S.Sos. Bimtek tersebut diikuti seluruh admin SP4N LAPOR pada OPD yang ada di Kabupaten Sidoarjo. 

Kisah Sukses

FOTO PIMPINAN

PENILAIAN

2.18
: 4 Laporan
: 1 Laporan
: 0 Laporan
: 1 Laporan
: 11 Laporan

DIIKUTI OLEH