Pemerintah Kabupaten Barru

Jln. Sultan Hasanuddin No. 82 Kota Barru Kabupaten Barru Kode Pos 90711 042721090
Sampaikan Laporan Anda
Perhatikan Cara Menyampaikan Pengaduan Yang Baik dan Benar info-complaint
Berita

Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N LAPOR! Pemerintah Daerah Kabupaten Barru

Sekertaris Daerah Kabupaten Barru Dr.Ir Abustam.M.Si menghadiri sekaligus membuka acara Bimbingan...

selengkapnya..

Sekertaris Daerah Kabupaten Barru Dr.Ir Abustam.M.Si menghadiri sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR! Pemerintah Daerah di Kabupaten Barru

Bekerjasama dengan Usaid Erat ( Tata Kelola Pemerintahan yang efektif,efisien dan Kuat)
Pelaksanaan selama 2(dua) hari Kamis/Jum'at 1-2 Februari 2024 bertempat Ruang Pertemuan RM Surya lantai 2 Jalan A.P Pettarani

Dalam Sambutannya memberikan apresiasi atas inisiatif dari Diskominfo Kabupaten Barru bekerjasama dengan USAID ERAT untuk mengadakan Bimtek dan Konsolidasi Tim Pengelolaan SPAN LAPOR!. ini adalah awal yang cukup baik tinggal bagaimana nanti tim admin dari SKPD bisa mengakomodir  kebutuhan masyarakat dan juga dengan cepat merespon pengaduan dan aspirasi masyarakat.
Agenda Bimtek pada hari ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan SP4N-LAPOR! dan meningkatkan pengetahuan petugas

admin dalam mengelola maupun merespon pengaduan yang diterima serta mendorong konsep pengaduan satu pintu.
Keberadaan sistem SP4N-LAPOR! ini sebenarnya sudah ada dari dulu, hanya berubah nama dari UKP4 menjadi SP4N. Sesuai fungsinya sistem LAPOR!, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah melalui pemanfaatan aplikasi.
Jadi kedepannya masyarakat sangat dimudahkan untuk membuka akses penyampaian masukan dan pengaduan baik laporan kesalahan atas penyelenggaraan pemerintahan, maupun saran langkah yang bisa diambil pemerintah dalam pelayanan publik.
Pengaduan ini dapat dijadikan sebagai bahan perumusan dan pengambilan kebijakan dalam perbaikan layanan publik di Kabupaten Barru.

Sebagaimana kita ketahui, implementasi kebijakan pelayanan publik masih perlu dioptimalkan sehingga diperlukan koordinasi oleh seluruh SKPD khususnya para admin sebagai ujung tombak yang merekap berbagai pengaduan publik.

Admin atau pengelola SP4N-LAPOR! di tingkat SKPD diharapkan dapat memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi SP4N-LAPOR! ini dengan baik. Terlebih, masyarakat sudah sangat familiar dengan aplikasi melalui media sosial.
Pada dasarnya aplikasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten Barru telah dikelola dengan baik, namun perlu ditingkatkan lagi terutama dari sisi respon dan tindak lanjut serta integrasi pengelolaan pengaduan di tingkat Pemerintah Daerah.

Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! ini, diharapkan akan memberikan dampak pelayanan maksimal bagi warga masyarakat, perbaikan layanan publik, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta merupakan salah satu rujukan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sebagai wujud akuntabilitas Pemerintah Daerah.

Pimpinan SKPD agar segera menindaklanjuti aduan masyarakat yang masuk pada SP4N Lapor!. melalui komitmen bersama untuk merespon secara cepat aduan masyarakat, sehingga masukan masyarakat terkait layanan publik dapat kita gunakan sebagai strategi penyusunan rencana aksi dan pengambilan keputusan kebijakan ke arah yang lebih baik, terutama kepada masyarakat sebagai penerima manfaat kebijakan pemerintah.

Dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik, diharapkan akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.

Turut hadir

PC USAID Erat Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Provicial Goverment Advisor USAID ERAT Sulawesi Selatan Bapak H. Sarwansa Sahabuddin,Tim TA SP4N LAPOR! USAI ERAT, Bpk. Bejo Untung, Ibu Fitria,Nurhasanah,Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kab. Barru, Inspektur Daerah Kab. Barru, Kepala Bidang humas IKP, Para Admin Penghubung SP4N LAPOR! Kab. Barru, dan peserta Bimtek

Kisah Sukses

FOTO PIMPINAN

PENILAIAN

3.67
: 2 Laporan
: 0 Laporan
: 0 Laporan
: 0 Laporan
: 1 Laporan

DIIKUTI OLEH