Sekertaris Daerah Kabupaten Barru Dr.Ir Abustam.M.Si menghadiri sekaligus membuka acara Bimbingan...
Sekertaris Daerah Kabupaten Barru Dr.Ir Abustam.M.Si menghadiri sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis dan Konsolidasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR! Pemerintah Daerah di Kabupaten Barru
Bekerjasama dengan Usaid Erat ( Tata Kelola Pemerintahan yang efektif,efisien dan Kuat)
Pelaksanaan selama 2(dua) hari Kamis/Jum'at 1-2 Februari 2024 bertempat Ruang Pertemuan RM Surya lantai 2 Jalan A.P Pettarani
Dalam Sambutannya memberikan apresiasi atas inisiatif dari Diskominfo Kabupaten Barru bekerjasama dengan USAID ERAT untuk mengadakan Bimtek dan Konsolidasi Tim Pengelolaan SPAN LAPOR!. ini adalah awal yang cukup baik tinggal bagaimana nanti tim admin dari SKPD bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat dan juga dengan cepat merespon pengaduan dan aspirasi masyarakat.
Agenda Bimtek pada hari ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan SP4N-LAPOR! dan meningkatkan pengetahuan petugas
admin dalam mengelola maupun merespon pengaduan yang diterima serta mendorong konsep pengaduan satu pintu.
Keberadaan sistem SP4N-LAPOR! ini sebenarnya sudah ada dari dulu, hanya berubah nama dari UKP4 menjadi SP4N. Sesuai fungsinya sistem LAPOR!, mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan program pemerintah melalui pemanfaatan aplikasi.
Jadi kedepannya masyarakat sangat dimudahkan untuk membuka akses penyampaian masukan dan pengaduan baik laporan kesalahan atas penyelenggaraan pemerintahan, maupun saran langkah yang bisa diambil pemerintah dalam pelayanan publik.
Pengaduan ini dapat dijadikan sebagai bahan perumusan dan pengambilan kebijakan dalam perbaikan layanan publik di Kabupaten Barru.
Sebagaimana kita ketahui, implementasi kebijakan pelayanan publik masih perlu dioptimalkan sehingga diperlukan koordinasi oleh seluruh SKPD khususnya para admin sebagai ujung tombak yang merekap berbagai pengaduan publik.
Admin atau pengelola SP4N-LAPOR! di tingkat SKPD diharapkan dapat memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi SP4N-LAPOR! ini dengan baik. Terlebih, masyarakat sudah sangat familiar dengan aplikasi melalui media sosial.
Pada dasarnya aplikasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten Barru telah dikelola dengan baik, namun perlu ditingkatkan lagi terutama dari sisi respon dan tindak lanjut serta integrasi pengelolaan pengaduan di tingkat Pemerintah Daerah.
Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! ini, diharapkan akan memberikan dampak pelayanan maksimal bagi warga masyarakat, perbaikan layanan publik, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta merupakan salah satu rujukan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sebagai wujud akuntabilitas Pemerintah Daerah.
Pimpinan SKPD agar segera menindaklanjuti aduan masyarakat yang masuk pada SP4N Lapor!. melalui komitmen bersama untuk merespon secara cepat aduan masyarakat, sehingga masukan masyarakat terkait layanan publik dapat kita gunakan sebagai strategi penyusunan rencana aksi dan pengambilan keputusan kebijakan ke arah yang lebih baik, terutama kepada masyarakat sebagai penerima manfaat kebijakan pemerintah.
Dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang baik, diharapkan akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.
Turut hadir
PC USAID Erat Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Provicial Goverment Advisor USAID ERAT Sulawesi Selatan Bapak H. Sarwansa Sahabuddin,Tim TA SP4N LAPOR! USAI ERAT, Bpk. Bejo Untung, Ibu Fitria,Nurhasanah,Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kab. Barru, Inspektur Daerah Kab. Barru, Kepala Bidang humas IKP, Para Admin Penghubung SP4N LAPOR! Kab. Barru, dan peserta Bimtek
Barru-Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian...
Barru-Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian bekerja sama dengan USAID ERAT menggelar Penguatan Simpul SP4N-LAPOR! Dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Barru pada Kamis (12/09/2024).
Bertempat di Ruang Pertemuan Rumah Makan Surya Kelurahan Coppo Kecamatan Barru kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Barru Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Herman Jaya, S.IP.
Dalam sambutannya, Herman Jaya menyebutkan bahwa Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id.
Lebih lanjut, LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelo-laan Pengaduan Pelaya-nan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagu-naan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. SP4N-LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “No Wrong Door Policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyeleng-gara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.
Herman Jaya menambahkan, Pemerintah Kab.Barru telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2011 tentang pelayanan publik, di mana salah satu poin nya adalah pengelolaan pengaduan. Selain itu Pemda Barru juga sudah memiliki Rencana Aksi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengelolaan pengaduan di Kab. Barru.
"Dengan adanya dukungan regulasi, kami berharap pengelolaan pengaduan di Kab. Barru semakin baik ", ungkapnya
Pada kesempatan ini, Herman Jaya menyampaikan atas nama Pemerintah Kab.Barru mengucapkan terimakasih kepada USAID ERAT yang terus mendampingi Pemda Barru dengan beberapa upaya yang telah dilakukan.
Beberapa upaya yang dilakukan katanya, mulai dari kajian cepat implementasi SP4N LAPOR!, Bimbingan teknis dan konsolidasi tim pengelola SP4N LAPOR! di Kab. Barru, pendampingan dalam perumusan SOP, serta mendorong optimalisasi pemanfaatan SP4N LAPOR melalui simpul layanan publik yang telah di bentuk pada bulan juli 2024.
" Kami berharap, bersama USAID ERAT Pemda Barru akan terus mengawal dan melakukan pemetaan Pengaduan yang masuk melalui SP4N LAPOR! harapannya aspirasi maupun aduan menjadi salah satu bahan perumusan kebijakan, perencanaan dan penganggaran dalam perbaikan layanan publik di Kab. Barru ", harapnya
Dirinya mengurai, sejak terbentuknya Simpul LAPOR jumlah aduan meningkat sangat signifikan dari sebelumnya.Jumlah aduan dari bulan januari 2024 sampai Juni 2024 hanya 30 aduan, setelah adanya simpul jumlah aduan meningkat signifikan sebanyak 121 aduan artinya ada peningkatan 91 aduan dalam waktu 2 bulan.
Untuk itu Kami sangat mengapresiasi para Simpul LAPOR SIPAKAINGE yang telah menerima, menyalurkan aspirasi dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik serta mengawal proses penyelesaiannya melalui penggunaan aplikasi SP4N LAPOR!.
Diakhir sambutannya, kepada para simpul Herman Jaya berpesan untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik.
Turut hadir melalui zoom Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kemenpan RB, Bapak Sad Dian Utomo Selaku Senior Public Administration Advisor USAID ERAT, Ibu Vindya Budiman Selaku Performance Management Spesialis USAID ERAT yang juga sebagai PO Sulsel
Provinsial Coordinator USAID ERAT Sulawesi Selatan (Bapak H.Sarwansa Sahabuddin)
Dan secara tatap muka Kadis Kominfo-SP, Mewakili Kepala Bappelitbangda, mewakili Inspektur Kab.Barru,Kepala DPMDPPKBP3A,
Kabag Organisasi Setda Barru,District Facilitator USAID ERAT Barru, Para Admin SP4N LAPOR Kecamatan se Kab.Barru, Para Simpul LAPOR! Desa dan Kelurahan.(AT)