Kementerian Perhubungan

Jalan Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat 021-3852649 / 021-3456779
23 Jan, 01:32
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Kementrian perhubungan
khususnya dirjen hubla
tolong di perhatikan kegiatan bongkar muat di pelabuhan lawele (nambo) yang terdapat di di desa nambo kecamatan lasalimu kab buton sulawesi tenggara
karena :
1.perusahaan bongkar muat (pbm)
hanya nama melalukan kegiatan bongkar muat sementara dari pihak pbm tidak melakukan pengawasan ketika melakukan kegiatan bongkar muat
2.tenaga kerja bongkar muat seenaknya melakukan kegiatan bongkar muat
3.fasilitas bongkar muat selama ini di siapkan oleh pengguna jasa seharusnya di siapkan oleh pbm
4.mohon di audit tkbm di pelabuhan tsb apakah terdaftar atau tidak
thanks

12 Jan, 09:50
Pulo Gebang
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Kami ingin melaporkan banyak terminal bayangan bus akap di wilayah jakarta , hal berikut sudah kami laporkan ke pemprov dki jakarta akan tetapi dari skpd pemprov dki jakarta (sudin dishub jakarta pusat ) hanya memberikan penilangan dan merajia diluar jam operasi terminal bayangan aktif kami mohon penindakannya berupa pengandangan unit agar benar2 tidak aktif kembali terminal bayangannya . Berikut bukti laporan kami :
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000025578
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000024574
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000024545
Http://pengaduanwarga.jakarta.go.id/report/em000024064
Dan berikut daftar terminal bayangan yang kami ketahui dan sebenarnya masih banyak lagi :
1.jln pangkalan asem raya depan alfamidi pangkalan asem dari jam 12.00 - 17.00
2.jln masjid apron kemayoran dari jam 12.00-14.00
3.jln letjen suprapto (galur) jam 18.00-20.00
4.jln sentiong raya jam 15.00 - 20.00
5.di jln percetakan negara xi rt008 rw05 samping mitra 10 kelurahan rawasari kecamatan cempaka putih jam 19.30-21.00
Terima kasih bapak menhub semoga kementrian perhubungan semakin jaya dan terdepan .

25 Des 2019, 19:16
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Keluhan refund tiket pesawat air asia

1. Saya memesan 2 tiket pesawat air asia melalui aplikasi mobile air asia (keanggotaan big) untuk saya dan teman saya dengan rute penerbangan pp cgk-kix untuk tanggal keberangkatan 06 oktober 2019 dan tanggal kepulangan 15 oktober 2019. Pada tanggal 05 oktober saya melakukan pembatalan tiket pp untuk teman saya yang bernama asniyar. Saya menggunakan bantuan ava dan mengisi sesuai dengan arahan ava. Namun sampai saat ini tidak ada kejelasan lebih lanjut tentang pengembalian dana dari pembatalan tiket tersebut.
2. Bonus point tidak diberikan setelah penerbangan?
Mohon pihak terkait untuk mengatasi masalah tersebut. Terima kasih.

Id anggota big: 3100133700
Booking number: cqhtmt
Nama penumpang yang dibatalkan: asniyar
Case reference number: 22905395 (aduan pertama) dan 23476251 (aduan ke-2)
Email yang digunakan saat memesan tiket pesawat: herlinafebrianti29@gmail.com
Permintaan pengembalian dana ke: kartu kredit yang digunakan saat membayar tiket

3 Des 2019, 07:23
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Pak assalamualaikum wr wb
mohon bantuanya dengan permasalahan belum terbitnya ijasah pelaut saya.
ankapin 2
mengapa seakan akan ijasah saya dipersulit oleh penyelenggara ujian padahal saya sudah dinyatakan lulus, persyaraatan saya mengikuti ujian pun lengkap.
kalau memang persyarataan saya mengikuti ujian tidak lengkap pun saya tidak mungkin bisa mengikuti ujian,
peserta yang dapat mengikuti ujian bukankah mereka yang lengkap dalam persyarataan administrasi.
saya sudah mengajukan protes terhadap sekolah namun hasilnya nihil karena sekolah pun menunggu hasil dari pukp kapin wilayah 4 dibawah dirjen perhubla
mohon bantuanya pak
nomer ujian saya : 164 104 521 032
tahun ujian 2016/2017
saya sudah menunggu hampir 4 thn dan apakah wajar menunggu ijasah hampir setengah windu pak ?
saya sudah bingung pak mau melapor kemana pak
semoga anda bisa menyampaikan ke dirjen perhubla
trimkasih.
wassalamualaikum wr wb.

9 Jul 2019, 15:12
Hamka Hindi
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Dengan hormat, perusahaan kami telah melakukan endorsment siupal dan telah disetujui tertanggal 3 mei 2019, namun data di simlala belum berubah dan kami terus mendapatkan email untuk melakukan endorment. mohon bantuannya. terima kasih

22 Feb 2019, 15:52
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Sehubungan dengan berita beberapa hari yang lalu terkait instruksi dari presiden ri kepada seluruh maskapai penerbangan yang ada di indonesia untuk segera menurunkan harga tiket pesawat,dan sudah dilanjutkan oleh menteri perhubungan kepada seluruh perusahaan maskapai dan salah satu maskapai pelat merah dengan kode penerbangan ga berjanji akan segera menurunkan harga tiket pesawat sampai dengan 20%,
Saya sebagai salah satu pengguna layanan penerbangan di indonesia tentu sangat menyambut gembira akan berita tersebut,karena intensitas penggunaan saya yang cukup sering paling tidak 1 bulan sekali untuk pulang ke jawa dari tempat saya bekerja di indonesia tengah untuk bertemu keluarga.
Tetapi apa yang terjadi,sampai dengan hari ini harga tiket pesawat (terutama untuk rute yang mungkin tidak dianggap “seksi” dan menguntungkan,salah satunya dari tempat saya bertugas dengan tujuan ke jawa) masih sangat tinggi,bahkan untuk kategori maskapai yang mengusung bendera lcc (low cost carrier). Jika sebelumnya dari tempat tugas saya (kupang) ke jakarta cukup mengeluarkan biaya 2-2,5 juta untuk pp,sekarang dengan uang hampir 2 juta saya hanya bisa 1 p (pergi) saja. Apakah penghasilan kami hanya akan digabiskan untuk pulang dengan membeli tiket pesawat tanpa perlu untuk kebutuhan yang lainnya?
Apakah instruksi dari pimpinan tertinggi di negara ini (presiden) yang sudah dengan cukup baik diteruskan oleh menteri teknis terkait hanya dianggap sebagai angin lalu saja?
Saya (dan mungkin banyak penumpang pesawat yang lainnya) butuh langkah yang lebih nyata lebih konkret dari bapak-bapk yang terhormat selaku penentu kebijakan dalam mendengar dan menanggapi keluhan dari kami masyarakat di bawah ini.
Mungkin perlu diingat kembali bahwa fungsi pesawat terbang sebagai alat transportasi massal untuk menghubungkan antar wilayah (dalam hal ini pulau satu dengan lainnya) di indonesia ini sangatlah vital dan amat penting,karena indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas 17.000 pulau lebih.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan,meskipun sebenarnya ada hal lain yang masih bisa saya sampaikan terkait dampak amat tingginya harga tiket pesawat yang ada sekarang.
Demikian bapak presiden yang terhormat,sekali lagi kami semua membutuhkan langkah konkret dari bapak,terima kasih.

17 Jan 2019, 14:33
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Saya Ingin melegalisir buku pelaut saya karena habis masa berlaku berkalanya, dulunya tinggal cap dan selesai. Namun sekarang saya ke kantor Syahbandar saya diminta username account buku pelaut saya. Kebetulan saya kehilangan dan lupa usernamenya. Apakah tidak ada jalan lain untuk melegalisir buku pelaut saya. Karna petugas di Syahbandar Benoa Bali menyatakan saya harus membuat buku pelaut Baru padahal buku pelaut itu masih berlaku saya check juga bahwa status online buku pelaut saya masih active hanya perlu dilegalisir untuk perpanjangan.

2 Jan 2019, 09:54
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Perkenalkan Saya Agus, dan ingin mengajukan complain kepada Sriwijaya Air.

Saya adalah member dari program Sriwijaya Travel Pass. Dalam awal peluncurannya, Sriwijaya Air menawarkan program terbang tanpa batas, TANPA PENGECUALIAN blackout date atau hari-hari tertentu. Dalam program ini juga TIDAK terdapat pembatasan frekuensi terbang ataupun kuota terbang untuk member, sehingga selama seat masih tersedia, member BERHAK untuk terbang hanya dengan membayarkan PSC(Passenger Service Charge), PPN – Tax, IWJR(Iuran Wajib Jasa Raharja), dan Surcharge. Hal ini sesuai dengan publikasi di website Sriwijaya dengan link dibawah ini, namun saya cantumkan screenshot laman tersebut apabila tidak dapat diakses.

https://www.sriwijayaair.co.id/SJ/News/getDetail/234/Events/Sriwijaya-Air-Luncurkan-Sj-Travel-Pass

Dalam aplikasi di lapangan, program member ini dari bulan saya join yaitu di Juni 2018 hingga awal Oktober 2018 berjalan lancar. Namun, tiba-tiba Sriwijaya secara sepihak mengeluarkan e-News pada tanggal 20 Oktober 2018 dengan bukti terlampir, yang menyatakan bahwa kuota member DIBATASI SECARA SEPIHAK. Hal ini BERTENTANGAN dengan komitmen awal penawaran program yang memberi kebebasan member untuk terbang sepuasnya tanpa batasan. Setelah terbitnya E-News tersebut, rute-rute dan jadwal menjadi banyak yang soldout untuk member, terutama jadwal Jumat, Sabtu, Minggu, Senin, sehingga kami tidak dapat melakukan pembelian tiket. Namun saat dilakukan pemesanan dengan aplikasi lain atau non member, seat masih tersedia. Dan kondisi per saat ini, banyak rute dan jadwal penerbangan soldout walau di weekdays, hal ini menimbulkan keanehan, dikarenakan status soldout tersebut seharusnya tidak terjadi kecuali seat memang sudah habis apabila mengacu ke penawaran awal program.

Saya sudah melakukan complain resmi kepada pihak Sriwijaya, namun jawaban mereka hanyalah mengambang. Dan sampai saat ini tidak ada tindakan jelas dari pihak Sriwijaya, untuk mengambalikan hak-hak member. Mereka beralasan bahwa atas aturan baru yang mengatur kuota tersebut mereka keluarkan dikarenakan ada klausul dalam perjanjian awal bahwa Sriwijaya berhak mengeluarkan kebijakan baru selama masa member. Namun mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 18 Ayat 1 Huruf g dan Pasal 18 Ayat 3, pencantuman klausula baku dilarang dan dapat batal demi hukum. Saya sudah memenuhi kewajiban saya sebagai member dengan membayarkan biaya registrasi member sesuai dengan penawaran. OLEH KARENA ITU, SAYA MOHON SRIWIJAYA UNTUK DAPAT MENGEMBALIKAN HAK-HAK SAYA SEBAGAI MEMBER SRIWIJAYA TRAVELL PASS, SESUAI DENGAN PERJANJIAN AWAL, BAHWA SAYA DAPAT TERBANG SEPUASNYA TANPA ADA BATASAN KUOTA HINGGA AKHIR MASA MEMBER SAYA.

2 Jan 2019, 09:26
Ika Kardian
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Saya member Sriwijaya Air dg Nomor: 041802150967, dan telah menggunakan member tersebut secara rutin PP CGK-MLG setiap Sabtu-Minggu, sejak April 2018.
Dalam promosi awalnya, Sriwijaya Air menjanjikan tidak akan ada pembatasan seat untuk member. Namun kemudian, terdapat email yang menginformasikan adanya alokasi seat member dalam satu pesawat (mulai berlaku tanggal 22 Oktober 2018), dimana untuk pesawat tipe Boeing 737-800, maksimal sebanyak 75 seat. Sampai saat ini (1 Jan 2019), saya tidak terlalu mempermasalahkan pembatasan ini karena dari stastistik selama saya melakukan perjalanan PP CGK-MLG (pesawat yang digunakan adalah Boeing 737-800), tidak terdapat 75 member yang terbang dalam satu pesawat CGK-MLG, rata2 hanya ada 11 member (maksimal 20 member dalam satu penerbangan).

Saat ini, saya tidak bisa membeli tiket member penerbangan hari Sabtu CGK-MLG (SJ250 dan SJ246) dan hari Minggu MLG-CGK (SJ247 dan SJ249), karena di laman member tertulis "SOLD OUT". Setelah saya cek di tanggal-tanggal selanjutnya, hal ini terjadi sampai dengan Bulan April 2019 (tanggal terakhir member saya berlaku 12 April 2019).

Saya ingin meminta transparansi dari pihak Sriwijaya Air apakah benar:
1. Sudah terdapat 75 member yang melakukan perjalanan CGK-MLG setiap hari SABTU pada penerbangan SJ250 dan SJ246, sampai dengan 12 April 2019? dan
2. Sudah terdapat 75 member yang melakukan perjalanan MLG-CGK setiap hari MINGGU pada penerbangan SJ247 dan SJ249, sampai dengan 12 April 2019?

29 Des 2018, 06:23
Anonim
Android Ditanggapi oleh Pelapor

Saya mengajukan komplain ke sriwijaya air. saya adalah anggota member sriwijaya air sejak april 2018. penawaran member saat itu adalah gratis terbang ke seluruh indonesia (basic fare) selama 1 tahun dg biaya dibayar sebesar 12 juta diawal. utk tiket yg sudah di beli tdk dapat di refund jika ada pembatalan. dalam perjalanan waktu, (bulan oktober) sriwijaya air secara sepihak mengubah syarat ketentuan (ditengah perjalanan kontrak/komitmen 1 thn tsb) dg memberikan batasan alokasi seat menjadi 35 seat utk capacity boeing 737-500 dan apabila customer memesan tiket namun no show, maka keanggotaan di freeze 15 hari (walaupun utk cancel tiket tdk ada refund). kondisi seperti ini membuat pemesanan tiket harus dilakukan minimal 1 sd 2 pekan sebelum keberangkatan harus memesan tiket, agar tdk kehabisan kuota (yg mana saat penawaran awal tdk ada hal tsb, atau ada perubahan kontrak secara sepihak). di akhir desember 2018 ini lebih aneh lagi, tiba tiba tiket weekend (biasa saya gunakan) tiba tiba sudah sold (habis) sampai dengan masa keanggotaan saya di akhir bulan april, atau 4 bulan kedepan dg semua alternatif jam keberangkatan yang jumlahnya lebih dari 5 waktu keberangkatan. saya coba cek ke beberapa tujuan di indonesia, dan mendapat hal yang sama, bahwa tiket weekend sudah habis. yang menjadi pertanyaan saya adalah dua pekan yang lalu saya cek penerbangan sriwijaya utk perjalanan weekend masih normal, dalam arti pemesanan diatas 2 pekan masih tersedia, namun pekan ini saya cek, hampir semua jadwal weekend untuk tahun 2019 sampai 4 bulan kedepannya kondisi habis. alasan customer centre karena kuota member sudah dipesan. di benak saya saya rasa tdk mungkin ada perubahan habit member yg sampai membeli utk 4 bulan kedepan, dg banyaknya alternatif jadwal penerbangan di berbagai titik penerbangan, mengingat perubahan sepihak utk kuota member sudah dilaksanakan sejak oktober 2018, namun selama waktu tsb (oktober, nopember, desember) tdk ada habit member yg sampai membeli bahkan 4 bulan kedepan kami dari customer juga tdk bisa mengecek kebenaran kuota yg terpakai oleh member apakah benar habis ataukan sudah di block oleh sistem, karena tdk ada informasi valid yg kami dapatkan utk posisi kuota tsb. Mungkin karena setelah berjalannya waktu, ada yg salah dg program member tsb yg merugikan sriwijaya air. Namun kami pihak customer yg dirugikan, dimana dlm 4 bulan kedepan member saya secara tdk langsung sdh tdk dapat digunakan. Termasuk adanya perubahan sepihak atas syarat dan ketentuan di tengah perjalanan kontrak. Mohon klarifikasi dan jawaban dari pihak sriwijaya. saya hanya mengingatkan bahwa apa yg kita lakukan merugikan orang lain, termasukmendzolimi seaeorang atau beberapa orang, pasti ada balasan / karma baik langsung didunia dan pasti di akhirat nanti.

DIIKUTI OLEH