Kementerian Perdagangan

Jalan M. I. Ridwan Rais No. 5 Jakarta Pusat 10110 021-3858171 / 021-3841961/62 contact.us@kemendag.go.id
Jumat, 01:04
Abdul Gofur
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 9 hari

Saya bingung mau lapor kemana, marketplace sekarang menjamur dan hampir semua warga muda indonesia sudah belanja via online, yang jadi permasalahan sekarang penjual luar negri khususnya china dengan mudahnya menjual barangnya ke indonesia tanpa biaya pajak karena harga barang yg dia jual dibawah aturan pajak bahkan gratis ongkir pula. sedangkan penjual lokal apalagi distributor barang masuk pasti kena pajak. kasusnya kuantitas barang yang dijual sekarang lebih banyak penjual luar negeri, ntah berapa ratus ribu jumlah barang tiap jam nya barang ke indonesia masuk tanpa kena pajak, akankan pemerintah diam akan hal ini?

1 Agu, 00:40
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Kepada yth bapak/ibu
mohon kiranya dapat diinformasikan untuk persyaratan eksport karang hias budidaya apakah wajib melampirkan sertifikat kesehatan dalam surat persetujuan ekspor ke negara yg tidak mewajibkan sertifikat kesehatan?
karena sesuai peraturan peraturan menteri kelautan dan perikanan nomor: per. 05/men/2005 tentang tindakan karantina ikan untuk pengeluaran media pembawa hama dan penyakit ikan karantina pasal 2 huruf c menyatakan :pengeluaran media pembawa , dilengkapi sertifikat kesehatan ikan dan produk perikanan (health certificate for fish and fish products) yang diterbitkan oleh petugas karantina di tempat pengeluaran, apabila disyaratkan oleh negara tujuan.
negara tujuan eksport kami ke amerika tidak mewajibkan dilampirkan sertifikat kesehatan.
menjadi pertanyaan kami apakah kami dapat melakukan ekspor (diterbitkan surat persetujuan ekspor di bea dan cukai) karang hias budidaya ke amerika dengan tanpa melampirkan sertifikat kesehatan?
mohon kiranya dapat dibantu untuk menjelaskan hal tersebut, karena badan karantina ikan dan pengendalian mutu denpasar untuk saat ini menyatakan tidak dapat melayani penerbitan sertifikat kesehatan ikan untuk komoditas karang hias budidaya tanpa ada surat secara resmi (hal ini juga telah kami laporkan melalu web lapor.go.id dengan no laporan 4999843)
besar harapan saya agar pihak bea dan cukai dapat membantu agar proses ekspor perusahaan kami tidak terhambat dan dapat melayani customer kami yang ada di amerika dengan menerbitkan surat persetujuan ekspor tanpa melampirkan sertifikat kesehatan ke negara amerika
atas bantuan dan atensinya saya ucapkan terimakasih
salam
made

29 Jul, 16:01
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Saya pengusaha umkm bawang merah. mulai agustus 2019 pemerintah thailand menerapkan standar iso22000 jika ada ekspor bawang merah segar ke negara thailand. biaya pembuatan iso22000 mahal. mohon insentif pemerintah bagi kami. terima kasih.

26 Jul, 09:10
628122567xxxx
SMS Ditutup oleh Sistem

Yth ombudsman, mohon tegur mentan yg tdk memperjuangkan harga gabah. bagaimana mungkin petani sejahtera klu harga gabah di bawah 5 rb/kg? saat ini di jawa timur kab. ngawi panen raya harga gabah kisaran 4.5 rb/kg. pada hal biaya produksi meningkat utk pompa air (solar atau pulsa listrik) krn musim kemarau. utk itu para petani 5 thn ke dpn punya menteri pertanian yg pro petani bukan mentan pro impor beras.

25 Jul, 12:56
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 9 hari

Mohon dilakukan pengawasan terhadap semen Hippo karena mengabaikan standarisasi mutu dan masa berlaku SNI nya sudah berakhir.

25 Jul, 11:14
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Situs SIPT Kemendag sering error. Pengajuan perizinan yang saya ajukan sudah 3 hari tidak terproses. Saya coba melapor pada email yg tertera tapi belum mendapatkan respon, saya coba menelpon pada nomor yang tertera tidak ada yang menjawab. Mohon solusi nya.

24 Jul, 16:04
Turida
Website Ditutup oleh Sistem

Bagaimana cara merubah atau edit jenis usaha pada profil...
saya salah memasukkan data jenis user menjadi STPW LUAR NEGRI...
yang seharusnya ..perorangan

16 Jul, 21:03
Rita Andri
Website Ditutup oleh Sistem

Tolong secepatnya diatasi harga cabai yang naik setiap hari, dari 25.000/kg, sekarang sudah hampir 100.000/kg. Di mana Pemerintah kami? Kenapa kami seperti dibiarkan dalam kesulitan sendiri? Mentan di pertengahan Juni mengatakan pasokan cabai aman menjelang Idul Adha, namun kenyataannya harga cabai bisa mendadak naik dalam seminggu. Sungguh aneh bin ajaib. Pasokan di pasar banyak, melimpah, sangat bohong besar bila dikatakan karena kendala pasokan. Kejadian ini selalu berulang menjelang Idul Fitri dan Idul Adha, tapi makin lama makin parah, kenaikannya bisa 2 bln sebelum hari H skrg, dan kenaikannya udah gak masuk di akal lagi, 4 kali lipat. Di mana Pemerintah kami yang harusnya melindungi kami dari para mafia yang rakus? Tolong bertindak sekarang, Pak Jokowi. Terima kasih

16 Jul, 15:10
Risky Karnia
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Sebelumnya perkenalkan nama saya risky karnia, saya bekerja di perusahaan alat berat yang kebetulan saat ini sedang melakukan pekerjaan proyek BP Berau Tangguh LNG expansion di Papua Barat, permasalahan yang saya hadapi adalah
Bahwa saya ada barang alat berat (crane dengan hs 8426) yang sudah berada di indonesia dengan izin import sementara, masa perpanjangan sudah maximal yaitu 3 tahun habis awal september 2019 ini. Namun demi menunjang dan mempercepat selesainya proyek tersebut maka kami bertujuan untuk mengimport tetap barang import sementara kami ini yang sudah kami cek di list perdagangan termasuk kategori BMTB. Menurut pmk178/2018 bahwa barang import sementara dapat diselesaikan tanpa re eksport dengan tujuan lainnya dengan melengkapi izin izin dari instansi terkait sebelum mengajukan permohonan sayangnya saat saya mengajukan permohonan import barang bekas (bmtb) ke perdagangan saya mendapat surat balasan yang menyatakan harus adanya terlebih dahulu surat keputusan dari bea cukai terlebih dahulu sedangkan saat kami membawa surat tersebut bea cukai tg priok tetap berpedoman pada pmk178/2018 bahwa rekomendasi dari instansi terkait harus di lengkapi terlebih dahulu. Sampai sekarang masi di pimpong begitu trus tanpa ada kepastian dan kejelasan sedangkan izin import sementara saya sudah mendekati batas maksimal yaitu 3 tahun. Permohonan ini sudah saya mulai ajukan dari bulan mei 2019. Saya sudah menanyakan ke bea cukai sesuai dengan arahan perdagangan dimana perdagangan berharap bahwa bea cukai mau mengeluarkan pernyataan terlebih dahulu mengenai hal ini sedangkan jawaban bea cukai rawamangun/pusat bahwasanya pmk178.2018 ini sudah di telaah dan disetujui dengan perdagangan jadi tidak perlu membuat pernyataan lagi dan saya ajukan untuk mediasi antara perdagangan, beacukai dan pengguna jasa itupun ditolak mohon bantuannya.

Regards,
Risky K / 08111018235 / 0817180235 (WA)

14 Jul, 14:58
Wendy
Website Ditutup oleh Sistem

Mohon informasi mengenai legalitas kegiatan dari memiles (aplikasi) yg katanya bisa beli barang dgn harga murah, namun dalam kegiatan nya seperti mlm yg mengharuskan mengajak org lain dan mendapatkan komisi.
berikut link web https://memiles.org
memiles – melangkah memiliki ekonomi sejahtera
dan link apps nya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.memiles.app

DIIKUTI OLEH