Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 3-4 Kuningan, Jakarta 12940 021-5204366/72 awasikoperasi@gmail.com
7 Okt, 08:26
Anonim
Android Ditutup oleh Sistem

Bagaimana cara urus sk hukum koperasi yang hilang? dulu diterbitkan oleh kementerian koperasi.
mohon penjelasan alur dan syaratanya apa saja?

2 Okt, 22:24
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Bagaimana cara mendapatkan salinan sk badan hukum koperasi yang hilang, sedangkan akta pendiriannya jg hilang?

17 Jul, 22:00
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Kepada yth
kementrian koprasi dan umk,saya ingin menanyakan akses/cara untuk mendapatkan bantuan modal usaha kecil dari pemerintah. ( pendaftaran pembiayaan dari pemerintah )
terimakasih

29 Jun, 15:05
Sandi Nurcahyo
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 7 hari

Kepada Yth
Bapak / Ibu

Perkenankan saya Sandi Nurcahyo (50th) manajer sebuah usaha funiture handmade ekspor dan padat karya di Jepara , Jawa Tengah.
Kami memproduksi handmade furniture dengan jenis produk bahan kayu-jati bekas (recycled teak) dan akar-jati (recycled-teak-root).

Bahwa saat ini kami sedang mengalami kesulitan dan kebingungan karena tidak memiliki modal untuk tetap berjalan.
Sebelumnya saya berpartner dgn warga asing namun semenjak awal 2018 bercerai dgn isterinya dan kembali ke negaranya.
Maka kemudian menarik semua penyertaan modal kepemilikannya di usaha ini.

Kemudian saya berusaha untuk tetap meneruskan namun sangat berat sekali karena tidak memiliki modal kerja dan menuju tutup.
Perusahaan ini juga belum memiliki legalitas yg memadai maka kamipun kesulitan untuk masuk ke bank dan institusi pendanaan lainnya.
Sangat disayangkan karena usaha padat karya ini sudah memiliki beberapa pembeli (buyers) tetap dari eropa (jerman dan belanda)
Bahwa ada banyaknya potensi order-order buyers masuk bila perusahaan manufaktur recycled-teak furniture ini memiliki permodalan yg memadai.
Dan juga kebetulan saya sudah lebih dari 15 tahun memiliki pengalaman usaha bidang recycled teak ini.

Berharap bapak / ibu berkenan menolong dan menyelamatkan kami yg dalam kesusahan kesulitan ini untuk pengambilalihan
kepemilikan usaha funiture handmade ekspor ini.

Tujuan kami hanyalah agar usaha padat karya ini bisa tetap berjalan dan kami tetap bisa bekerja untuk menghidupi dan menyekolahkan anak-anak kami.

Demikian permohonan kami dan kami ucapkan banyak terima kasih dan sangat berharap bapak / ibu bersedia untuk menolong kami.

Salam hormat kami,
Sandi Nurcahyo
Tlp/WA 081325251717

1 Mei, 07:55
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Sidak dong sekali kali bank pemerintahan yang melakukan program kur. Udah sesuai belum dengan slogan mereka melayani dengan sepenuh hati.
Kebanyakan masyarakat dibuat menunggu tanpa kepastian di program kur. Berbelit juga. Dan yang pasti digantung itu gk enak loh pak !.
Kenapa harus masyarakat nya yang tiap saat dtg ke bank utk menanyakan hasil pengajuan kur nya. Kenapa pihak bank seakan tenang aja sementara masyarakat nya butuh kepastian cepat.
Sebetulnya dana kur ini kemana sih lari nya ? . pemerintah mau membantu tp prosedur di bank di persulit, di gantungkan tanpa kepastian.
Saya yang mengalaminya sendiri. Seminggu gk ada kabar. Waktu saya dtgi lagi baru lah di proses. Itu pun berkas yang lain menumpuk. Sedangkan karyawan sibuk main hape. Saya rasa di bank yang benar benar bekerja itu hanya teller dan cs saja. Tp utk bagian kantor ya di sidak aja sndiri pak.
Tolong pak sistem peminjaman kur di perbaiki. Kinerja nya di tingkat kan lagi. Dan proses nya tolong di percepat lagi. Jangan banyak alasan dan bertele tele. Terutama bank bri . Trima kasih.

14 Mar, 21:09
Salim Saleh
Website Ditutup oleh Sistem

Koperasi fitri pdl bahari yg berkedudukan di kelurahan jayabakti dusun 4 ,kecamatan pagimana , kabupaten banggai, provinsi sulawesi tengah. Sesuai surat keputusan menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah..no 012362/bh/m.kjkm.2/11/2019 yg bergerak di budidaya rumput laut. Namun kendala yg kami alami yaitu modal usaha pembelian bibit rumput laut dan bahan perlengkapan lainya. Kami memohon dengan sangat kiranya bapak presiden dapat memperhatikan kami disini, semua ini kani lakukan untuk memenuhi ekonomoi kami.

26 Feb, 05:26
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Mohon petunjuk . sy punya usaha meubelir yg sudah berdiri sejak th 1990 sampai sekarang masih aktif, namun sy ingin mengembangkannya lebih besar lagi , bagaimana cara mendapatkan bantuan alat yg medern serta modal usaha dari pemerintah khususnya yang membidangi dari kementrian perindustrian pusat. mohon petunjuknya, adapun kerajinan yg sy kembangkan saat ini ukir kayu, bubut kayu, meubel kayu dll. serta membuka pelatihan buat anak anak sma dan yang putus sekolah untuk belajar kerajinan tersebut,kendalanya surat ijin usaha, alat alat mesin modern serta modal usaha yg masih minim. alamat sy an, meubel rody desa lembah keramat kec toili barat kab banggai sul teng. sy ingin berkarya seperti p jokowi dapat membuka peluang usaha meubel yang terkenal . mohon solusinya

26 Feb, 00:44
Nur Alima Amelia
Website Ditutup oleh Sistem

Saya nur alima amelia melaporkan kepada kemenkop dan ukm atas koperasi anugerah sejahtera telah melakukan kesalahan prosedur utama pinjaman dgn agunan : 1. agunan harus a/n. peminjam atau persetujuan pemilik sesuai nama agunan. 2. jika peminjam menikah harus persetujuan suami/istri.

nama saya (istri) dijadikan penjamin untuk suami sy menggadaikan bpkb padahal sy tdk tahu sama sekali apalagi menyetujui..
koperasi mencatut nama saya sebagai penjamin tanpa saya ketahui.

kemudian bpkb yg dijaminkan adalah milik kakak sayapun tanpa seizin dan persetujuan kakak sy.

mohon ditindak koprasi tdk taat prosedur ini.. menjerumuskan nasabah dgn dalil mempermudah urusan.

14 Feb, 02:14
Teddy Unggul Witjaksono
Website Ditutup oleh Sistem

Membuka keterisolasian umkm melalui rest area jalan hambat raya

1. kecepatan pengiriman barang
produk umkm diangkut dari tempat produksi oleh angkutan lokal ke rest area terdekat, kemudian diangkut oleh angkutan tol ke rest area terdekat dari penerima/pembeli, dan terakhir diangkut oleh angkutan lokal ke alamat pembeli.

2. fleksibilitas jumlah dan tujuan pengiriman produk
dengan adanya sistem pengangkutan secara kolektif, maka memberikan keleluasaan bagi umkm untuk melakukan pengiriman produk dengan kuantitas dan tujuan manapun. sebelumnya hal ini tidak dimungkinkan, karena mengingat kecilnya produk umkm, sehingga terlalu mahal jika harus menyediakan atau menyewa sarana angkutan sendiri.

3. minimalisasi biaya pengangkutan
selain sistem kolektif tersebut, juga diterapkan sistem pemanfaatan kapasitas kosong (idle capacity) moda-moda angkutan yang ada, baik yang diluar maupun yang berada didalam jalan tol. contoh biasanya truk-truk angkutan mengantarkan barang pesanan ke pembeli penuh dan waktu pulang kosong. dengan sistem ini kapasitas kosong tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengangkut barang saat perjalanan pulang.

4. nilai harga yang menguntungkan produsen (umkm) maupun pembeli
menghilangkan atau meminimalkan peran pihak perantara, sehingga penambahan harga hanya tergantung pada biaya angkutan, termasuk bongkar muat. tidak ada komponen tambahan keuntungan (profit), yang biasa diambil oleh pihak perantara

5. meningkatkan daya tawar umkm
dengan adanya sarana bagi umkm untuk memasarkan dan mendistribusikan produknya ke berbagai tujuan/pembeli ini, diharapkan dapat mengurangi kebergantungan pada perantara lokal, yang pada umumnya tidak berimbang (fait accompli).

6. memacu pertumbuhan umkm dan meningkatkan serapan tenaga kerja
dengan terciptanya nilai jual yang bagus , maka akan memberi semangat umkm-umkm lokal untuk meningkatkan diri bahkan memacu timbulnya umkm-umkm baru, yang secara langsung meningkatkan serapan tenaga kerja local, baik untuk tenaga produksi maupun tenaga angkutannya.

7. menginisiasi timbulnya industri sederhana dan menengah untuk barang setengah jadi dan barang jadi pada umkm lokal
dengan tingginya semangat dan kegairahan berproduksi produk mentah (hasil pertanian, perkebunan, peternakan dll), maka ketersediaan produk mentah yang berlimpah tersebut akan merangasang umkm untuk berinovasi meningkatkan nilai tambah produknya, menjadi barang setengah jadi dan jadi. hal tersebut dimungkinkan karena tersedianya sistem distribusi yang menjangkau kesemua penjuru indonesia bahkan ke luar negri, melalui bandara kertajati dan pelabuhan patimban.


hal penunjang yang dibutuhkan adalah dukungan sistem informasi terkini, yang mencakup:
- informasi permintaan
- informasi spesifikasi dan karakteristik produk
- informasi regulasi dan tax setempat (untuk tujuan ekspor)
- informasi jangka waktu dan biaya pengiriman
- informasi keamanan sistem pembayaran


marketing super untuk menunjang expor produk umkm:
· tenaga pemasar dan penjual yang ditempatkan diseluruh dunia (bisa dikantor-kantor perwakilan), yang bertugas melakukan aktivitas pemasaran dan penjualan secara langsung (door to door) pada konsumen dan calon konsumen untuk memaintain dan meningkatkan pembelian.

· jadi aktitas pemasaran tidak hanya terbatas pada pengiriman brosur dan contoh atau tampil (listing) pada situs pemasaran atau mengikuti pameran di negara setempat.

· tapi harus ada tenaga khusus (marketing super), yang akan menindak lanjuti setiap prospek tersebut, secara intensif, bertatap muka langsung menjelaskan keunggulan produk dari sisi harga, kwalitas serta kemudahan dan kecepatan pengiriman. hal ini sangat sulit dan mahal dilakukan oleh produsen umkm.

· selain dari melakukan aktifitas penjualan yang agresif tersebut, mereka juga wajib mendata regulasi, persyaratan yang berlaku setempat, serta menampung keluhan-keluhan konsumen atau prospek konsumen, atas produk kita atau produk negara lain yang telah terkirim, sehingga nantinya bisa lebih meningkatkan diri atau bahkan mengisi kekurangan dari produk negara lain tersebut.

· hal ini bisa dilakukan jika ada pendekatan yang intens secara terus menerus dan personal (customized), bagi para calon konsumen atau yang sudah menjadi konsumen.

12 Feb, 15:27
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Persyaratan untuk membuat surat keterangan usaha harus melampirkan photo copy sertifikat rumah. fungsinya untuk apa? rata-rata orang yang membuat sku ini orang menengah kebawah yang butuh modal untuk ngembangin usaha nya, dan gak semua punya rumah.
semakin lama, makin dipersulit, bukannya dipermudah rakyatnya, karena kalo umkm meningkat itu juga bakalan mempengaruhi perekonomian negara.

Unit Instansi

DIIKUTI OLEH