Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta 021-3808384
7 Mei 2019, 19:22
Edward Adiprasetyo
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Saya ingin mengurus perizinan usaha (siup/tdp/nib) secara elektronik (oss) di website oss.go.id, karena pada dokumen siup/tdp perusahaan yang saya miliki saat ini telah kadaluarsa sebelum 2017.

Saat mendaftar di oss.go.id terjadi kesalahan input jenis pelaku usaha yang seharusnya non perorangan menjadi perorangan. Bagaimana cara memperbaikinya? Lalu apa yang harus dilakukan apabila nomor akta perusahaan tidak dapat ditemukan di fitur ahu online?

7 Mei 2019, 16:29
Fajar Wicaksono
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Ingin melaporkan bahwasannya saya telah menginput data oss namun ada 1 kolom yang saya sendiri salah input. Mohon arahan untuk editing supaya saya bisa memproses lebih lanjut sesuai laman di oss.

4 Mei 2019, 18:00
Anonim
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Terdapat kesalahan dalam memasukan alamat email dalam pendaftaran sistem oss,bagaimana cara memperbaikinya

28 Apr 2019, 09:27
Mokamad Said
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Ingin melaporkan pencabutan nib perusahaan di karnakan waktu pelaporan izin usaha salah memasukkan kbli usaha

28 Apr 2019, 09:16
Mokhamad Fatikhin
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Pingen mencabut nib di karnakan pendaftaran pertama salah masukkan kbli

11 Apr 2019, 13:25
Susanto
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Di aplikasi oss tidak ada menu untuk perubahan data, perubahan data diperlukan dikarena ada kesalahan input,

25 Mar 2019, 09:00
Rizaldy Yudha
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Selamat pagi dan salam sejahtera.

Saya ingin menyampaikan beberapa keluhan terkait pengurusan izin yang hadapai dalam pekerjaan saya.
Saya adalah salah satu karyawan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang industri sejak tahun 2001, dan sejak beralih ke oss kami di wajibkan untuk membuat izin baru, yang ingin saya perjelas disini bahwa sosialisasi oss tidak maksimal karena tidak memberi pelatihan kepada perusahaan yang akan membuat izin sehingga semua berjalan otodidak untuk mempelajari sistem oss sendiri.

Yang menjadi permasalahan adalah saya pribadi merasa pemerintah belum siap menerapkan sistem oss, karena beberapa hal yang saya temui dalam kasus saya berikut :

- saya memulai membuat perizinan melalui oss untuk perusahaan pusat, dan hasilnya saya berhasil membuat nib,izin lokasi, izin komersial, bpjs dan izin lingkungan.
Saya tidak mendapatkan izin usaha industri padahal dalam akta tertera kami dapat bergerak dalam bidang undustri, dan setiap kali saya ingin coba untuk edit akta dan menambah maksud dan tujuan selalu ditolak sistem dengan alasan ahu di ambil secara online, tidak dapat di ubah, sedang perusahaan kami sebelu oss memang sudah bergerak di bidang industri makanan sejak 2001 dengan kbli 1021, 1022 namun di oss kami tidak bisa memperoleh itu.

- kedua izin tidak dapat berlaku efektif tanpa pemenuhan syarat slf imb dll...
Saya mencoba log in untuk melengkapi persyaratan tersebut, namun dalam kolom untuk menuliskan alamat, kecamatan saya di pindahkan ke jendela baru, saya coba memilih kecamatan namun tidak bisa, sehingga hal itu tidak dapat selesai.

-ketiga adalah masalah yang paling membuat saya bingung dengan oss.
Saya mencoba membuat izin untuk pt baru sejak bulan 2 2019,pada awalnya saya berhasil membuat nib, namun tiba2 data tersebut hilang pada ke esokan harinya, pada saat saya cek, info nya adalah nib belum terbit, sehinga saya berasumsi harus membuat ulang, saya coba input ulang dan pada langkah kedua terkait masalah produk, bpjs, izin impor, semua telah lengkap, namun setiap saya pilih untuk melanjutkan selalu pemberitahuan bahwa proses gagal.
Awalnya saya kira jaringan, namun setelah berkali-kali saya coba keesokan harinya dan hasilnya selalu sama, sejak bulan 2 hingga hari ini, dan saya kaget saat memeriksa email saya ternyata ada puluhan email dari oss menyatakan penerbitan nib untuk pt tersebut, yang artinya setiap kali saya input dan ada informasi proses gagal, selalu masuk email oss menyatakan nib terbit, pertanyaan saya bagaimana bisa seperti ini di sistem tidak ada, namun email masuk menyatakan terbit, sedang setiap email yang masuk dengan no nib yang berbeda-beda, berarti pt saya tersebut memiliki banyak sekali no nib terdaftar.

Saya mencoba menhubungi contact center oss di no 0807 1 002 576
Dan mengirim email ke helpdesk serta membuat list kasus melalui aplikasi namun semua nihil, tak ada jawaban, telp tidak di angkat, email tidak di balas.

Saya sebagai pihak perusahaan sangat merasa kecewa dengan ini, kami terhambat cukup lama dan tidak ada solusi.
Kami di acuhkan begitu saja.

Terima kasih, saya berharap dengan ini ada tindak lanjut cepat dari perizinan untuk membantu kami yang sudah lama mengambang dan tidak menjalankan usaha kami.

19 Mar 2019, 13:30
Lucky Edie Soeryono
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Saya dalam pengisian daftar pada OSS Republik Indonesia di menu jenis pelaku usaha saya klik perseorangan padahal seharusnya non perseorangan. Nah ini gimana solusinya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

13 Mar 2019, 12:48
Rizaldy Yudha
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Selamat pagi dan salam sejahtera.

Saya ingin menyampaikan beberapa keluhan terkait pengurusan izin yang hadapai dalam pekerjaan saya.
Saya adalah salah satu karyawan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang industri sejak tahun 2001, dan sejak beralih ke oss kami di wajibkan untuk membuat izin baru, yang ingin saya perjelas disini bahwa sosialisasi oss tidak maksimal karena tidak memberi pelatihan kepada perusahaan yang akan membuat izin sehingga semua berjalan otodidak untuk mempelajari sistem oss sendiri.

Yang menjadi permasalahan adalah saya pribadi merasa pemerintah belum siap menerapkan sistem oss, karena beberapa hal yang saya temui dalam kasus saya berikut :

- saya memulai membuat perizinan melalui oss untuk perusahaan pusat, dan hasilnya saya berhasil membuat nib,izin lokasi, izin komersial, bpjs dan izin lingkungan.
Saya tidak mendapatkan izin usaha industri padahal dalam akta tertera kami dapat bergerak dalam bidang undustri, dan setiap kali saya ingin coba untuk edit akta dan menambah maksud dan tujuan selalu ditolak sistem dengan alasan ahu di ambil secara online, tidak dapat di ubah, sedang perusahaan kami sebelu oss memang sudah bergerak di bidang industri makanan sejak 2001 dengan kbli 1021, 1022 namun di oss kami tidak bisa memperoleh itu.

- kedua izin tidak dapat berlaku efektif tanpa pemenuhan syarat slf imb dll...
Saya mencoba log in untuk melengkapi persyaratan tersebut, namun dalam kolom untuk menuliskan alamat, kecamatan saya di pindahkan ke jendela baru, saya coba memilih kecamatan namun tidak bisa, sehingga hal itu tidak dapat selesai.

-ketiga adalah masalah yang paling membuat saya bingung dengan oss.
Saya mencoba membuat izin untuk pt baru sejak bulan 2 2019,pada awalnya saya berhasil membuat nib, namun tiba2 data tersebut hilang pada ke esokan harinya, pada saat saya cek, info nya adalah nib belum terbit, sehinga saya berasumsi harus membuat ulang, saya coba input ulang dan pada langkah kedua terkait masalah produk, bpjs, izin impor, semua telah lengkap, namun setiap saya pilih untuk melanjutkan selalu pemberitahuan bahwa proses gagal.
Awalnya saya kira jaringan, namun setelah berkali-kali saya coba keesokan harinya dan hasilnya selalu sama, sejak bulan 2 hingga hari ini, dan saya kaget saat memeriksa email saya ternyata ada puluhan email dari oss menyatakan penerbitan nib untuk pt tersebut, yang artinya setiap kali saya input dan ada informasi proses gagal, selalu masuk email oss menyatakan nib terbit, pertanyaan saya bagaimana bisa seperti ini di sistem tidak ada, namun email masuk menyatakan terbit, sedang setiap email yang masuk dengan no nib yang berbeda-beda, berarti pt saya tersebut memiliki banyak sekali no nib terdaftar.

Saya mencoba menhubungi contact center oss di no 0807 1 002 576
Dan mengirim email ke helpdesk serta membuat list kasus melalui aplikasi namun semua nihil, tak ada jawaban, telp tidak di angkat, email tidak di balas.

Saya sebagai pihak perusahaan sangat merasa kecewa dengan ini, kami terhambat cukup lama dan tidak ada solusi.
Kami di acuhkan begitu saja.

Terima kasih, saya berharap dengan ini ada tindak lanjut cepat dari perizinan untuk membantu kami yang sudah lama mengambang dan tidak menjalankan usaha kami.

DIIKUTI OLEH