Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta

27 Agu, 15:13
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Ibu natalita yg bertugas di kantor imigrasi pusat yogyakarta telah mengancam saya untuk membatalkan paspor anak saya.. saya membuat paspor udah 2 minggu lebih,tetapi saat saya mau ngambil selalu dipersulit . jarak tempuh rumah saya ke kantor 61km... bolak-balik tetep dipersulit..saya sangat merasa dirugikan atas pernyataan beliau..

23 Agu, 10:41
Dr Hanson
Website Ditutup oleh Pelapor

Selamat pagi,

saya dr. hanson ingin menyampaikan keluh kesah untuk proses pelayanan kantor imigrasi kelas 1 kota yogyakarta.

pada hari jumat, tanggal 23 agustus 2019 pk 08.07 wib, saya menghubungi langsung nomor telp kantor imigrasi kelas 1 yogyakarta (0274-484370) untuk menanyakan perihal proses perpanjangan passport dengan domisili ktp bandar lampung dan posisi saat ini di yogyakarta.

pertama kali telp diangkat oleh seorang cs perempuan dengan ramah, namun tidak memiliki jawaban sehingga di oper ke pegawai senior yang ada di sebelahnya, oleh pegawai senior ini saya diberikan pertanyaan ulang tentang apa yang ingin saya tanyakan (dengan nada ketus dan pemilihan kata non-formal), setelah itu saya di berikan arahan untuk 'langsung saja datang ke kantor, bawa e-ktp dan passportnya'.

karena arahan tsb saya berangkat dari rumah di godean menuju kantor imigrasi kelas 1 yogyakarta dengan waktu tempuh 1 jam melalui kota.

setelah tiba di kantor (pk 09.45), saya ditolak untuk melakukan pendaftaran dikarenakan prosedur saat ini mewajibkan setiap pendaftar (selain anak dan lansia) untuk menggunakan fitur daftar online. hal ini pun disampaikan dengan kurang ramah, seolah saya yang memaksakan diri untuk melanggar aturan, padahal saya datang atas arahan yang diberikan oleh pihak kantor imigrasi sendiri.

saya coba jelaskan bahwa saya sudah menghubungi pihak kantor sebelum datang, dan saya tunjukan juga bukti komunikasi pk 08.07 ke no telp kantor. namun saya malah dilontarkan pertanyaan 'siapa memangnya yang bilang begitu? siapa nama orangnya?'. jelas saya tidak tahu siapa nama cs yang tadi memberikan jawaban kepada saya, yang bisa saya tunjukan hanyalah bukti komunikasi via telp tsb. (cs di telp jg tidak memperkenalkan nama, tapi yang jelas bisa dicek siapa yang bertugas pada saat kejadian).

akhir cerita, saya ditawarkan untuk didaftarkan oleh pihak imigrasi hari rabu (5 hari setelah kedepannya). ini juga saya mulai bingung, seandainya pendaftaran online baru dibuka hari jumat ini nanti pk.14.00. mengapa diri saya harus diundur hingga rabu? bukankah hari senin dan selasa juga pastinya kosong karena pendaftaran belum dibuka sama sekali?

setelah saya tanyakan apa yang ada di pikiran saya, jawabannya sederhana, 'karena biasanya banyak orang yang memilih hari senin dan selasa'. ini jawaban yang sangat aneh dan tidak masuk akal, mengapa 'banyak' orang lain diizinkan memilih senin/selasa, sedangkan saya harus dibuat menunggu lagi menjadi hari rabu, setelah kesalahan yang bahkan diakibatkan oleh pihak kantor imigrasi sendiri?

sekian kronologis kejadian tidak menyenangkan yang saya alami, mohon kiranya dapat dijadikan bahan untuk perbaikan pelayanan kedepannya.

salam hormat,

dr. hanson

20 Jul, 10:26
Puspa Dwi Putri
Website Ditutup oleh Sistem

Pada tgl 19 juli 2019 kmrn saya daftar antrian paspor online di kantor migrasi bantul, sdh sampai langkah 3 yg simpan itu kenapa saya tdk dpt barcode?makasih

6 Jul, 16:03
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Selamat siang... sebelumnya mau saya sampai kan saya mengajukan permohonan paspor di imigrasi kelas 1 yogyakarta pada tanggal 26 juni 2019.. dengan nomor permohonan 1419000000010072.. pada saat saya wawancara dan foto saya dilampirkan blanko buat pembayaran dan akan dilakukan cek lapangan untuk permohonan paspor saya.. namun sudah hampir 10hari blm ada kejelasan tentang cek lapangan dan kapan paspor saya akan di proses..saya sampai bolak balik hampir 3x ke imigrasi dan dengan jawaban nada "sengak" oleh bapak yg bertugas pd pengambilan paspor bahwa paspor saya belum diproses menunggu cek lapangan yg entah kapan akan diproses dan saya juga sudah membayar biaya pembuatan paspor

6 Jul, 04:36
Adi Dayu Ammytrisna
Website Ditutup oleh Sistem

Perkenalkan nama saya adi dayu. saya berniat untuk mendaftar pembuatan paspor untuk kedua anak saya, karena saya dan keluarga akan pindah ke ln. setelah saya browsing dan cari informasi, bahwa sekarang disarankan untuk lewat aplikasi android. dan kuota dibuka pada hari jumat 14.00-16.00. saya mendaftarkan pada kanim klas 1 yogyakarta lewat aplikasi tsb di hape saya. dari pukul 2 yang keluar hanya pop up harap tunggu, sampai hampir pukul 15.00 kemudian keluar informasi "kuota habis". saya coba di kanim bantul dan kulonprogo juga sama. saya coba kembali pada pukul 18.00 masih sama namun di kanim klas 2 bantul tersedia. dan saya coba ketikkan hari dan jam yang saya inginkan, namun belum selesai saya mengetik keluar pop up kembali "kuota habis".

yang ingin saya tanyakan, apakah memang begini prosedurnya? kenapa jadi terkesan tidak fair hanya dibuka pada hari tertentu? apakah benar sebanyak itu yang mendaftar sehingga pada waktu periode 1jam saja kuota sudah habis di tiga kantor pelayanan? sedangkan pada saat jam 14.00 tidak bisa diakses sama sekali? kenapa tidak seperti saat tahun 2016 saja dikembalikan, kami tetap bisa mendaftar online kapanpun asalkan memang kuota nya masih tersedia (saat itu saya membuat paspor di kanim kelas 2 depok). mohon penjelasannya karena menurut kami prosedur ini menyusahkan kami dalam mengurus hak kami sebagai warga negara yang belum tentu memiliki waktu panjang kalau harus mengurus antrian saja setiap minggu.

terimakasih.

25 Jun, 08:25
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Saya ingin melaporkan keterlambatan kantor imigrasi yogyakarta dalam menerbitkan passpor saya dan keluarga dengan alasan ada masalah dengan sistem di jakarta, sehingga data saya masih nyangkut di bagian wawancara. saya mengajukan permohonan pada hari kamis tanggal 20juni 2019 dan semua proses administrasi sudah saya laksanakan sesuai aturan yang berlaku dan saya sudah menyerahkan semua syarat yang diminta, serta saya juga sudah membayarkan biaya pembuatan passpor pada tanggal itu juga. pada tanggal 20juni tsb, saya disuruh balik untuk mengambil passpor pada hari selasa tanggal 25 juni 2019. tapi pada tanggal 25 juni ini ternyata passpor saya belum jadi dengan alasan diatas, dan pihak imigrasipun tidak bisa memberikan kepastian kapan passpor saya bisa jadi.

komplen sayapun hanya ditanggapi dengan menyuruh saya komplen langsung ke kementrian hukum dan ham.

semoga pelayanan kantor imigrasi bisa diperbaiki lagi, agar tidak ada yang kecewa atau merasa dirugikan dengan administrasi yg tidak memuaskan ini.

28 Mei, 21:07
Syaifa Tania
Website Ditutup oleh Sistem

Selamat malam, bapak/ibu.
hari ini saya mengunjungi kantor imigrasi kelas i yogyakarta untuk mengambil paspor, namun justru mengalami kejadian yang kurang menyenangkan karena paspor saya belum jadi. sebelumnya, saya sudah melakukan proses pengurusan paspor pada hari kamis, 23 mei 2019 serta sudah melakukan pembayaran via kantor pos pada hari yang sama. selanjutnya, saya diinformasikan oleh petugas imigrasi bahwa paspor dapat diambil pada hari selasa, 28 mei 2019 karena proses pengurusannya membutuhkan waktu tiga hari kerja. pada hari selasa pagi ini saya mendatangi kantor imigrasi dan disebutkan bahwa karena ada kerusakan sistem di imigrasi pusat maka paspor saya belum dapat dicetak dan tidak ada kepastian waktu kapan paspor tersebut selesai. petugas kemudian menawari saya untuk bicara dengan kasi di kantor tersebut dan saya bersedia bertemu. saya kemudian bertemu dengan kasi atas nama ibu natalis. saya menanyakan persoalannya dan meminta kemungkinan solusi karena saya harus melakukan perjalanan ke luar negeri untuk keperluan pekerjaan pada bulan juni. menurut keterangan ibu tersebut tidak ada solusi selain menunggu. pihak imigrasi tidak dapat memberikan keterangan atau solusi apapun, selain meminta saya menunggu tanpa ada kejelasan waktu. saat saya bertanya pada petugas kapan waktu cuti libur idul fitri, disebutkan bahwa cuti dimulai pada tanggal 30 mei hingga 9 juni. waktu tersebut sangat mepet sekali dengan jeda waktu keberangkatan saya dan tidak ada kepastian pun apakah di tanggal tersebut paspor saya sudah selesai dibuat. sungguh, saya sangat kecewa dengan pelayanan ini. saya memahami bahwa ada libur idul fitri dan kerusakan sistem mungkin saja terjadi, namun tidak adanya kepastian dan solusi yang bisa diberikan sungguh sangat merugikan. saya berharap persoalan ini dapat segera tertangani karena tidak semestinya perjalanan/aktivitas masyarakat tertunda karena kesalahan sistem dan tidak ada solusi sama sekali. terima kasih.

28 Mei, 10:34
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Ketik laporan isi identitas selesai
laporan anda:
kitas suami habis di tgl 5-5-2019 sudah diurus dari 2bln sblmnya dg surat kuasa ke ortu saya ttp pihak imigrasi jogja baru memasukan sistem tgl 13-5-2019 dan baru diserahkan kepada kami tgl 15-5-2019 dan kami terima by pos 17-5-2019 padahal kami mendapatkan surat masuk data tgl 2-5-2019 dan itu hanya kepengurusan pindah domisili .sehingga suami saya dikatakan overstay hingga 18hari yg mengakibatkan kami harus membayar 18juta. saya merasa tidak adil. kalaupun dikarenakan ada trouble sistem harus nya ada ke bijaksanaan untuk tidak merugikan kami sehingga kami di minta bayar overstay karena trouble sistem. tolong pengaduan saya ini dapat diberi tanggapan.
terimakasih

26 Mei, 22:32
Noor Mahmudah
Website Ditutup oleh Sistem

Saya mencoba mendaftarkan suami untuk pengurusan paspor baru melalui website dan aplikasi android. beberapa kali saya mencoba tetapi tidak bisa merubah nama pemohon sesuai dengan nama dan nik suami sehingga nama pemohon yang terdaftar adalah nama saya (noor mahmudah). apakah nomor antrian di kantor mpp kulon progo dengan kode ym1-kszr5r untuk tanggal 29 mei 2019 (terlampir) masih bisa dipakai untuk proses pengurusan paspor suami saya (hagus bintarto / nik 3402160808690011)? mengingat suami saya harus segera mengurus paspor untuk keperluan ibadah haji. terima kasih atas bantuan bapak/ibu.

7 Mei, 15:56
Thio Verdi
Website Ditutup oleh Sistem

Selamat sore,

Saya verdi, saya ingin membuat laporan mengenai pelayanan kantor imigrasi yogyakarta,
Singat cerita saya tinggal di bali passport saya sebentar lagi habis masa berlaku, saya ingin perpanjang cuman tidak bisa karena nama saya di passport berbeda, untuk memperbaikin itu saya di arahkan untuk kembali ke imigrasi yogyakarta (tempat pertama buat passport), saya ingin mencari informasi untuk solusi termudah untuk masalah ini ke imigrasi yogyakarta, saya coba tetapi orangnya tidak tahu prosesnya, jadi saya di suruh telpn 2 jam lagi, setelah saya tlpn sudah tidak ada yang angkat. Saya sangat kecewa terhadap pelayanan yang telah di berikan kepada saya.
Tolong berikan pelayanan yang mudah diproses, tanpa mengurangi kualitas pelayanan di lokasi.

DIIKUTI OLEH