Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama

23 jam yang lalu
Anonim
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 5 hari

15 september 2019
Pada bulan Agustus 2019 saya mengajukan surat permintaan buku nikah baru dari pengadilan agama, sampai sekarang bulan September 2019 masih belum ada respon apapun, dan ketika saya datang ke kantor KUA di kec. Mandalasari tsb, mengatakan "kita lupa karena tidak ada administrasi apapun" sedangkan saya sudah membayar biaya sidang dan disitu saya tidak diharuskan biaya administrasi apapun di kantor KUA ..
Begitulah laporan yang saya buat dengan sebenar-benarnya.

23 Agu, 18:23
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Mohon bantuannya saya ingin bertanya, apakah betul jika ingin revisi surat numpang nikah dikenakan biaya? karena sesuai dokumen terlampir surat numpang nikah dari kua kec. ciruas. serang banten banyak terjadi kesalahan. padahal ada ktp sebagai acuan data capasutri. selain itu banyak juga kesalahan pengetikan. apakah saat rekruitmen staf kua tidak ada pengetesan? hingga hal2 seperti ini luput. jika boleh tau, mengapa dikenakan biaya untuk revisi? fyi, saya tidak mengupload lampiran.

7 Agu, 15:02
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

6 juli 2019 kemaren saya melakukan pernikahan, setelah buku nikah saya terima ternyata ada kesalahan dalam pengisian tahun lahir istri, pekerjaan suami, pekerjaan istri, dan besaran mas kawin salah. Pertanyaanya :
1. Bagaimana mekanisme pembetulah data tersebut?
2. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan pembetulan data tersebut?
3. Apakah ada biaya yang harus ditanggung saya sebagai korban kesalahan tersebut?

31 Jul, 11:20
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 5 hari

Apakah bisa mendaftarkan pernikahan ke KUA (Jakarta Timur) tapi akta hilang? apakah bisa digantikan dengan dokumen lain seperti ijazah?

30 Jul, 15:08
Mohammad Mudlofir
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Nik di buku nikah saya terdapat kesalahan nomor di akhir, kemarin pas tanggal 29 di urus istri malah di perbarui dengan di coret-coret seperti strip dua.
apakah buku nikah saya bisa digantikan dengan yang baru ? lalu apakah saya harus mengeluarkan biaya lagi ?

26 Jul, 18:08
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Saya pernah baca bahwa nikah di kua itu gratis, namun hari ini jumat 26 juli ibu saya menguruskan warganya untuk nikah di kua kota surabaya kecamatan tambaksari seakan2 dipersulit (diundur2), dengan alasan sekarang lebih banyak pekerjaan misal legalisir dan semacamnya namun langsung direspon jika mengajukan nikah di rumah. menurut ibu saya ini semenjak kepala kua nya diganti

26 Jul, 09:37
Wisnu Nugraha
Website Ditutup oleh Sistem

Selamat pagi, saya mau melaporkan tindakan pungli yang dilakukan oleh petugas kua,
surat nikah saya hilang, dan saya datang ke kantor polsek cigudeg untuk membuat surat kehilangan, setelah mendapat surat kehilangan saya berangkat kua dengan berkas lengkap, untuk membuat duplikat surat nikah yang hilang, sampai disana saya dipinta uang 600ribu oleh ketua kua untuk menimbulkan buku baru,
mau tidak mau saya bayar uang itu karena mau memasukan anak saya kedalamm kartu keluarga,
kantor kua beralamat di jl. raya cigudeg kidul, cigudeg, bogor, jawa barat 16660
bukankah pembuatan surat nikah gratis , seperti yang disampaikan kementrian agama?
mohon untuk ditindak lanjuti karena sangat merugikan masyarakat

12 Jul, 15:11
Riko Ytp
Website Ditutup oleh Sistem

Tolong untuk pegawai kua semarang tengah khususnya tolong pak/ibu agar jangan di persulit kami rakyat kecil mengajukan nikah berkas sudah lengkap masih saja di bikin alasan yang kurang, malah uang yang seharusnya di tranfer ke bank pemerintah malah di sarankan untuk di tranfer ke pegawainya dulu dengan alasan nanti di bantu buat tranferkan, pdhal sya sndiri masih bisa untuk tranfer ke bank langsung

10 Jul, 23:51
Anonim
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Indikasi ketidak sesuaian aturan untuk pengurusan numpang nikah di kua tirtomoyo jawa tengah

saya merupakan calon pengantin pria dengan alamat ktp dan domisili di pegangsaan menteng jakarta pusat. mendapatkan surat keterangan numpang nikah dari kelurahan dan diarahkan langsung ke kua tanpa ke kecamatan. di kua menteng saya mendapatkan surat rekomendasi numpang nikah di kua tirtomoyo. di kua tirtomoyo, surat pengantar saya dr kelurahan ditolak mentah-mentah dikarenakan tidak ada ttd camat. sedangkan di domisili awal saya tidak perlu memakai ttd camat. mohon penjelasannya , makasih

5 Jul, 07:49
Mila Gusma
Website Terverifikasi Laporan belum diproses lebih dari 5 hari

Perkenalkan nama saya Mila Gusma, saya seorang mahasiswi di salah satu Universitas di Jakarta. Saya berasal dari Dharmasraya, tepat nya di Kecamatan koto salak, jorong simalidu. Saya kini berdomisili di Jakarta.
Jadi begini bapak/ibu yang terhormat, di sini saya ingin mengadukan dan ingin bertanya kepada pemerintah dharmasraya.
Saya mempunyai paman yang akan menikah di Jakarta, karena dia bekerja di Jakarta. Salah satu persyaratan untuk menikah di sini, harus ada nya surat pengantar dari desa untuk di berikan kepada KUA di Jakarta. Tetapi ketika paman saya meminta surat pengantar ke pada kepala desa, yang notaben nya berarti Bapak wali nagari simalidu, yang bersangkutan tidak mau memberikan nya dan mengusul kan untuk mengurus surat pindah domisili saja di Jakarta.
Apakah ada peraturan yang mengharuskan paman saya ketika ingin menikah di luar daerah harus pindah kartu keluarga dan menjadi orang Jakarta? Sedangkan yang kami butuhkan hanya surat pengantar dari kepala desa, dan ternyata setelah saya selidiki, sudah banyak pasangan yang ingin menikah, ketika meminta surat pengantar malah di berikan surat pindah dari jorong simalidu?
Mohon di tindak lanjuti pengaduan dari saya ini bapak/ibu yang terhormat, agar semua masyarakat mendapatkan hak seadil-adil nya
Trimakasih

Unit Instansi

DIIKUTI OLEH