Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Kalimantan Barat

Jalan Achmad Yani No. 6 A Pontianak 0821 5590 9100 disnakertrans@kalbarprov.go.id
9 Jul 2019, 16:14
Ali Mikrad Dasopang
Website Ditutup oleh Sistem

1. perusahaan perkebunan kelapa sawit di kalimantan barat menahan ijasah para mandor,krani perkebunan. untuk mengambil ijasah harus bayar.
2. jam kerja di perusahaan tersebut telah melanggar uud ketenagakerjaan bahkan lebih dari 14 jam kerja /hari .
3. sebagian besar mandor/ krani kebun di rekrut dari pulau sumatera sehingga mereka kesulitan pulang dari kalimantan barat ke sumatera.

9 Apr 2019, 01:49
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Saya ingin bertanya sebagai karyawan suatu perusahan asing dikalimantan barat.
Yaitu pt.enterpressing progress comunication ( vivo smartphone.
Gajih pokok 1.800.000
Posisi sales marketing.
Dan kami tidak memiliki berupa.
Npwp dan bpjs kesehatan, serta bpjs ketenagakerjan. Apa kah ini etis?

5 Nov 2018, 20:54
Steve Lie
Website Ditutup oleh Sistem

PEMOTONGAN HAK DAN PEMAKSAAN PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN UNTUK MENGUNDURKAN DIRI



- NAMA dan ALAMAT : Lie Steve, Jl. Bhakti Indah No. 21 Rt. 2 Rw. 5 Ciganjur - Jagakarsa, Jakarta Selatan.



- NAMA PERUSAHAAN : PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand), Jl. Sultan Abdurahman No. 86 Pontianak, Kalimantan Barat.



- SUBTANSI PERMASALAHAN : Pemotongan pajak gaji dan tunjangan karyawan, Penyediaan fasilitas / sarana tempat tinggal, Pemaksaan karyawan untuk mengundurkan diri, Gaji karyawan dibawah UMP, dan Pembayaran hak komisi penjualan karyawan.



- KRONOLOGI CERITA :
Saya adalah karyawan kontrak PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) yang berdomisili di Jl. Sultan Abdurahman No. 86 Pontianak, Kalimantan Barat.

Saya mulai bergabung untuk masa percobaan di PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera sejak tanggal 8 Maret 2018 dan saya sudah / telah menandatangani Persetujuan Penerimaan Karyawan (terlampir) selama 12 bulan / 1 tahun dengan tanggal efektif bergabung yaitu pada tanggal 2 April 2018 sampai dengan 1 April 2019.

Adapun dalam Persetujuan Penerimaan Karyawan tersebut tercantum gaji pokok yang saya terima sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan tunjangan jabatan yang saya terima sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) dengan fasilitas kendaraan operasional (mobil), tiket perjalanan jakarta - pontianak dan pontianak - jakarta (1 kali perjalanan pulang dan pergi setiap bulan) serta fasilitas tempat tinggal.

Dengan ini saya hendak mengajukan pengaduan untuk ditindak lanjuti oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atas perlakuan PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) terhadap saya sebagai karyawannya yaitu :
1. Sesuai kesepakatan yang sudah / telah ditandatangani bersama dalam Persetujuan Penerimaan Karyawan perihal pemotongan pajak atas gaji dan tunjangan jabatan, maka sejak awal PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) tidak pernah ada menyampaikan kepada saya baik secara tertulis maupun lisan bahwa gaji dan tunjangan jabatan saya akan dipotong pajak sesuai peraturan / undang-undang perpajakan yang berlaku melainkan saya menerima dalam keadaan sudah / telah dipotong pajak tanpa kejelasan / keterangan perhitungan pemotongan pajak tersebut, oleh sebab itu saya melampirkan juga slip gaji saya yang ada perbedaan pemotongan pajak dalam 2 slip gaji bulan September 2018 yang sudah / telah saya terima. Dalam hal ini saya merasa dirugikan karena tidak pernah ada pemberitahuan secara jelas tentang pemotongan pajak gaji dan tunjangan karyawan.
2. Sesuai kesepakatan yang sudah / telah ditandatangani bersama dalam Persetujuan Penerimaan Karyawan dan secara lisan perihal tempat tinggal selama saya bertugas di Kalimantan Barat akan disediakan dan ditentukan oleh PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand), namun sejak tanggal 23 Juli 2018 saya sudah tidak menerima fasilitas tempat tinggal yang disediakan dan ditentukan oleh PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) dan bahkan saya harus indekost menggunakan anggaran pribadi. Dalam hal ini saya merasa dirugikan karena harus menanggung biaya tempat tinggal sejak 23 Juli 2018.
3. Pada awal bulan September, Bpk Vinsentius Marong Januar selaku sebagai HRD PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) memanggil saya dan memberikan informasi bahwa kontrak saya akan diputus / berakhir pada tanggal 30 September 2018 lalu saya melakukan konfirmasi kepada Bpk Anton Darmawan selaku sebagai Direktur Utama PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) perihal pemutusan hubungan kerja yang sudah / telah disampaikan oleh HRD kepada saya dan jawaban dari Direktur Utama pun juga sesuai dengan yang disampaikan oleh HRD, namun saya memberitahukan kepada Direktur Utama bahwa dalam Persetujuan Penerimaan Karyawan yang sudah / telah disepakati bersama tidak ada tertulis bahwa sewaktu-waktu status sebagai karyawan dapat diputus secara sepihak lalu Direktur Utama meminta saya untuk membuat surat Komitmen Pencapaian Target Penjualan bulan Oktober 2018 mencapai Rp 10.000.000.000 (sepuluh milyar rupiah) dan jika tidak mencapai target penjualan yang disepakati maka saya harus mengundurkan diri. Saya merasa ada unsur pemaksaan dari permintaan Direktur Utama tersebut, oleh sebab itu saya membuat surat Komitmen Pencapaian Target Penjualan tersebut (terlampir) dengan mencamtunkan unsur keterpaksaan / pemaksaan / dipaksa dan pada kenyataannya pun saya sangat kesulitan mencapai target penjualan sebesar Rp 10.000.000.000 (sepuluh milyar rupiah) karena saya tidak mendapatkan dukungan apapun dari perusahaan untuk mencapai target penjualan. Dalam hal ini saya merasa dirugikan karena seharusnya saya masih mendapatkan gaji Rp 10.000.000 (sepulluh juta rupiah) dan tunjangan jabatan sebesar Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) sampai dengan tanggal 1 April 2019 dengan total Rp 75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah).
4. Informasi tambahan untuk ditindak lanjuti adalah gaji karyawan bagian pemasaran dan penjualan (sales / marketing) yang dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP), hak komisi penjualan karyawan posisi Assisten Manajer Marketing sesuai pernyataan Direktur Utama secara lisan sebagai pengganti sementara posisi Supervisor Marketing yang seharusnya mendapatkan komisi atas penjualan agen independen dan agen properti namun tidak dibayarkan / diberikan kepada karyawan posisi Assisten Manajer Marketing.

Demikian informasi pelaporan / pengaduan ini saya sampaikan dan saya juga melampirkan Persetujuan Penerimaan Karyawan karyawan posisi Assisten Manajer Marketing yang sama persis dengan saya mendapatkan perlakuan tidak adil dari PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (Massland).

Saya harap pihak Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dapat segera menindak lanjuti secara tegas atas PT. Mitra Alam Sarana Sejahtera (MassLand) untuk membayarkan kerugian yang saya dan karyawan lainnya alami.

Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.



- BUKTI PENDUKUNG : Persetujuan Penerimaan Karyawan, Komitmen Pencapaian Target Penjualan, dan Slip Gaji.

DIIKUTI OLEH