Bank Indonesia

Jl. MH. Thamrin 2 Jakarta 10110 Indonesia (62-21) 131 bicara@bi.go.id
Sabtu, 19:36
Hanung Kuncoro Ribawanto
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 9 hari

Kepada Bapak Presiden dan Instansi terkait, menindaklanjuti terhadap kebijakan Pemerintah dalam dunia Perbankan yaitu penerapan suku Bunga KUR yang telah berjalan beberapa tahun ke belakang sampai tahun ini dimana suku Bunga KUR semakin turun, kami tahu memang tujuan Pemerintah sangat besar yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi dengan target yang sangat besar, tentu ini merupakan tujuan bangsa yang sangat mulia. Akan tetapi dampak terhadap persaingan bisnis perbankan sangatlah besar juga, terutama kami Bank BPR Swasta yang mana omset dan segmentasi debitur kami menjadi turun drastis, hal ini dikarenakan :
1. Suku Bunga KUR sangat rendah apabila dibandingkan dengan Suku Bunga Kredit Bank Swasta
2. KUR tidak hanya menjangkau debitur dengan kapasitas menengah kebawah tetapi juga debitur menengah ke atas, ini dibuktikan dengan penyaluran KUR Ritel hingga plafond 500 juta
Dua hal diatas menurut kami dapat merusak segmentasi debitur dan bisnis dari Bank BPR Swasta. Saran, usulan dan permintaan kami :
1. Suku Bunga KUR jangan terlalu rendah
2. Hapuskan KUR Ritel agar plafond maksimal KUR hanya 25 juta dan sesuai tujuan awal pemerintah untuk membantu masyarakat/debitur menengah kebawah bukan justru debitur dengan plafond diatasnya
3. Batasi debitur KUR hanya sekali seumur hidup, karena kebijakan/dalam prakteknya banyak debitur yang telah mendapat fasilitas Kredit KUR masih dapat mendapatkan fasilitas yang sama pada periode berikutnya.

29 Des 2019, 20:59
Aulia Iqbal
Android Ditutup oleh Sistem

Kepada ojk, bank indonesia, kementrian keuangan,selamat malam. perkenalkan saya aulia iqbal, no. hp 081261000643, no. ktp 317203121.820010.saya ingin memberikan masukan kepada system perkreditan di indonesia, baik bank, maupun leasing, juga terkait pelayanannya, sebagai berikut : 1. saya meminjam kredit tanpa agunan di bank dbs, ready credit citibank, citi premier miles, bank bni, cash on call bank permata. dari pinjaman yabg telah saya lakukan, di beberapa bank dibkenakan biaya provisi dan admin di awal, sehingga terima bersih di potong, lalu saya melakukan pelunasan dibpercepat, karena terkena musibah ditipu investasi oleh salag satu perusahaan, saya pinjam uang ke koperasi kantor, dengan rate yang jauh ringan, dengan potongan provisi dan admin juga. semua bank menerapkan penalti karena pelunasan di percepat. bank dbs 8%, cotibank 5% ditambah tagihan berjalan yang mana sudah ada pokok cicilan juga, terakumulasi lagi. menurut saya skema perbankan atau lembaga pinjaman system spt ini adalah penjajahan gaya baru, penzaliman, perampokan kepada masyarakat indonesia yang dinlegalkan oleh ojk dan bank indonesia. padahal bank juga sdh dapat bunga dati cicilan selama hampir setahum, dimana di bulan2 awal komposisi bunga lebih besar dari pokok pada cicilan per bulan. sebaiknya ke depannya di pilih satu, jika sdh di potong admin, provisi tdk ada. lagi penalti, dan penalti sebaiknya maksimal 1%. kalau sampai 5-8% itu bnyk bgt bank dpt nya. hancur perekonomian masyarakat. padahal masyarakat meminjam uang karena keperluan yabg mgkn krn ada masalah, dll. sudah jatuh tertingga tangga pula, dan tertimpa gedung bank. 2. proses kpr saya di bank btn, pinjaman 15 tahun, 2 tahun awal fix 9.75% per tahun. seterusnya fluktuatif. pada masa fluktutif saya tdk pernah mendapat detail email tagihan, sisa kredit, dan lainnya, spt teka teki, tidak jelas. dan bunganya mencapai 14%, padahal suku bunga kpr sudah jauh turun, pokok sdh bnyk berkurang, cicilannya bukannya berkurang setelah 4 tahun, malah bertambah. kasian masyarakat dong, di awal kredit juga tdk di arahkan pembuatan rekenibg kpr, tapi dibuat rekening tabungan biasa, tiap bulan di potongan biaya admin rekening. saya juga baru ngeh ternyata di dokumen akad jual beli tidak di tandatangani siapapun, dan imb berbeda dengan surat kredit luat tanah di imb 36m, surat kredit btn 42m sesuuai brosur, hal2 spt tidak di validasi oleh bank btn. rek btn saya : 01002-01-50-000633-73. saya memiliki kartu kredit syariah hasanah di bni, yang jika telat atau kurang bayar, di kenakan cash fee, padahal skema ekonomi syariah itu tidak boleh ada denda. artinya perbankan di indonesia yang mengaku syariah, hanya kedok. bukan yang benar2 syariah. 4. saya kredit mobil skema syariah di acc syariah, dgn nmr kredit 16100193001673742, saya minta dirubah tanggal jatuh tempo 26 tiap bulan, td dirubah2. dan tiap bulan saya di nyatakan telat bayar di kenakan denda dibtelpon terus tiap bulan. ini juga termasuk penipuan menggunakan skema syariah tetapi bukan syariah. ekonomi syariah tidak boleh ada denda apapun. terima kasih salamaulia iqbal081261000643

30 Nov 2019, 11:11
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Saya dewi arini
Saya mau menceritakan kronologi atas penarikan uang di bank kepri bengkalis riau
Pada tanggal 26 november 2019
Saya melalukakn penarikan uang di atm sebesar 1 juta
Akan tetapi, setelah saya melakukan penarikan, transaksi sudah berhasil
Tetapi uang tidak keluar
Saya sangat panik dong.setelah saya cek saldo saya. Rupanya saldo saya sudah terpotong
tetapi uang saya tidak keluar
Saya sangat sedih. Sudah saya ajukan ke pihak bank. Dan harus di tunggu selama 14 hari kerja
Tolong dong bisa di percepat. Saya sangat butuh uang itu buat spp saya.tolong dong pihak bank konfirmasi nya .saya sangat sedih
Apalagi saya mahasiswa kan
Saya tidak pernah mengalami kejadian seperti itu
Saya sangat takut uang nya tidak kembali
Tolong dong, pihak bank di konfirmasi

26 Sep 2019, 17:05
Prase Tyo Ii
Website Ditutup oleh Sistem

Orang tua saya telah meninggal dunia & menyisakan hutang , saya sudah mediasi dengan pihak bank tapi tetap saja tidak ada titik temu disana , bank memaksa saya utk melakukan pembayaran pertama dengan tujuan agar pengajuan data nasabah meninggal nya di proses , selang kemudian mreka meminta pembayaran sisa angsuran lagi , pada posisi ini saya sebagai tulang punggung keluarga membesarkan adik adik menanggung biaya hidup , membayar kuliah adik saya , membayar sekolah adik saya & keperluan hari hari keluarga , pada posisi ini saya tidak cukup uang untuk membayar angsuran yang besar nya 1,9jt/bulan karna gaji saya UMR & saya orang miskin , disini saya memohon bantuan bapak / ibu yang mempunyai wewenang di OJK dapat mendengar & membantu permasalahan yang saya hadapi.

Nasabah IBU saya yang telah meninggal dunia atas nama Neny Setyaningsih mempunyai Hutang KTA pada Bank DBS dengan Nomor KTA 3616259008


Semoga Bapak / Ibu dapat merespon keluhan & cerita saya in.
Terima Kasih

23 Sep 2019, 12:08
Agus Budy Wuysang
Website Ditutup oleh Sistem

Kebijakan busuk Bank HImbara yg tidak membuka metode pembayaran metode transfer JIKA TAK memiliki rekening bank YBS, ke no kartu kredit YBS
menyebabkan:
1. Kerugian customer yg membayar tepat waktu JT tapi harus menunggu 2-3 hari kerja, 4-5 hari jika akhir minggu, kena denda keterlambatan, ini pendapatan TIDAK HALAL atas penderitaan/jebakan terhadap customer.
2. Kerugian bank sendiri kehilangan potensi pendapatan HALAL selama menunggu proses kliring untuk customer yg kebetulan limit sudah tercapai.
3. Semua event2 promo bank YBS tak berguna untuk customer yg menunggu proses kliring & sementara limit sudah tercapai.
4. Bank kehilangan pendapatan dari bunga uang yg dalam proses kliring.

INI contoh cara sistematis pembusukan BUMN dari dalam , tolong diperiksa pembuat kebijakan yg sangat anti sosial & tidak berdasar.

12 Sep 2019, 18:06
Muhammad Rasyid
Website Ditutup oleh Pelapor

Kepada bank indonesia, dimohon untuk meninjau kembali desain uang kertas pecahan 20rb dan 2rb rupiah. warna dan desainnya yang mirip sering membuat uangnya tertukar (apalagi kalau berada di tempat yang pencahayaan kurang bagus) saat melakukan transaksi jual beli. terimakasih atas perhatiannya.

6 Sep 2019, 15:07
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Saya menjadi korban oleh sistem transfer online bank btn. pada tanggal 3 sept 2019 sy melakukan transfer sebesar 10jt dan 1.3jt dari bank btn ke bank dbs, namun yang 10jt dinyatakan error dan 1.3 jt berhasil padahal pada waktu yang berurutan. dan saldo sy di btn berkurang 10jt namun tidak sampai ke rek tujuan. dan sy disuruh menunggu sesuai sla 20 hari kerja, padahal dana tersebut sangat dibutuhkan urgen. no laporan saya adalah : 00859079. mohon bantuan dan kebijaksaan pihak terkait agar masalah sy dapat selesai secepatnya karena dana tersebut dibutuhkan sangat urgent. terima kasih atas perhatiannya.

1 Agu 2019, 07:07
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Saldo saya di nol kan oleh bank mandiri. dan sudah terjadi 2 kali tanpa pemberitahuan

23 Jul 2019, 18:57
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Kepada yth.
pimpinan bank bni
ijin menyampaikan keluhan transaksi internet banking.
transaksi gagal tapi rekening terdebet.
sudah lapor dengan no pengaduan 1-1833562992 an jasmanto.
transaksi pd tgl 28 feb 2019 dgn nominal rp.2.800.000.
hr ini dpt sms dr bni bahwa laporan sudah diselesaikan namun dananya belum dikembalikan ke rekening saya.
mohon bantuan bapak/ibu dan mohon dapat dijadikan prioritas karena saya sudah menunggu dalam waktu yg sangat lama tapi dana belum kunjung dikembalikan.
terimakasih.

20 Jul 2019, 06:14
Nurul Fitriani
Website Ditutup oleh Sistem

Saya mau melaporkan pihak bri pada tanggal 4 juli 2019 sekitar jam 14.15 saya melakukan setor tunai via mesin setor bri unit simpang baru tampan-pekanbaru, setoran sebanyak rp 800.000 dan ketika proses transaksi setor sedang berlangsung dan belum selesai tiba tiba listrik mati, seketika uang yang telah masuk dalam mesin cdm tertelan tanpa ada bukti kertas transaksi atm keluar. dan kartu atm saya keluar dengan sendirinya. kemudian setelah listrik hidup saya coba men cek saldo. ternyata belum ada masuk juga. pada hari itu saya langsung lapor ke call center 14017 dan dari pihak pusat telah menerima laporan saya dengan nomor laporan 2464253 dan pihak pusat menyarankan untuk menunggu selama 10 hari kerja. tapi setelah itu saya tidak ada konfirmasi lagi saya tunggu hingga 11 hari kerja yang artinya sudah 2 minggu lebih tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pihak bri, katanya 10 hari kerja dari laporan diterima no rekening pelaporan 1079-0102-6557-50-6 atas nama nurul fitriani kc pekanbaru imam munandar no kartu 5221-8430-8865-1679 mohon konfirmasi saya di no 0822-7647-1416 saya sebagai konsumen merasa dirugikan dengan lambatnya proses dari bank bri ini sudah setengah bulan dana saya belum kembalikan

DIIKUTI OLEH