Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang

11 Okt, 20:34
Anggi Apri Diansyah
Website Terverifikasi Harus diproses dalam 0 hari

Kepada dinas pajak kabupaten tangerang, saya tinggal di daerah kecamatan rajeg,mau tanya,dari tahun 2013 sampai sekarang saya tidak menerima sppt jadi pajak saya tertunggak selama 7 tahun,saya mau bayar tertera penjelasan nomor nop anda tidak terdaftar,bagaimana solusinya,makasih

13 Sep, 16:32
Renny Aprilianty Hatta
Android Ditutup oleh Sistem

Bagaimana cara pengurusan pajak bumi dan bangunan (pbb) yang status nya diblokir untuk daerah kabupaten tangerang?

terimakasih.

6 Sep, 11:38
Achmad Hermansyah
Website Ditutup oleh Sistem

Tidak bisa bayar pbb 2019 karena terblokir (kab. tangerang)

assalamu'alaikum wr. wb

sebagai wp yang taat,, saya hendak membayar pbb objek pajak yg terletak di suradita,,namun ketika hendak membayar di bank ternyata tidak bisa karena nop tidak terdaftar. beberapa hari yang lalu saya datang ke upt bapenda kab. tangerang di kec. kelapa dua dan sangat terkejut ketika dari data base siskom nop dinyatakan ada tunggakan di tahun 2011, 2013 dan 2016. karena itu sudah berlalu 3 - 8 tahun kebelakang saya agak lupa apa memang benar ada tunggakan atau tidak karena sebagai wp yang taat saya tiap tahun rutin membayarnya dan memang saya akui untuk bukti lunas pun tidak terarsip dengan baik karena saya berfikir ketika saya sudah membayarnya ya sudah dan tidak berfikir utk menyimpan/mengarsipkannya dengan baik. namun pertanyaannya...kenapa baru di tahun 2019 ini terjadi,,banyak sekali masyarakat yg kesulitan utk membayar pbb di tahun 2019 karena nop terblokir. pertanyaannya yang membuat ada rasa keanehan mengapa dari database ada tunggakan di tahun 2011 namun di tahun 2012 saya bisa membayar pbb, di tahun 2013 didatabase ada tunggakan namun di tahun 2014 dan 2015 saya masih bisa membayarnya,,begitupula di tahun 2016 didatabase ada tunggakan namun di tahun 2017 dan 2018 saya masih bisa membayarnya...bagaimana dengan sistemnya..secara logikanya kalau memang ditahun sebelumnya masih ada tunggakan seharusnya disistem di tahun berikutnya ketika akan membayar kan muncul nominal tunggakan tahun sebelumnya dan nominal yang harus dibayar tahun berikutnya. ada apa dengan sistemnya...mengapa setelah berjalan 3-8 tahun kebelakang baru terditeksi ada tunggakan. hal tersebut sungguh sangat menyulitkan ketika kita sebagai wajib pajak hendak membayar pbb sebagai kewajiban, di mana daerah lain sedang berlomba lomba utk memberikan kemudahan akses warga utk membayar pbb atau mungkin bisa diberikan program pemutihan tunggakan (kalau memang benar ada tunggakan) sebagai perangsang wp utk membayar pbb di tahun berjalan sehingga bisa meningkatkan pad daerah itu juga.terima kasih..

wassalam..

5 Sep, 15:56
Anonim
Website Ditanggapi oleh Pelapor

Perihal pemblokiran pbb

seperti keluhan dari warga lainnya, saya mengalami pemblokiran pbb utk 2019 ketika akan melakukan pembayaran pd tgl 19 juni 2019. oleh petugas bank bjb saya diminta untuk mengurus hal tersebut ke bapenda tangerang di tigaraksa.
karena masalah jarak dan kesibukan pekerjaan, tgl 19 agustus saya sempatkan ke bapenda tigaraksa dan sampai di sana sekitar jam 11:00, dan mendapatkan no antrian 135 padahal saat itu yang diproses baru sampai no antrian 30-an. akhirnya saya putuskan utk kembali ke kantor karena melihat panjangnya nomor antrian. tgl 26 agustus saya kembali lagi ke bapenda tigaraksa jam 7:30 dan berhasil menyampaikan permohonan pembukaan blokir pbb dgn nomor urut 5 sekitar jam 09:00. oleh petugas, sy diberikan surat untuk pengambilan sppt untuk tgl 02 september 2019. karena kesibukan pekerjaan, tgl 05 september saya baru sempat ke bapenda tigaraksa (jadi +/- 10 hari sejak tgl pelaporan).
saya tiba jam 08:25 dan menaruh surat pengantar pengambilan sppt tersebut di urutan ke dua diatas meja petugas. sekitar jam 09:00, saya menanyakan ke petugas bagaimana dengan sppt saya tersebut dan dijawab sedang dicetak di dalam. tetapi sampai jam 10:30, belum ada satupun sppt yang diberikan sementara warga yang mengantri semakin banyak.
akhirnya sekitar jam 10:40 petugas baru membawa keluar setumpuk sppt yang baru dicetak. yang menjadi pertanyaan dan keluhan saya adalah:
1. meskipun saya datang dari pagi dengan urutan ke-2, kenapa pembagian sppt tidak berdasarkan urutan kedatangan ? nama saya baru dipanggil setelah pengambilan tumpukan cetakan sppt yang ke-2 oleh petugas (jadi +/- saya masih harus menunggu 15 menit baru nama saya dipanggil).
2. apakah proses cetak sedemikian lamanya sehingga butuh waktu lebih dari 2 jam untuk menunggu ? bukankah sejak pelaporan sampai waktu pengambilan sudah ada jeda waktu 1 minggu lamanya ? untuk kasus saya, malah 10 hari. bukankah seharusnya jeda waktu ini sppt bisa dicetak & disiapkan terlebih dulu ?
3. di era digital seperti sekarang ini, kenapa pembukaan blokir pbb butuh waktu sedemikian lamanya. warga 'direpotkan' untuk bolak-balik 2x. bukankah ini pemborosan waktu yang sia-sia. tidakkah petugas atau pejabat terkait memahami bahwa tidak semua warga tinggal di sekitar kantor bapenda tigaraksa. saya butuh 1 jam perjalanan dengan mobil. pulang pergi minimal sudah hilang waktu 2 jam. ditambah waktu menunggu di sana sekitar 3 jam. total sekali datang habis waktu 4-5 jam, sehingga total waktu dari pelaporan s/d pengambilan sppt butuh 8-10 jam. satu hari waktu kerja hilang percuma! belum lagi biaya bensin + toll. dikalikan sekian banyak orang. berapa banyak waktu produktif warga disia-saikan begitu saja.
4. apa sebenarnya tujuan pemblokiran pbb seperti ini ? kalau dikatakan untuk memberi pelajaran supaya warga tidak telat membayar, bukankah diterapkan denda untuk hal tersebut ? pada akhirnya pemda membuat susah warganya sendiri, membuat waktu produktif warga mjd sia-sia dan menghalangi kelancaran penerimaan daerahnya.
5. seharusnya tanpa diterapkannya pemblokiran pbb seperti ini, tenaga petugas bapenda bisa dipergunakan untuk menyelesaikan tugas2 lainnya yang lebih penting dan sekian banyak warga yang harus datang dan antri di bapenda bisa melakukan pekerjaan yang lebih produktif.

mohon maaf, saya terpaksa menyampaikan keluhan ini panjang lebar. semoga pejabat yang berwenang dalam hal ini berbesar hati untuk melakukan evaluasi dan memberikan solusi terhadap masalah pemblokiran pbb yang menurut hemat kami tidak bermanfaat sama sekali. terima kasih.

wassalam,
harsono-tangerang

5 Sep, 14:06
Agung Rendra Saputra
Website Ditutup oleh Sistem

Saya mau bayar pajak 2019. ke blokir karena tunggakan tahun 2016. sudah urus buka blokir dan tunggakan 2016 sudah saya bayar. katanya tgl 31 agustus sudah kebuka blokirnya. mau bayar di bank bjb ngak bisa-bisa terus.

1 Sep, 19:11
Fajar Wijanarko
Website Ditutup oleh Sistem

Saya warga kecamatan pagedangan kabupaten tangerang, ingin melporkan tentang sulitnya warga kabupaten membayar pajak pbb karena di blokir.
tahun 2019 saya tidak menerima sppt dari pak rt, saya baru inget kalau 2017&2018 sy belum bayar, alasannya klasik pertama lupa akhirnyaberfikir nanti sajalah sekalian. nah bulan ini sy bayar tagihan pbb tahun 2017&2018 salah satu marketplace/online, saya bayar sesuai tagihan dan denda nya.setelah sy masukin nop utk bayar tagihan 2019, ternyata tidak bisa.setelah tanya2 teryata pbb di blokir,dan utk buka blokir harus datan ke dinas pendapatan daerah kabupaten tangerang . selain lokasinya jauh,butuh waktu dan konon kabar dari tetangga tidak bisa langsung terbuka blokirnya dan langsung bayar.
apakah pemda tangerang tidak punya metode yang lebih mudah untuk memfasilitasi masyarakat dalam membayar pbb seperti pemda lainnya?
dimana yang lain berlomba lomba memberi kemudahan untuk masyarakat,namun pemda tangerang menjadikan semua panjang dan sulit.
sekian terimakasih

29 Agu, 18:41
Riris Meru Safitri
Website Ditutup oleh Sistem

Saya mencoba aplikasi sicepot milik pemerintah kabupaten tangerang. saya sudah mencoba mendaftarkan nop pada kolom register, namun disebutkan tidak terdaftar.
bagaimana sebenarnya cara kerja aplikasi ini? dan bagaimana saya bisa mengetahui nilai njop bila nop saya disebutkan tidak terdaftar?

29 Agu, 14:08
Setiawan
Website Ditutup oleh Sistem

Mau bayar pbb kok malah di blokir
saya tidak bisa membayar pbb tahun 2019 karena ternyata saya ada tunggakan pbb tahun 2016 , lalu setelah saya lunasin yg tahun 2016 , ternyata pbb tahun 2019 blm bisa dibayar juga..., laah pan aneh neh disppenda...mau bayar kok di blokir...kita mau ngasih duit loh ke pemerintah..bukan mau minta duiit...aah system yang aneeh..,

23 Agu, 14:22
Dede Iwan Kurniawan
Website Ditutup oleh Sistem

Akan melunasi pbb tahun 2012 sampai tahun terakhir, namun sistem informasi tagihan pbb kab tangerang cuma menampikan tagihan sampai 2014, selanjutnya untuk tahun 2015 dan seterusanya gimana..? terima kasih

12 Agu, 08:05
Awit Prasetyo
Website Ditutup oleh Sistem

Dear kepala bpd tangerang

saya antri di dipenda tigaraksa, untuk antrian informasi, dari jam 9 sampai jam 12 gak di panggil2 akhirnya saya pulang... alamat email di kop formulir dan website gak bisa dihubungi dan diakses. tolong diperbaiki.... saya mau nanya disini, saya lihat jawabanya harus dateng langsung ke dipenda.. tau nih mau nanya ke siapa kali....

DIIKUTI OLEH